Benarkah permen bisa menghilangkan rasa ngantuk?

Permen bukan solusi untuk menghilangkan rasa ngantuk

Rasa ngantuk memang sering kali datang di waktu yang tidak tepat, terutama pada waktu siang hari saat bekerja, kuliah atau  yang lainnya. Kebanyakan orang sering mengambil solusi untuk menghilangkan kantuk dengan cara memakan permen, apakah hal ini benar dapat menghilangkan kantuk?
Berikut seputar-kesehatan.com akan mengupas masalah ini untuk anda.

Lalu kenapa setelah semalaman tidur, tetapi masih saja merasa ngantuk saat pagi atau siang harinya?
Kantuk sendiri adalah sebuah pertanda bahwa tubuh mulai lelah dan memerlukan istirahat. Saat fokus mata dan fikiran mulai berkurang, maka otak akan mengirimkan sinyal ke tubuh yang di tandai dengan kebiasaan menguap.

Pada saat itulah sebenarnya waktu yang tepat untuk istirahat seperti tidur agar fokus tubuh mulai normal kembali. Akan tetapi banyak dari masyarakat  terutama saat ngantuk datang di waktu sedang bekerja, mereka memilih untuk memakan atau ngemut permen untuk menghilangkan ngantuk.
Dan tentunya anggapan itu sangatlah tidak benar, rasa ngantuk sendiri akan hilang dengan cara beristirahat, dan bukan dengan cara memakan permen.

Terlalu sering memakan permen akan memberikan dampak negatif bagi tubuh seperti ;

  1. Nafsu makan berkurang, hal ini karena permen akan menurunkan produksi hormon leptin yang berfungsi menimbulkan rasa kenyang. 
  2. Selain itu permen juga mengandung glukosa yang dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan.
  3. Menyebabkan caries gigi. Karena sifat manis yang dimiliki peemen.
  4. Dan masih banyak lagi.


Ngemut permen saat ngantuk memang terasa nikmat karena sensasi rasa yang ada pada permen tersebut, akan tetapi setelah anda mengetahui dampak terlalu sering ngemut permen akan mengganggu kesehatan anda ,lebih baik perlu anda hindari kebiasaan ini. 
Pada saat ngantuk datang pasti kondisi tubuh akan mulai lemas dan berkurangnya konsentrasi untuk berfikir. 
Nah, salah satu cara untuk mengembalikan stamina tubuh adalah dengan cara beristirahat yang cukup seperti tidur. Kemudian dikombinasikan dengan cara rutin konsumsi susu sapi yang diketahu banyak manfaatnya bagi tubuh salah satunya untuk menambah stamina agat tidak mudah lelah dan ngantuk.
Saat tidur seluruh anggota tubuh seperti otak akan beristirahat untuk memunculkan stamina baru dan menambah konsentrasi tubuh, itulah mengapa setelah bangun tidur pasti tubuh merasa segar dan berstamina.

Perlu anda ketahui juga bahwa terlalu sering merasa ngantuk bukan berarti anda kurang tidur, bisa jadi ada hal lain pada tubuh anda, seperti pertanda bahwa tubuh sedang kekurangan oksigen atau ada masalah kesehatan pada tubuh anda seperti central sleep apnea (gangguan yang sering muncul saat tidur), serangan jantung, multiple schlerosis (masalah pada sistem saraf sentral) ,stroke atau lain sebagainya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan