Manfaat minyak zaitun untuk perawatan wajah dan kulit

Minyak zaitun atau olive oil merupakan minyak dari hasil penggilingan zaitun.
Minyak ini terdiri dari berbagai jenis berdasarkan warna dan cara pengolahanya.
Minyak zaitun sudah dari dulu dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh,kandungan vitamin E,K,lemak (omega 9,omega 6,omega 3,dan lemak jenuh) phelonic dan zat besi di dalamnya sangat bermanfaat bagi tubuh.
Minyak zaitun biasa di gunakan sebagai minyak goreng,perawatan wajah,bibir,rambut dan biasa dikonsumsi langsung dan masih banyak lagi manfaatnya untuk kesehatan tubuh.


Minyak zaitun


Berikut ini akan di ulas manfaat minyak zaitun untuk perawatan wajah dan kulit yang perlu anda ketahui.

1.Mengencangkan kulit wajah


Minyak zaitun untuk wajah


Jika kulit anda keriput,kering dan kusam pasti sangat mengganggu penampilan sekali bukan?
Namun anda tidak perlu khawatir,minyak zaitun bisa membantu mengatasi masalah yang anda alami.

Cukup dengan mengoleskan minyak zaitun ke wajah secara rutin,maka secara perlahan wajah keriput dan kusam akan hilang.Hal ini karena kandungan zat linoleic acid  dan kandungan anioksidan yang disebut polifenol di dalam minyak zaitun yang akan membantu menjaga kadar air pada kulit dan melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan agar tidak muncul keriput sehingga menjadikan wajah menjadi kencang dan menarik.

2.Menghaluskan wajah

Minyak zaitun di percaya dapat menghaluskan kulit wajah jika dilakukan secara rutin.

Untuk cara pemakaianya,anda bisa menggunakan minyak zaitun yang telah dicampur dengan buah pepaya dan dijadikan masker.Lakukan perawatan ini secara rutin,terutama sebelum tidur.

Mengapa buah pepaya dipilih sebagai campuran masker minyak zaitun?
Hal ini karena pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu melembabkan kulit, menghaluskan wajah, mengandung vitamin A, C dan E, serta dapat meregenerasi kulit.
Pepaya disini juga bermanfaat sebagai sunsreen atau tabir surya alami.

3.Membersihkan sisa make up

Setelah seharian memakai make up tebal tentunya kurang bersih bukan jika hanya menggunakan air atau kapas saja untuk menghilangkan sisa make up tersebut.
Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk membersihkan sisa make up.Selain membersihkan wajah,anda juga mendapatkan hasil lainya jika menggunakan minyak zaitun yaitu wajah anda akan lebih kenyal,sehat dan menarik tentunya.

4.Menyembuhkan jerawat


Jerawat


Untuk wajah yang berjerawat,bisa di sembuhkan menggunakan minyak zaitun.
Minyak zaitun merupakan herbal alami yang bisa menghilangkan jerawat dan bekasnya karena mengandung vitamin yang mampu mempercepat proses penyembuhan jerawat.
Antioksidan yaitu polifenol dapat mengeluarkan racun dalam tubuh,serta mencegah segala jenis infeksi.Kandungan antibakterinya mampu menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri.
Dan sifat anti-inflamasinya berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekasnya.

Namun perlu anda ketahui bahwa minyak zaitun memiliki berbagai jenis,mengingat kulit wajah sangat sensitif sebaiknya pilihlah jenis minyak zaitun yang murni atau dalam pembuatanya tidak ada tambahan bahan lain seperti bahan kimia atau yang lainya.

5. Mengecilkan pori-pori wajah

Jika anda mempunyai pori-pori wajah yang besar dan sedang mencari solusi untuk mengecilkanya.Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi masalah tetsebut.

Pori-pori wajah yang besar dapat menyebabkan kuman dan bakteri mudah masuk sehingga dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam jerawat atau menyebabkan wajah iritasi.Hal ini bisa di atasi dengan minyak zaitun yang bisa di oleskan secara langsung ke wajah secara memutar dan perlahan,kemudian rasakan hasilnya.

6.Dapat digunakan sebagai minyak urut

Minyak urut


Untuk anda yang suka di urut bagian tangan atau bagian tubuh yang lainya, anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak urut.
Mengingat kandungan vitamin E dan K yang tinggi,kedua vitamin tersebut jika berfungsi sebagai anti oksidan yang sangat baik untuk kulit dan berfungsi meluruskan otot-otot yang tegang sehingga menjadikan aliran darah menjadi lancar.

Selain enak di pakai sebagi minyak urut,minyak zaitun ini jika sering dioleskan ke bagian kulit,maka kulit anda akan menjadi lembab,sehat dan terawat.
Saat ini sudah ada minyak zaitun yang di khususkan sebagai minyak urut dan anda dapat memperolehnya di toko atau warung terdekat dengan harga terjangkau seperti contoh herborist minyak zaitun.

7.Melindungi kulit dari sinar matahari

Jika kalian suka pergi keluar rumah yang mengharuskan untuk terpapar sinar matahari langsung,anda bisa menggunakan minyak zaitun sebagai pelindung kulit.
Mengingat efek sinar ultraviolet jika terkena kulit secara langsung dan tanpa pelindung akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kulit,seperti kulit terbakar dan hitam.Muli saat ini anda bisa mengoleskan minyak zaitun ketangan atau tubuh sebelum keluar rumah atau sehabis mandi.

8.Mengatasi gatal-gatal

Untuk kulit yang sedang gatal-gatal,minyak zaitun bisa di gunakan untuk mengobati gatal-gatal tersebut,hal ini karena minyak zaitun mengandung sifat anti inflamasi.

9.Meregenerasi kulit

Untuk perawatan kulit anda dapat juga menggunakan minyak zaitun atau olive oil dengan cara scrubbing secara teratur dengan mencampur minyak zaitun dengan gula pasir.
Lakukan scrub ini secara rutin terutama sebelum tidur dan setelahnya dibersihkan menggunakan air hangat.Maka kulitmu akan beregenerasi dan menjadi lebih kencang sehingga terlihat awet muda.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh yaitu:

1.Mencegah penyakit jantung

Minyak zaitun dipercaya dapat menurunkan tekanan darah sekaligus menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL)  namun tetap mempertahankan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh.
Oleh karenanya minyak zaitun juga baik untuk mencegah penyakit jantung.

Untuk cara konsumsinya anda bisa meminum dua sendok makan minyak zaitun tiap hari,atau bisa juga dicampur dengan sedikit madu atau di tambahkan ke dalam masakan.

2.Mencegah kanker

Antioksidan dan vitamin E yang terdapat pada minyak zaitun dapat mencegah pertumbuhan sel kanker pada tubuh.
Hal ini berlaku terutam penyakit kanker p*yu**ra dan kanker kulit.

3.Mengurangi terjadinya resiko penyakit diabetes tipe 2

Dalang di balik beragam penyakit kronis ,terutama diabetes adalah peradangan dalam tubuh.
Minyak zaitun dapat membantu mencegah diabetes karena mengandung lemak tak jenuh.
Berkat kandungan antioksidannya terutama oleochantal,yang bekerja mirip obat ibuprofen ini, minyak zaitun memiliki khasiat untuk beragam penyakit dan dapat mengurangi peradangan.
Kandungan oleochantal dalam 3,5 sendok makan minyak zaitun extra virgin sama efektifnya dengan10 persen dari dosis ibuprofen untuk orang dewasa, hal ini telah dikatakan oleh beberapa ilmuwan yang telah berhasil melakukan penelitian.

4.Meningkatkan kekuatan otak

Sebuah penelitian mengungkap bahwa orang yang mengkonsumsi minyak zaitun di banding minyak yang lain memiliki kekuatan otak yang lebih baik .
Ini berkaitan erat dengan fungsi minyak zaitun untuk mengatur aliran darah dan tekanan darah dalam tubuh sehingga menjadikan aliran darah ke otak menjadi lancar.

5.Mencegah osteoporosis


Mencegah osteoporosis


Minyak zaitun banyak manfaatnya untuk tulang.Study menunjukkan semakin banyak konsumsi minyak zaitun secara rutin dapat meningkatkan jumlah kalsium dalam darah yang dapat berdampak baik bagi kesehatan dan kepadatan tulang sehingga mencegah terjadinya resiko osteoporosis.

6.Mencegah depresi

Khasiat minyak zaitun lainya adalah dapat mencegah depresi. Minyak zaitun mengandung lemak monounsaturated fat,jenis lemak sehat yang berbeda dengan lemak trans-fat yang di kandung fast-food.

Sebuah penelitian yang dilakukan dokter sanchez-villegas dan tim yang berasal dari universitas di spanyol terhadap 12.000 orang kurang lebih,membuktikan bahwa dibandingkan dengan individu yang hanya mendapat asupan healthy fat dari minyak zaitun,individu yang rutin mengonsumsi trans-fat memiliki 48 persen lebih besar kemungkinan mengidap depresi.

7.Memerangi penyakit alzheimer

Penyakit alzheimer yaitu penyakit lupa ingatan yang menghantui orang berusia lanjut.Di indonesia sendiri hingga saat ini sudah ada sekitar 2juta kasus alzheimer yang terjadi tiap tahunnya.

Minyak zaitun dapat mengurangi terjadinya resiko penyakit alzheimer jika dikonsumsi secara rutin,hal ini di sampaikan oleh tim dokter Domenico Pratico.Hal ini karena minyak zaitun mengurangi produksi amyloid plaque dan phosporylated dua protein jahat penyebab utama terjadinya kerusakan pada bagian otak yang bertanggung jawab atas penyimpanan memori dan fungsi mental tubuh.

8.Mengobatai reumatik

Reumatik adalah penyakit aoutoimun yang memunculkan gejala nyeri sendi berulang .Disini minyak zaitun dapat berfungai mengurangi nyeri sendi dan pemnengkakan akibat reumatik.

Nyeri sendi,kekakuan kepalan tangan dan sendi yang ngilu di pagi hari pada orang yang mengidap reumatik, dapat berkurang  dengan mengkombinasi minyak zaitun dan minyak ikan, hal ini telah dilakukan penelitian tahun lalu.

9.Membersihkan usus

Sifat anti bakteri yang dimiliki minyak zaitun bisa menghambat atau membunuh kuman penyebab penyakit.
Salahsatunya adalah helicobacter pylori,bakteri penghuni usus manusia yang dapat menyebabkan ulkus lambung dan kanker perut.

Study menunjukkan bahwa infeksi helicobacter pylori pada 10-40 persen orang dalam waktu 2 minggu akan hilang dengan cara konsumsi 30 gram minyak zaitun extra virgin.

10.Meredakan rasa sakit

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan lainya yaitu dapat meredakan rasa sakit.
Terutama sakit yang di sebabkan oleh peradangan,minyak zaitun mengandung bahan-bahan antioksidan seperti oleic acid dan oleochantal yang ampuh untuk melawan peradangan atau rasa sakit tersebut.







Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan