Kenapa saat sedih seseorang lebih senang mendengarkan lagu galau?Dan efek sering mendengar lagu galau.

Mendengarkan musik/lagu

Sedih atau murung merupakan ungkapan perasaan seseorang ketika mengalami hal yang tidak menyenangkan.
Saat seseorang tenggelam dalam kesedihan, rasanya suasana hati tidak mendukung untuk mendengarkan lagu-lagu ceria. Mengapa? Karena otak membantu kita dalam pencocokan musik yang hendak di dengar dengan perasaan kita. Mereka lebih memilih untuk mendengarkan lagu galau atau melow yang memiliki lirik hampir sama dengan perasaan yang sedang ia rasakan.

Namun, apa sebenarnya yang membuat seseorang lebih memilih mendengarkan lagu galau saat perasaan mereka sedang sedih?

Berdasarkan survei, musik atau lagu galau memberikan seseorang tiga pengalaman sekaligus yaitu kesenangan, kenyamanan dan rasa sakit. Seseorang ketika sedang sedih lebih memilih menyendiri dan mendengarkan lagu galau atau sedih untuk merasakan bahwa bukan hanya dirinya saja yang sedang merasa sedih dan bisa lebih merasa bahwa ia tidak terpuruk sendirian.Bagaimana jika menurut para ilmuwan mengenai hubungan perasaan sedih dan mendengarkan lagu galau?

Pada tahun 2014, seorang pakar musik bernama kay norton melakukan sebuah penelitian mengenal lagu mellow dan melakukan sebuah penelitian mengenal lagu mellow dan mendengarnya. Hasilnya menunjukkan, lirik dan nada lagu yang sendu dianggap mampu menggambarkan kesedihan dalam diri seseorang.

Secara psikologis, lagu sendu atau di kenal dengan lagu galau ini dapat menjadi media untuk mengungkapkan perasaan seseorang atau bisa juga melepaskan emosi melalui lirik-lirik lagu tersebut.
Para pendengar lagu galau dapat melepaskan perasaan yang ia rasakan dengan cara yang lebih baik dibandingkan melakukan hal lain atu hal yang sifatnya negatif.

Menurut Norton, musik memiliki bentuk yang sama dan juga aliran yang sama seperti emosi manusia.
"Jenis musik bisa mendorong seseorang yang sedang berduka atau sedih untuk bisa menangis atau mengekspresikan emosi dengan cara yang tepat dan mudah" ungkapnya.
Dengan mendengarkan lagu galau, seseorang juga bisa terdorong untuk melakukan refleksi diri melalui nilai-nilai positif yang diambil dari lagu yang di dengar.

Ia juga mengatakan menghilangkan rasa sedih dalam diri merupakan langkah penting dalam mengatasi stress atau kehilangan sesuatu. Justru bila tidak meluapkan emosi itu, kita akan menyimpan rasa sedih sehingga memunculkan emosi negatif, dan membuat perasaan kehilangan semakin besar.

Ilmuwan dari sebuah universitas Berlin di jerman juga melakukan penelitian mengenal dampak lagu galau kepada 770 orang. Hasilnya mengatakan bahwa mendengarkan lagu galau berpotensi untuk mengatur mood dan emosi negatif, sehingga membangkitkan perasaan positif seperti rasa damai.
Maka dari itu mendengarkan lagu galau ini dinilai bisa membantu memberikan solusi permasalahan atau meningkatkan peran kedewasaan seseorang.

Sedangkan menurut pakar hubungan, Susan winter, mengatakan bahwa "mendengarkan lagu-lagu mellow seperti lagu yang dinyanyikan Adele bisa membantu kita bangkit dan gembira sehingga kebahagiaan pun akan meningkat dan lebih mudah beranjak ke babak baru sehingga memudahkan kita lepas dari keterpurukan" tandasnya.

Mendengarkan lagu galau saat sedih memang bisa melepaskan rasa sedih itu tanpa meluapkan emosi negatif, akan tetapi perlu diingat jika rasa sedih itu telah hilang, kemudian ganti lagu sedih dengan lagu ceria, jangan terus berulang-ulang mendengarkan lagu mellow tersebut saat perasaan sedih itu telah hilang karena di saat itu waktu yang tepat untuk membuka lembaran baru dengan situasi yang tidak sedih lagi melainkan ceria.

Lalu apakah efek negatif jika terlalu sering mendengarkan lagu galau meski perasaan tidak sedih lagi?

  • Saat mendengar lagu galau atau sedih , orang cenderung memperhatikan lirik lagu dan ikut menyanyikannya. Disaat yang sama otak juga akan bekerja untuk mengingat masa lalu dan kenangan yang terjadi khususnya yang berhubungan dengan lagu tersebut. Meski orang tersebut sudah melupakannya, kenangan tersebut akan membawa seseorang kembali pada sosok yang pernah memberi warna pada hidup orang tersebut.
  • Menjadi pribadi yang rapuh. Jika perasaan seseorang tidak sedang sedih kemudian sering mendengarkan lagu galau, maka orang tersebut akan merasa bahwa segala kesedihan memang pantas ia rasakan dan terus dan menerus menyalahkan diri sendiri. Akibatnya emosi negatif pada diri sendiri akan berpengaruh pada cara orang tersebut menjalani hidup dengan mental yang lemah.
  • Mengurangi semangat hidup. Jika perasaan diarasa tidak sedang sedih, lebih baik jangan terlalu sering mendengarkan lagu sedih atau galau. Karena terlalu sering mendengarkan lagu dengan lirik yang sedih , bisa membuat kita mengikuti lirik tersebut dan akan berdampak pada kurangnya semangat hidup kita.
  • Mengalami penuaan. Pikiran negatif dan stress yang meningkat juga bisa berpengaruh pada kulitmu. Terlalu sering mendengarkan lagu galau membuat aura sendu selalu mengelilingimu  dan bisa membuat kulit cepat keriput dan kusam. Akibatnya tubuh akan terlihat lebih tua dari umur yang sebenarnya.
  • Menyebabkan depresi. Terlalu sering mendengarkan lagu sedih meski perasaan tidak sedang sedih akan membuat kita terhanyut mengikuti lirik lagu tersebut dan jika dibiarkan terlalu lama bisa memicu depresi dan kesehatan mental lainnya.
  • Tidak bisa mengontrol emosi. Terlalu sering mendengar lagu galau juga bisa merusak kontrol emosi seseorang. Kamu akan menjadi lebih mudah terainggung dan marah hanya karena hal kecil. Selain itu, kamu juga cenderung tidak bisa menahan kesabaran dan bersikap emosional.
Baca juga :

Subscribe to receive free email updates: