Manfaat minyak zaitun untuk rambut dan perawatan bibir

Gambar minyak zaitun
Minyak zaitun atau di sebut juga dengan olive oil adalah minyak yang didapat dari buah zaitun (olea europaea),pohon tradisional dari basin mediterania.
Minyak zaitun berasal dari pohon zaitun yang tumbuh lambat,memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah.
Buah ini memiliki bentuk bulat gemuk dengan warna hijau ketika mentah dan berubah menjadi kekuning-kuningan ketika mulai masak.

Minyak zaitun sendiri memiliki berbagai jenis dalam pengolahanya dan memiliki khasiat masing-masing untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: jenis-jenis minyak zaitun dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh

Minyak zaitun sudah dari dulu terkenal banyak manfatnya untuk kesehatan tubuh.
Selain untuk kesehatan minyak zaitun biasanya dipakai sebagai minyak goreng,kosmetik,sabun dan bahan bakar untuk minyak.
Minyak zaitun sendiri mengandung lemak tak jenuh,sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut disajikan beberapa manfaat minyak zaitun untuk rambut yaitu:

1.Dapat digunakan sebagai minyak rambut dan berfungsi menghilangkan kutu rambut.

Saat rambut kepala terdapat kutu maka hal yang dirasakan pasti gatel sekali dan rasanya selalu ingin menggaruk-garuk kepala.Memang benar dengan menggaruk kepala mungkin akan sedikit berkurang rasa gatalnya,namun hal itu tidak akan menghilngkan kutu yang ada di kepala,sebaliknya malah bisa menambah parah jumlah kutu yang tumbuh dirambut.

Pada jaman dahulu para wanita sering mengambil kutu yang ada dikepala dengan  cara  satu persatu dan meminta bantuan orang lain untuk mengambilnya,namun itu bukanlah solusi yang tepat,karena dengan melakukan hal itu kutu tidak akan lantas pergi.
Ada juga jaman dulu yang menggunakan sisir dengan tujuan mnghilangkan kutu,  akan tetapi semua itu sia-sia.
Menyisir menggunakn sisir dengan jarak yang rapat akan mengakibatkan kerusakan pada rambut bahkan menyebabkan rambut mudah rontok.

Disini minyak zaitun digunakan sebagai minyak rambut yang bermanfaat untuk melembabkan rambut dan senantiasa sehat,jika digunakan secara rutin.
Minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu di rambut.
Caranya dengan menuangkan terlebih dahulu minyak zaitun pada telapak tangan,kemudian mengoleskan langsung ke bagian rambut dan kulit kepala secara merata.
Kemudian bungkus kepala selama kurang lebih 3 jam. Setelah itu bilas rambut menggunakan shampo dan keramas sambil menggunakan sisir untuk membersihkan kutu.
Lakukan 2 kali seminggu hingga kutu benar-benar bersih.

2.Mengatasi rambut bercabang.
Coba lihat rambut anda bercabang atau tidak, pasalnya jika rambut anda bercabang itu menandakan bahwa rambut anda tidak sehat dan rusak.
Hal ini disebabkan mungkin karena kurangnya kandungan keratin pada kutila(lapisan terluar) rambut.
Ini bisa di atasi dengan cara menggunakan minyak zaitun sebagai minyak rambut,sehingga menjadikan rambut menjadi lembab dan terhindar dari yang namanya rambut bercabang dan kering.

3.Menghaluskan rambut dan membuatnya sehat berkilau.
Siapa yang tidak mendambakan rambut halus?tentu semuanya mendambakan bukan.
Akan tetapi rambut halus,sehat dan tampak berkilau memerlukan perawatan khusus.
Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan minyak zaitun.Sering mengaplikasikan minyak zaitun ke rambut menjadikan rambut semakin halus,sehat berkilau dan mudah di atur. Anda bisa mengaplikasikan minyak zaitun ke rambut setiap selesai mandi agar mendapatkan rambut halus,dan sehat berkilau.

4.Menghilangkan ketombe.
Ketombe yang banyak di kepala mungkin akan terasa gatal sehingga sangat mengganggu penampilan.Dan dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang.
Akan tetapi hal itu bisa di atasi dengan menggunakan minyak zaitun.
Caranya bisa langsung mengaplikasikan ke kulit kepala kemudian setelahnya keramas.

Jika dengan mengaplikasikan minyak zaitun tetapi ketombe tidak juga hilang,sebaiknya berhentikan dulu penggunaan minyak zaitun dan konsultasikan ke dokter untuk penangan lebih lanjut mengingat penyebab kulit kepala menjadi berketombe bermacam-macam,sehingga tidak semua jenis ketombe dapat dihilangkan menggunakan minyak zaitun.

5.Baik untuk rambut bayi.
Melakukan perawatan pada rambut bayi memanglah tidak boleh sembrangan mengingat kulitnya yang sangat sensitif.
Jadi jika anda para orang tua masih bingung memilih perawatan untuk rambut bayi,anda dapat memilih minyak zaitun sebagai solusinya.
Minyak zaitun atau olive oil sangat bagus di aplikasikan hampir di semua tubuh termasuk rambut karena banyak nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya dan jika di gunakan tidak menimbulkan efek samping.

6.Mempercepat pertumbuhan rambut.
Jika anda sedang mengalami rambut rontok sehingga mengganggu penampilan dikarenakan banyak faktor seperti kurangnya nutrisi untuk rambut,anda tidak perlu khawatir.
Karena minyak zaitun bisa dijadikan alternatif untuk memanjangkan rambut .
Anda cukup rutin mengaplikasikan minyak zaitun ke rambut,maka dengan perlahan rambut akan tumbuh kembali secara sehat dan merata.Tapi ingat mengingat bahan ini alami tanpa efek samping,jadi agak lama hasil yang di inginkan,jadi anda harus cukup bersabar.

7.Mengatasi rambut kering mengembang/ rambut singa.

Kurangnya perawatan pada rambut,seperti nutrisi dan vitamin lain yang baik bagi rambut atau sering terkena matahari langsung maka tidak heran jika lama-kelamaan di biarkan,rambut akan menjadi kering,megar dan bisa di katakan mirip singa.
Hal ini sangat menggangu penampilan tentunya.Biasanya orang akan mengambil solusi dengan mencatok rambutnya dengan tujuan menjadikan rambutnya lurus dan enak di panang mata.
Tapi taukah anda bahwa sering melakukan catok atau meluruskan rambut akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan rambut?
Jika ada cara yang lebih sehat,tidak ada salahnya untuk di coba.Minyak zaitun contohnya,minyak ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan rambut.Yaitu dapat menjadikan rambut sehat dan tumbuh lebat.
Untuk penggunaanya,anda dapat menjadikan minyak zaitun sebagai minyak rambut alami dan di gunakan secara rutin,cukup oleskan minyak zaitun yang sebelumnya di tuangkan dulu pada telapak tangan secara merata.

8.Sangat baik untuk perawatan alis dan bulu mata.
Tidak perlu mahal untuk melakukan perawatan alis dan bulu mata,banyak sekali terutama kaum hawa melakukan sulam alis maupun sulam bulu mata hanya untuk bisa terlihat lebih cantik.
Perawatan ini mengeluarkan dana yang tidak sedikit ya tentunya,bahkan bisa di bilang cukup mahal.Ada cara lain sebenarnya yang bisa di pakai untuk perawatan alis dan bulu mata.

Minyak zaitun contohnya,minyak ini mengandung banyak vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan rambut.
Dapat dilakukan secara rutin perawatan menggunakan minyak zaitun ini dan dalam jangka panjang.
Jika anda rajin mengaplikasikan minyak zaitun pada alis dan bulu mata,maka lama-kelamaan alis akan tumbuh tebal,sehat dan hitam alami.Juga jika di oleskan pada bulu mata,maka anda akan mendapatkan bulu mata yang lentik,panjang dan sehat tentunya seperti yang anda idam-idamkan.

9.Mempertahankan warna alami rambut.
Jika anda sering melakukan pewarnaan pada rambut,maka tidak heran jika rambut akan mengalami kerusakan dan menghilangkan warna alami rambut.
Disini minyak zaitun berfungsi untuk mempertahankan warna alami rambut.

Untuk cara penggunaanya cukup oleskan minyak zaitun pada rambut secara merata setelah selesai keramas,dan lihat hasilnya rambut anda akan semakin hitam dan sehat alami.Hal ini juga bisa mencegah tumbuhnya uban jika anda rutin mengaplikasikan minyak zaitun pada rambut.

10.Menghilangkan bibir hitam dan terlihat merah natural.
Seringnya menggunakan lipstik yang terbuat dari bahan kimia akan menjadikan bibir menjadi hitam dan tidak menarik hal itu di sebabkan karena warna alami bibir tertutup oleh bahan kimia tersebut dan menimbulkan efek bibir menjadi hitam.Sering terpapar sinar matahari langsung juga bisa menyebabkan bibir hitam.

Hal ini sangat mengganggu penampilan sekali tentunya,namun ada solusi yang bagus untuk mengatasi bibir hitam,yaitu menggunakan minyak zaitun.
Jika anda rutin mengaplikasikan minyak zaitun atau olive oil pada bibir,maka bibir yang awalnya hitam itu akan menghilang dan digantikan oleh warna alami bibir yang merah merona.

Cara melakukan perawatan bibir untuk menghilangkan bibir hitam sangat mudah sekali yaitu cukup oleskan langsung minyak zaitun atau olive oil pada bibir,lakukan secara rutin terutama sebelum tidur. Atau dapat juga anda melakukan scrub pada bibir dengan mencampur minyak zaitun dengan gula pasir.
Gula pasir juga banyak manfaatnya untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran.
Jika tidak ada gula pasir bisa juga menggunakan campuran minyak zaitun dan madu asli.
Lakukan perawatan bibir menggunakan minyak zatun secara rutin hingga bibir yang tadinya hitam hilang dengan sendirinya dan tergantikan oleh warna alami bibir sehingga bibir tampak merah alami.

Baca selanjutnya: Manfaat minyak zaitun untuk perawatan wajah dan kulit

Hanya dengan bahan alami ini bibir kalian akan merah merona tanpa lipstik

Cara menghilangkan jerawat batu dan wajah kembali mulus


Subscribe to receive free email updates: