Kamis, 14 Januari 2021

Tidur dalam Gelap yang Menyehatkan

Tidur adalah salah satu aktifitas sehari-hari yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Tidur harus dilakukan untuk menjaga kesehatan baik kesehatan tubuh secara fisik maupun kesehatan secara mental. Tidur sangat direkomendasikan secara teratur dan sesuai dengan jadwal yang seharusnya.

Gambar Ilustrasi Tidur
Sumber : pixabay - PublicDomainPicture

Meskipun tidur adalah aktifitas yang sangat dibutuhkan oleh setiap manusia. Setiap manusia memiliki cara dan kebiasaan tidur yang berbeda-beda. Salah satu contohnya adalah ada yang tidur dalam keadaan gelap, ada yang tidur dalam keadaan terang, bahkan ada yang tidur dalam keadaan ramai dengan suara. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli sumber, didapatkan bahwa kondisi tidur dalam keadaan gelap dan tidur dalam keadaan terang, memiliki hasil dan dampak masing-masing terhadap tubuh manusia. Mengingat pentingnya aktifitas tidur ini, maka kali ini Seputar Kesehatan akan membahas terkait tidur dalam keadaan gelap dan dalam keadaan terang, manakah yang lebih baik ?

Tidur dalam Keadaan Terang di Malam Hari

Gambar Ilustrasi Tidur dalam keadaan terang
Sumber : unsplash - Adam Winger

Tidur dalam keadaan terang dianggap suatu hal yang nyaman bagi sebagian orang. Namun bagi sebagian orang pula, keadaan terang adalah suatu keadaan dimana sangat sulit untuk tidur. Tidur dengan keadaan Terang, rupanya dapat berdampak pada produksi Hormon Melatonin pada tubuh. Hal ini didapatkan dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli sumber. Saking berbahayanya kebiasaan tidur dengan keadaan terang di malam hari, seorang peneliti sampai menyimpulkan bahwa tidur dalam keadaan terang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker payudara. 

Tidur dalam Keadaan Gelap di Malam Hari

Gambar : Pencahayaan yang Minimal di Kamar Tidur
Sumber : pixabay - simonprodi

Tidur dalam keadaan gelap ataupun minim cahaya buatan di malah hari, sangat berdampak positif bagi Tubuh manusia. Dengan meminimalisir cahaya buatan saat tidur di malam hari, tentu saja tubuh manusia akan mengurangi produksi hormon melatonin. Selain itu, juga terdapat beberapa manfaat jika kita tidur dalam keadaan minim pencahayaan buatan atau bahkan dalam keadaan gelap di malam hari :

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur akan meningkat karena gelap atau minimnya pencahayaan saat tidur di malam hari. Karena pada saat pencahayaan minimal, tubuh tidak akan memproduksi hormon melatonin. hal ini akan membuat kualitas tidur menjadi meningkat.

2. Mengurangi Depresi

Tidur dalam keadaan gelap berpotensi meningkatkan depresi. Hal ini membuat tidur dalam keadaan gelap atau minim cahaya menjadi bermanfaat untuk mengurangi depresi. Depresi juga dapat terjadi karena gangguan tidur karena keadaan lingkungan masih terang.

3. Menjaga Kesehatan Mata dan Kulit

Dengan kondisi gelap, tubuh manusia akan menignkat kualitas tidurnya. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kulit. Karena kurangnya tidur, kulait akan tidak sehat dan berdampak buruk, hal ini juga akan berdampak di area mata.

Pentingnya Tidur dalam Keadaan Gelap

Gambar Ilustrasi Tidur
Sumber : pixabay - PublicDomainPicture

Pentingnya tidur sangat dipahami dan dimengerti oleh berbagai kalangan masyarakat, namun pemahaman terkait pentingnya tidur dalam keadaan gelap ataupun dalam keadaan intensitas cahaya yang minim sangatlah sedikit.

Melalui artikel ini, diharapkan para pembaca dapat memahami pentingnya dan sangat bermanfaatnya tidur dalam keadaan gelap atau minim pencahayaan di malah hari.

Semoga melalui artikel yang dibuat oleh Tim Seputar Kesehatan dapat bermanfaat dan memberikan pengetahuan bagi Sobat Sehat sekalian, Terimakasih, Salam Sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tidur dalam Gelap yang Menyehatkan

Tidur adalah salah satu aktifitas sehari-hari yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Tidur harus dilakukan untuk menjaga kesehatan baik k...