18 manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh

Bawang putih selain di manfaatkan sebagai bumbu dapur,juga bisa di manfaatkan untuk kesehatan.
Sudah dari dulu bawang putih memang dikenal sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit, hal ini di dasarkan pada kandungan anti bakteri yang terdapat dalam bawang putih dapat melawan bakteri atau kuman.

Untuk pengobatan menggunakan bawang putih bisa dengan berbagai cara,ada yang di kunyah langsung tanpa bahan tambahan,ada yang di haluskan lalu di campur dengan bahan alami lainnya,ada juga yang di extrak kan lalu di masukkan ke dalam kapsul dan masih banyak cara untuk konsumsi bawang putih sebagai obat.Pada bumbu dapur selain sebagai bumbu utama memasak,bawang putih juga bisa dipakai saat mengolah ikan,karena bawang putih juga bisa mengurangi bau amis pada ikan saat di olah.


Bawang putih

Berikut ini beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan:

1.Untuk perawatan telinga

Bawang putih banyak manfaatnya terutama untuk perawatan di telinga.
Seperti dilansir dari situs kesehatan livestrong,asam fosfor di dalam bawang putih rupanya dapat membunuh bakteri penyebab masalah telinga.Begitu juga dengan sifat antijamur,antibakteri dan antimikroba yang dimilikinya.

Bahan: siapkan dulu 4 siung bawang putih dan satu gelas minyak zaitun
Caranya:
  • Memarkan bawang putih yang sudah dikupas.
  • Rendam bawang putih dalam minyak zaitun selama satu jam .
  • Saring minyak zaitun,kemudian simpan di dalam kulkas.
  • Teteskan minyak zaitun sedikit demi sedikit ke telinga,kemudian letakkan kapas di sekelilingnya.
  • Diamkan selama 10 menit,kemudian bersihkan secara seksama dengan kapas.

2.Menjadi anti biotik alami dan anti oksidan 

Kandungan diallyl sulfide dalam bawang putih ditemukan dapat melawan bakteri campylobacter penyeban gangguan pencernaan dan bahkan 100 kali lipat lebih efektif daripada antibiotik umum yang sering di gunakan.

Bawang putih dapat dijadikan antibiotik alami karena dapat membunuh bakteri yang ada pada tubuh.
Selain dially sulfide juga terdapat zat allisin di dalam bawang putih yang dapat membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh sehingga tubuh pun menjadi bersih dari racun.
Allisin juga bertindak sebagai anti oksidan sehingga bisa menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.
Anti oksidan sangat bermanfat agar seseorang terlihat lebih muda dari umur aslinya, terutama bagi para pemuda yang ingin terlihat lebih fresh di hadapan pasangan.
Allisin dapat berfungsi melawan penyakit yang di akibatkan oleh virus atau bakteri.

3.Mengurangi resiko terkena kanker paru-paru


Orang yang mengonsumsi bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu memiliki resiko terkena kanker paru yang lebih rendah sebesar 44 persen.
Meskipun demikian,penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan manfaat bawang putih dalam mencegah kanker paru-paru.

4.Meringankan keracunan timah

Selain terdapat diallyl sulfide, bawang putih juga mengandung sulfur yang diyakini mampu melindungi organ tubuh dari kerusakan akibat keracunan logam berat,seperti timah.
Bawang putih diyakini dapat mengurangi kadar timah dalam darah sebesar 19 persen pada karyawan yang bekerja di pabrik yang memproduksi baterai untuk mobil.
Selain meringankan keracunan timah,bawang putih juga dapat meringankan gejala keracunan,seperti sakit kepala dan sebagainya.
Bahkan pemberian bawang putih sebanyak tiga kali sehari lebih ampuh dalam meringankan gejala keracunan dari pada obat pecillamine.

5.Mengurangi kadar kolesterol

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL.
Pemberian suplemen bawang putih ditemukan mampu mengurangi kadar kolesterol LDL sebanyak 10-15 persen.
Nah,jadi jika saat memasak makanan yang mengandung banyak kolesterol seperti makanan yang bersantan,alangkah baiknya diberi bawang putih yang agak banyak nih,dengan maksud mengurangi kadar kolesterol.
Sehingga resiko terkena penyakit lain yang di akibatkan oleh kolesterol jahat seperti stroke dan darah tinggi lebih sedikit.

6.Menurunkan darah tinggi

Dari dulu sudah banyak yang tahu jika bawang putih dapat menurunkan darah tinggi(hipertensi) jika dikonsumsi oleh penderitanya.
Suatu penelitian menemukan bahwa pemberian  600-1.500 milligram ekstrak bawang putih memberikan efek yang setara dalam menurunkan tekanan darah seperti obat atenoloi  selama dalam jangka waktu 24 minggu.

Bila anda menggunakan bawang putih mentah,maka anda bisa mengkonsumsi bawang putih mentah sebanyak empat siung per harinya untuk menurunkan tekanan darah.

7.Mampu melindungi jantung

Karena dalam bawang putih terdapat kandungan diallyl trisulfide , 
maka tidak heran jika banyak orang mengkonsumsi bawang putih yang diyakini dapat membantu melindungi jantung setelah serangan jantung, gagal jantung dan seusai bedah jantung.

Pada suatu penelitian menunjukkan bahwa terdapat penurunan kerusakan jantung sebanyak 61 persen setelah zat diallyl trisulfide diban pada tikus yang terkena serangan jantung.

Untuk menjaga jantung tetap sehat dan menghindari serangan jantung,anda bisa konsumsi bawang putih dengan cara menyeduhnya menjadi teh.

Membuat air rebusan bawang putih,yang anda butuhkan adalah sebagai berikut beserta caranya:

  • Ambil bawang putih dan air.
  • Ambil panci,tambahkan 3 gelas air dan 3 siung bawang putih atau seperlunya.
  • Didihkan,diamkan selama 3-4 menit.
  • Tambahkan 2 sendok makan madu ke dalam teh dan aduk rata.Agar lebih enak tambahkan juga jus lemon segar untuk meningkatkan kandungan anti oksidan di dalamnya.
  • Minum dalam kondisi masih hangat.



8.Meningkatkan performa olahraga


Masih ada kaitanya dengan yang di atas yaitu jantung.
Bawang putih dikenal dapat meningkatkan performa olahraga.Telah dilakukan penelitian mengenai efek bawang putih terhadap performa fisik masih lebih banyak dilakukan pada tikus.

Penelitian menunjukkan bahwa setelah konsumsi minyak bawang putih sebanyak dua kali sehari selama enam minggu pada orang yang menderita penyakit jantung akan mengalami performa olahraga yang lebih baik, dari pada yang tidak mengkonsumsi bawang putih.
Dalam penelitian mengenai bawang putih dan performa olahraga masih berkontradiksi dan memerlukan riset lebih lanjut.

9.Mengurangi resiko terkena osteoartritis pinggul

Riset menunjukkan bahwa wanita yang sering mengkonsumsi sayuran jenis allium,seperti bawang putih memiliki resiko terkena osteoartriris pinggul yang lebih rendah.
Riset lebih lanjut masih diperlukan untuk menjadikan bawang putih sebagai obat alternatif untuk osteoartritis pinggul.

10.Sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Bawang putih dipercaya dapat mengobati diabetes,dan dilakukan dengan cara mengkonsumsi bawang putih secara mentah.
Beberapa manfaat bawang putih untuk diabetes adalah seperti mengurangi beberapa efek komplikasi akibat diabetes, melawan infeksi danmengatur kadar gula darah.

Kemampuan bawang putih untuk melawan infeksi, menurunkan kolesterol dan meningkatkan sirkulasinya, sama baiknya dengan kemampuan bawang putih untuk mengatasi komplikasi diabetes.

11. Dapat mencegah alzheimer dan dimensia


Dimensia

Banyak sekali sudah diketahui manfaat bawang putih untuk semua kalangan.
Kali ini manfaat bawang putih selanjutnya adalah mencegah alzheimer dan dimensia.
Jika bawang putih mentah dikonsumsi secara teratur,dipercaya hal tersebut dapat mencegah alzheimer dan dimensia saat pertumbuhan usia mulai tua
Pasalnya allicin di dalam bawang putih dipercaya dapat mencegah alzeimer dan dimensia
Antioksidan di dalam bawang putih juga akan membantu mencegah kerusakan sel  yang jadi biang keladi penuaan dini dan dimensia.
Selain itu juga dapat mencegah keropos tulang pada wanita.

12. Meningkatkan gairah pada pria

Jika ada masalah dengan kurangnya gairah anda,maka ada baiknya anda para pria coba konsumsi bawang putih yang dipercaya dapat meningkatkan gairah tubuh. Hal itu dikarenakan bawang putih berefek untuk meningkatkan sirkulasi darah,nah ini yang bisa meningkatkan gairah cepat muncul pada pria.

Untuk cara konsumsinya anda bisa dengan mencampur bawang putih dengan madu atau bisa di campur dengan masakan atau dengan cara lain yang anda sukai.

13.Menghasilkan keringat yang berkesan

Konsumsi bawang putih secara rutin bisa menghasilkan keringat yang berkesan terutama untuk pria agar bisa lebih menarik perhatian wanita.
Bawang putih bisa membuat pria memiliki aroma tubuh yang khas.
Banyak sekali wanita yang merasa tertarik dengan pria yang memiliki aroma tubuh yang khas.Hal ini menandakan bahwa pria tersebut memiliki tubuh yang sehat.

14.Menyuplai zat-zat gizi yang penting

Bawang putih memiliki segudang manfaat  yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan untuk kesehatan.
Bawang putih memang hanya memiliki kalori dalam jumlah yang sangat kecil.Akan tetapi,bukan berarti bawang putih tidak bergizi,selain kalori masih banyak zat-zat lain yang terkandung di dalamnya yang sangat penting bagi kesehatan.

Di dalam bawang putih juga mengandung mineral dan vitamin.
Beberapa mineral seperti mangan,kalsium,selenium,potasium,fosfor dan masih banyak lagi zat lain yang sangat berguna bagi tubuh.
Selain itu juga terdapat serat yang berguna bagi metabolisme tubuh pria.

15. Mengobati keputihan pada wanita

Terjadinya keputihan pada wanita dapat berasal dari beberapa faktor,Untuk keputihan yang disebabkan oleh jamur
banyak para wanita mengambil solusi pengobatan herbal menggunakan bawang putih,hal itu dipercaya karena bawang putih mengandung antibakteri dan dapat melawan jamur yang tumbuh di miss V.

Untuk cara konsumsinya anda bisa menggunakan ekstrak dan suplemen bawang putih sebanyak 400 mg,dua atau tiga kali setiap hari.
Suplemen ini bisa anda gunakan sebagai pengganti antibiotik yang diresepkan oleh dokter untuk menghilangkan bakteri yang tumbuh di miss V, atau anda juga bisa mengoleskan langsung irisan bawang putih ke miss V secara tipis.Hal ini di percaya sangat manjur karena di lakukan langsung ke bagian yang ditumbuhi jamur atau bakteri.
Namun karena bawang putih mungkin memiliki efek pengencer darah ,ada baiknya sebelum konsumsi anda kolsultasikan dulu ke dokter untuk memastikan keamananya.

16. Manfaat untuk asam urat


Asam urat


Sebuah study yang dilakukan oleh lee et al pad tahun 2009 menunjukkan bahwa diallysulfhide merupakan senyawa yang mengandung belerang yang berasal dari bawang putih.

Memiliki tindakan anti-inflamasi pada peradangan sendi yang didinduksi dalam artritis gout oleh kristal asam urat dan interleukin .Studi menunjukkan bahwa tidakan anti-inflamasi yang diberikan oleh senyawa tersebut dapat di gunakan untuk peradangan sendi.

17. Meningkatkan kesehatan tulang pada wanita

Pengeroposan tulang dapat ditanggulangi dengan pemberian bawang putih untuk meningkatkan kadar estrogen, hal ini telah dilakukan penelitian pada tikus betina

Oleh karenanya,bawang putih selain dapat mencegah pengeroposan tulang pada wanita, bawang putih juga berpotensi meningkatkan kadar estrogen. Akan tetapi mengenai manfaat bawang putih terhadap tulang, masih diperlukan riset lebih lanjut.

18. Mengobati berbagai macam jenis jerawat


Wajah berjerawat


Jerawat sangat bermacam-macam jenisnya ada yang jerawat pasir,jerawat biasa bahkan sampai jerawat batu.
Dan biasanya tempat yang paling sering ditumbuhi jerawat ada di wajah,punggung,leher,dada.
Bawang putih memiliki sifat antibakteri yang diyakini dapat melawan bateri penyebab tumbuhnya jerawat.

Bawang putih banyak di gunakan untuk mengobati jerawat secara herbal sejak dari dulu.
Dan kebanyakan setelah melakukan pengobatan menggunakan bawang putih jerawat akan hilang sampai ke bagian bekasnya jika anda melakukan pengobatan secara rutin.

Untuk mengobati jerawat menggunakan bawang putih caranya cukup mudah salah satunya dengan mengoleskan langsung irisan bawang putih ke bagian kulit yang berjerawat.
Cara mengoleskanya dengan cara memutar dan jangan ditekan karena jika jerawat di tekan, efek buruknya adalah jerawat akan meradang dan sulit untuk disembuhkan.

Namun disarankan sebelum mengoleskan bawang putih ke bagian kulit yang berjerawat alangkah baiknya jika kulit dalam keadaan bersih dan tidak berkeringat ,anda bisa mandi terlebih dahulu atau mencuci wajah supaya bersih, baru kemudian oleskan.

Itulah beragam manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh, yang perlu anda ketahui.
Selamat membaca, semoga bermanfaat :)




Cara menghilangkan jerawat batu dan wajah kembali mulus

Cara ghilangkan jerawat batu dan wajah kembali mulusFaktor tumbuhnya jerawat juga bermacam-macam seperti keturunan,karena bakteri,stress,dan lain sebagainyBawan puth di percaya d meba jeraat bahkan sampai pkapa mempunyai efek samping.Mengingat obat jerawat yang berbahan dasar kimia jika di konsumsi atau di gunakan dalam jangka panjang memiliki efeksamping,anda bisa menggantinya dengan bawang putih yang lebih aman dan murah tentunya untuk mengobati jerawat
















Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

Iklan

Iklan

Iklan