Skip to main content

Manfaat minum susu untuk kesehatan tubuh

Susu adalah cairan berwarna putih yang di hasilkan dari kelenjar susu mamalia betina,contoh dari kelenjar sapi di sebut susu sapi atau dari kambing disebut juga dengan susu kambing.
Di dalam susu terkandung banyak zat-zat bergizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.Susu biasanya di konsumsi oleh bayi setelah lahir,ia meminum susu dari ibunya untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang.Namun bukan berarti selain bayi tidak perlu mengkonsumsi susu ya, susu sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh dan sangat baik di konsumsi oleh semua kalangan usia dan jenis kelamin.

Susu sapi murni


Konsumsi susu tidak harus dengan yang berbentuk cairan saja,sekarang banyak sekali produk olahan yang berasal dari susu dan turunannya yang disebut dengan dairy produk. Contoh,keju,yogurt,kefir,krim,mentega,eskrim,custard,dan lain-lain.
Untuk kemasan susu,sekarang di pasaran juga banyak di jual susu bubuk yang lebih ekonomis dan dapat di jumpai hampir di semua toko.
Susu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seperti:

1.Membantu menurunkan berat badan

Minum susu akan membuat badan kita gemuk?jika anda masih berfikiran seperti itu,maka anda akan salah besar.
Hal ini sudah di lakukan penelitian bahwa orang yang rajin minum susu justru akan lebih mudah dalam menurunkan berat badan.Hal itu tentu saja karena susu mengandung banyak zat gizi dan bisa memberikan efek lebih kenyang sehingga anda tidak mau lagi makan terus.Jadi dengan minum susu anda bisa menghindari kebiasaan ngemil camilan yang tidak sehat dan membuat gendut.

Berdasarkan kajian lembaga kesehatan dunia(who),kegemukan di sebabkan banyak faktor antara lain,rendahnya aktifitas fisik,rendahnya asupan serat,dan tingginya asupan energi harian total,bukan dari satu jenis pangan.

Riset menunjukkan 18.000 wanita paruh baya dan lanjut usia yang makan lebih banyak produk susu tinggi lemak di kaitkan dengan kenaikan berat badan yang lebih sedikit dan resiko obesitas yang lebih rendah.Susu memang dikenal mengandung berbagai komponen yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan dan mencegah penambahan berat badan.
Selain itu asam linoleat terkonjugasi dalam susu telah di pelajari karena kemampuanya untuk meningkatkan penurunan berat badan dengan membantu pemecahan lemak dan menghambat produksi lemak.

Banyak penelitian telah mengaitkan diet kaya kalsium dengan resiko obesitas yang lebih rendah.Bukti menunjukkan bahwa orang dengan asupan kalsium makanan yang lebih tinggi memiliki resiko lebih rendah mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.Penelitian menunjukkan bahwa kadar kalsium tinggi pada makanan yang memicu pemecahan lemak dan menghambat penyerapan lemak dalam tubuh.

2.Menjaga kesehatan tulang

Semakin bertambahnya usia maka kepadatan tulang akan semakin berkurang,karena kalsium juga tiap harinya mengalami pengikisan dan terbuang melalui urin.Untuk menambah kepadatan tulang anda bisa konsumsi susu secara rutin.

Susu adalah salah satu sumber kalsium.Tetatur minum susu bisa membuat tulang sehat dan kuat.Bahkan asupan susu bagi anak-ana bisa mempengaruhi tinggi badan mereka.Anak-anak yang mengalami kekurangan kalsium biasanya memiliki bentuk tubuh yang tidak proporsional dan mengalami kelambatan pertumbuhan,oleh karenanya minum susu penting dilakukan secara rutin di mulai sejak dini untuk menjaga kepadan tulang.

Selain pada anak-anak,di usia 30 adalah awal seseorang mengalami regenerasi fungsi tulang .Maka dengan rajin minum susu,hal itu bisa diperlambat.Sekitar 99 persen kalsium tubuh disimpan di tulang,oleh karenanya konsumsi susu sangat di anjurkan untuk semua kalangan mengingat banyak kandungan di dalam susu yang baik untuk tulang seperti,vitamin D,vitamin K,fosfor dan magnesium.

Dairy product(olahan susu) juga baik di konsumsi untuk menjaga kepadatan tulang.Apalagi bagi perempuan menjelang menopause akan kehilangan banyak kalsium,maka asupan susu harus diminum sejak dini,dan lifestyle pun harus baik.
Penelitian menunjukkan seseorang yang rajin minum susu justru lebih kecil resikonya untuk terkena penyakit degeneratif.

Selain kalsium,susu juga banyak mengandung vitamin D yang berfungsi membantu tubuh dalam penyerapan kalsium.
Kekurangan vitamin D dapat meningkatkan resiko osteoporosis di masa mendatang atau rakhitis pada masa kanak-kanak.

3.Mengurangi stress dan depresi

Jika saat ini yang anda alami adalah stress baik karena kerjaan berat dan menumpuk atau tekanan batin dan lainya,anda bisa mengurangi stress tersebut dengan meminum segelas susu hangat.
Susu di percaya dapat mengurangi stress,merileksasikan tekanan darah dan 
Membuat hormon penyebab stress dan depresi mengendur sehingga otak menjadi rileks dan tidak tegang karena protein dan lactium yang dikandung di dalamnya.

Kualitas tidur anda juga akan menjadi lebih baik sehingga anda dapat beristirahat dengan nyaman dan keesokan harinya anda bisa lebih segar dan fit dalam menjalani kehidupan anda yang penuh dengan kejutan.

4.Menguatkan gigi

Kalsium dan fosfor dalam susu sangat penting bagi peekembangan kesehatan gigi anak.

Protein penting lainnya dalam susu adalah kasein.Kandungan ini membantu membentuk lapisan tipis di permukaan email gigi.

5.Memelihara kesehatan jantung

Senyawa yang terbentuk dalam susu dapat melindungi kita terhadap penyakit kardiovaskular.Senyawa tersebut menurunkan kadar serum total dan kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) yang buruk dan trigliserida(lemak dalam darah).

Susu sapi merupakan sumber kalium.Peningkatan asupan kalium dan penurunan sodium dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan pembuluh darah.Sebuah study dalam American Journal of clinic Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi susu tanpa lemak secara rutin menurunkan tekanan darah pada orang dewasa setengah baya dan lebih tua.

6.Mengendalikan tekanan darah

Bagi anda yang mempunyai masalah dengan tekanan darah,anda bisa minum susu secara rutin.Susu sapi  mampu mengendalikan tekanan darah,terutama anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah.Hasil ini diperoleh dari penelitian yang di lakukan di spanyol dan menggunakan sampel sebanyak 5000 orang,mereka yang mengkonsumsi secara rutin susu setiap harinya memiliki resiko 54 persen lebih kecil untuk mengalami hipertensi akibat tekanan darah tinggi.

Studi yang dipimpin oleh Dr.Mark Houston Direktur Institut Hipertensi di rumah sakit st.Thomas,Tennesse,meningkatkan asupan kalium dan mengurangi natrium dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular yang di sebabkan oleh tekanan darah tinggi.

7.Membantu mengatur tidur

Konsumsi susu membantu meningkatkan produksi hormon serotonin,hormon yang terkait dengan suasana hati,nafsu makan dan tidur.Itu sebabnya segelas susu hangat sebelum tidur sering direkomendasikan agar kualitas tidur menjadi terjaga.

8.Mengurangi pertumbuhan sel kanker

Menurut sebuah penelitian di journal of Dairy science,protein yang ditemukan dalam susu dapat secara signifikan mengurangi laju pertumbuhan sel kanker usus besar dari waktu ke waktu.

Vitamin D mungkin berperan dalam regulasi pertumbuhan sel dan perlindungan kanker.Penelitian menunjukkan bahwa ada resiko kematian akibat kanker kolorektal yang lebih tinggi di lokasi geografis yang menerima sinar matahari paling sedikit,susu juga mengandung vitamin D yang dapat memberikan perlindungan serupa.

National cancer Institute(NCI) menunjukkan beberapa penelitian yang menunjukkan asupan kalsium dan laktosa dari produk susu dapat membantu mencegah kanker ovarium.

9.Membantu mengurangi keasaman 

Susu dingin menetralkan pembentukan asam di lambung dan mencegah refluks asam.Susu juga membantu mengontrol GERD dan mengatasi panas yang dirasakan karena ke asaman.

10.Baik untuk penderita diabetes

Sebuah penelitian oleh unit Penelitian Nutraceutical manusia di university of Guelph,bekerja sama dengan univeraitas Toronto menemukan bahwa konsentrasi protein susu tinggi mengurangi  konsentrasi glukosa darah postprandial.

11.Baik untuk kecantikan

Jika anda mengalami masalah kulit,seperti kulit kering.Anda dapat mengaplikasikan susu untuk mengatasi masalah kulit tersebut.Kandungan asam laktat yang ada di dalam susu mampu membuat kulit menjadi lebih terhidrasi dan juga lebih halus serta lebih cerah merona.Maka tidak heran jika banyak spa atau lulur yang menggunakan susu murni karena memang sangat baik untuk kecantikan kulit.

Di dalam susu juga terdapat antioksidan yang mampu membuat kulit lebih sehat dan lebih tahan dari berbagai jenis radikal bebas.Jadi,jika anda ingin tetap awet muda maka anda tidak perlu membeli produk kecantikan yang mahal-mahal .
Anda bisa menggunakan susu untuk perawatan tubuh anda,bisa di aplikasikan secara langsung ke wajah,mandi susu atau bisa konsumsi segelas susu secara rutin tiap hari.

Baca juga: Manfaat minyak zaitun untuk perawatan wajah dan kulit.

19 manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh.

12.Menjaga tingkat kesuburan

Apakah anda saat ini sedang menjalani program untuk mendapatkan momongan?
Sebaiknya anda konsumsi susu secara rutin,hal ini seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh universitas Harvard amerika dimana hasilnya adalah mereka yang mengonsumsi susu tinggi lemak sekitar 25 persen akan lebih kecil resikonya mengalami gangguan kesuburan atau masalah pada ovulasi di bandingkan  mereka yang hanya mengonsumsi susu dalam waktu seminggu sekali.

13. Menjaga dan membentuk otot

Sudah tidak di ragukan lagi jika kandungan yang terdapat di dalam susu memang sangat baik untuk kesehatan,termasuk menjaga dan membentuk otot.

Oleh karena itu tidaklah heran ketika para atlet olahraga selalu rutin mengonsumsi susu untuk menjaga kesehatan otot mereka.Protein yang terkandung dalam segelas susu sebesar 8,1 mg dan jumlah ini sangatlah cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan protein harian anda .
Jadi jika anda ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal dan sehat seperti para atlet-atlet,disarankan untuk rutin mengonsumsi susu setiap harinya .

14.Memberikan energi untuk tubuh

Kandungan yang sangat penting di dalam susu yang lainnya adalah kalori.
Kalori sangat diperlukan tubuh sebagai sumber energi,meskipun tak jarang banyak yang menghindari kalori karena bisa menambah berat badan.

Sebenarnya mengonsumsi susu tidak akan membuat berat badan naik secara signifikan jika dibarengi dengan olah raga yang teratur,oleh karenanya olahraga juga penting di lakukan agar badan senantiasa sehat selain mengonsumsi susu.

15.Menetralisir racun dalam tubuh

Racun ataupun radikal bebas sering masuk dalam tubuh tanpa kita sadari,entah dari lingkungan yang kotor atau dari makanan yang tidak sehat.Sehingga bisa menyebabkan penyakit seperti batuk,pilek karena sistem imun yang lemah.

Di sini susu memiliki peran penting untuk menetralisir racun yang masuk dalam tubuh kita.Selain kandungannya dapat menyehatkan badan,juga dapat menetralisir racun yang masuk dalam tubuh kita.Anda bisa minum segelas susu secara rutin setiap harinya jika ingin racun atau radikal bebas yang masuk dalam tubuh ternetralisir.

16.Baik di konsumsi oleh ibu hamil

Saat hamil sangatlah penting mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gizi,mengingat demi kesehatan janin yang di kandung agar bayi dapat lahir secara sehat.
Susu adalah salah satu minuman yang sebaiknya dikonsumsi saat hamil untuk tumbuh dan berkembangnya bayi.

Sebab dalam masa-masa 1000 hari pertama bayi adalah masa tercepat pembentukan otak untuk melahirkan generasi cerdas.
Asam folat dalam susu penting untuk membentuk otak,selama hamil tentu penting dan lebih efektif jika diminum sejak hamil dilanjutkan saat anak tumbuh kembang.

Saat ini sudah  banyak beredar jenis susu sapi dengan berbagai kemasan dan rasa,seperti coklat ,plan dan buah-buahan yang tersedia hampir di setiap warung atau toko seperti indomaret terdekat.
Anda bisa memilih varian rasa jika tidak ingin rasa yang original.
Ingat sayangi buah hati anda tercinta sedari masih dalam kandungan.

Segitu banyaknya manfaat dari susu yang kita peroleh jika kita mengonsumsinya secara rutin.Namun yang perlu di ingat,seperti halnya pangan olahan lain,susu tidak bisa di jadikan satu-satunya sumber energi.

Karena setiap pangan olahan harus di dampingi sumber nutrisi lain agar lebih seimbang.

Baca selanjutnya: Wajib tahu penyebab uban tumbuh di usia kita yang masih muda





Popular posts from this blog

Cara menghilangkan jerawat batu dan wajah kembali mulus

Nggak perlu mahal buat ngilangin jerawat batu kamu,cukup menggunakan bahan ini dijamin jerawat batu kamu hilang dan wajah kembali mulus.
Cara menghilangkan jerawat batu di wajah maupun di bagian tubuh manapun sangatlah mudah sekali,bahkan tanpa mengeluarkan biaya mahal,dan dapat dilakukan kapan saja.
Cara ini alamai tanpa efek samping,bahkan untuk jangka panjang sekalipun.
Oke inilah bahan yg digunakan.

1.menggunakan cuka sari apel.



Yap,cuka sari apel memang dikenal sangat ampuh sebagai alternatif menghilangkan jerawat batu beserta bekasnya,karena cuka apel dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat,bahkan sampai bekasnya pun bisa hilang tanpa meninggalkan bekas.

Caranya cukup mudah yaitu:

Bersihkan dulu wajah dengan air bersih dan cukup campur cuka apel dengan air bersih,dengan takaran 1 banding 3.Artinya misal satu sendok cuka apel dicampur dengan air putih 3 sendok, dan kelipatanya.Selanjutnya usapakan air campuran tadi ke wajah menggunakan kapas, cukup sedikit-sedikit dulu mer…

Arti tindihan menurut dunia medis, penyebab dan hal supaya tidak terjadi tindihan

Mitos yang masih di percaya masyarakat indonesia sampai hari ini salah satunya adalah tindihan saat tidur.
Masyarakat mempercayai penyebab tindihan ada kaitanya dengan makhluk halus,hal itu dikarenakan ketika seseorang sedang tidur kemudian ada sesosok makhluk halus yang sedang duduk atau ikut tidur tepat di atas badan orang tersebut, sehingga menimbulkan sulit bernafas,sulit bergerak yang kemudian di susul munculnya sosok bayangan tinggi besar di depan mata mereka.
Masyarakat mengira sosok bayangan tinggi besar itu adalah makhluk halus penyebab tindihan pada mereka, sehingga mereka mengaitkannya dengan hal mistis.
Padahal menurut dunia medis tidak demikian.

Apa arti tindihan menurut medis?

Menurut medis, suatu kondisi dimana seseorang yang sadar saat tidur tetapi tidak dapat bangun untuk menggerakkan badan ataupun berbicara yang biasanya disertai dengan halusinasi atau masyarakat sering menyebutnya dengan tindihan, menurut medis keadaan ini di sebut dengan sleep paralysis atau kelumpuhan …

Masih sering tidur di pagi hari??waspada bahaya ini mengintai kamu

Yah tidur memang sangat menyenangkan bagi seseorang untuk melampiskan rasa capek atau rasa kantuk yang sedang menghampirinya. Apalagi jika tidur di situasi yang sunyi dengan bantal dan kasur yang nyaman, empuk,wah pastinya sangat enak sekali ya,,,.sedangkan tidur sendiri memiliki waktu normal berkisar antara 7-9 jam,tapi ada juga cukup 6 jam sudah puas, itu tergantung masing-masing orang. Karena kan setiap orang beda-beda.
Waktu tidur yang nyenyak pun dilakukan di malam hari  yaitu dimulai sekitar pukul 21.00 dan bangun pukul 04.00/05.00.Tapi bagai mana jika aktifitas tidur itu dilakukan di pagi saat matahari mulai terbit?? Apakah masih nyaman dan aman dilakukan??Banyak masyarakat indonesia masih melakukan aktifitas tidur di pagi hari dengan berbagai alasan seperti terlalu banyak begadang di malam hari,sehingga mereka menggantinya di waktu pagi hari saat matahari mulai terbit.
Dan terutama yang pekerja sift malam,kebanyakan pasti akan tidur di pagi hari yaitu setelah pulang kerja karena …