Macam-macam produk susu sapi dan turunannya

Susu sapi merupakan sumber protein terbanyak dan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Banyak cara yang di biasa digunakan orang untuk memanfaatkan produk susu yaitu dengan cara di minum rutin setiap hari,dijadikan lulur untuk mandi,di jadika masker wajah dan masih banyak lagi.

Kandungan zat di dalam susu bisa untuk menyehatkan tubuh.
Tapi tak jarang juga kita menjumpai orang yang setelah mengkonsumsi susu akan mengalami alergi seperti gatal-gatal bahkan ada juga yang diare untuk kebanyakan anak kecil.
Susu bisa juga digunakan sebagai perawatan tubuh orang dewasa seperti menghaluskan kulit wajah,melembabkan tangan dan lain lain.

Untuk saat ini banyak di jumpai produk olahan yang mengandung susu dan banyak di jual di toko atau warung terdekat.Anda bisa memanfaatkan berbagai makanan olahan berikut jika ingin merasakan nikmat nya makanan yang mengandung susu.

1. Biskuit


Biskuit susu


Banyak produk biskuit populer yang menyertakan susu di dalamnya. Dan biskuit ini yang biasa anda jumpai di mini market atau swalayan terdekat dan juga warung.

2. Keripik kentang 

Anda mungkin tidak menyadari bahwa di dalam komposisi makanan kripik kentang dan sejenisnya juga menyertakan susu dan turunannya. Biasanya produsen menambahkan susu sebagai perasa untuk menambah kenikmatan kripik tersebut.
Contoh kripik rasa keju atau krim asam.

3. Pancake dan waffle

Jika ada yang alergi terhadap produk susu terutama bagi anak kecil. Perlu di ketahui juga jika saat anda membeli pancake maupun waffle,biasanya di dalam bahan pembuatan makanan ini terdapat susu dan turunannya. Anda bisa membaca komposisi pada label kemasan jika ingin mengetahui apa saja bahan yang terkandung di dalamnya.

4. Mashed potato instant


Susu dan turunannya mungkin saja bisa di jumpai pada mashed potato instant.
Penambahan mentega dan susu adalah hal wajar untuk jenis makanan ini.
Hal ini juga mungkin terjadi pada jenis makanan instant lain yang berbentu bubuk.

5. Sereal


Sereal


Sereal termasuk makanan yang bergizi karena di dalamnya terkandung susu dan laktosa. Akan tetapi anda juga perlu waspada jika memiliki alergi terhadap produk susu terutama yang biasa sering orang konsumsi yaitu sereal.

6.Makanan beku

Makanan lain yg mungkin mengandung susu dan turunannya yaitu makanan beku seperti nugget dan frozen french fries(kentang goreng beku).
Biasanya banyak laktosa di temukan dalam bahan baku pembuatan produk tersebut.

7. Selai


Selai coklat


Makanan yang mengandung turunan susu selanjutnya adalah selai. Jenis selai seperti coklat umumnya memiliki kandungan susu skim di dalamnya. Susu skim merupakan jenis susu yang di ambil lemaknya sehingga bersifat rendah lemak. Namun,jenis protein yang terkandung di dalamnya masih sama.

8. Produk olahan daging 

Daging dapat di olah menjadi berbagai produk makanan ,seperti sosis dan daging asap. Olahan daging ini memang lebih praktis untuk memasak. Namun,beberapa produk olahan daging juga memiliki kandungan turunan susu. Produk olahan daging seperti sosis dan daging asap biasanya diberikan campuran protein susu seperti kasein untuk pengikat dalam proses pembuatannya.

Setelah mengetahui makanan yang mungkin mengandung olahan susu.
Sekarang kita bahas apa saja sih makanan atau produk susu dan turunannya yaitu:

1. Yogurt


Yogurt


Yogurt ini termasuk produk susu fermentasi yang populer.
Produk yang satu ini telah laris manis di jual di pasaran mengingat manfaat yang terkandung di dalamnya sangat banyak.
Yogurt bisa menjadi solusi jika anda ingin melakukan diet sehat. Pasalnya setelah minum yogurt di pastikan perut akan senantiasa kenyang lebih lama walaupun belum makan nasi atau yang lainnya.

2. Mentega


Mentega


Mentega(buffer)juga merupakan produk olahan susu sapi karena bahan dasarnya adalah krim susu. Mentega di buat dengan cara mengocok atau mengaduk krim susu.
Ada alternatif untuk mentega yang terbuat dari lemak nabati seperti minyak kelapa yang biasa disebut margarin.

3. Es krim


Es krim

Es krim adalah makanan favorit hampir semua orang ,terutama anak-anak.
Sayangnya es krim umumnya terbuat dari campuran krim yang merupakan produk susu sapi di campur pemanis makanan . Karena itu ,sebaiknya di hindari anak dengan alergi susu sapi dan intoleransi laktosa.

4. Keju


Keju

Keju merupakan produk fermentasi susu,dihasilkan dengan cara memisahkan zat padat dalam susu menggunakan bantuan enzim atau bakteri. Ada banyak jenis keju dan setiap jenisnya dibuat dari jenis susu berbeda,dengan proses pembuatan yang berbeda pula.

5. Krim

Krim susu adalah lemak susu yang berada di lapisan atas setelah susu di endapkan.
Cara mendapatkan krim susu adalah dengan mengendapkan susu di suhu dingin selama beberapa hari.
Setelah itu krim di olah menjadi produk krim yang umumnya tersedia dalam bentuk cair,bubuk,atau krim kental siap pakai. Semua jenis krim ,termasuk sour cream,termasuk olahan susu yang harus dihindari penderita alergi susu sapi dan intoleransi laktosa.

6. Custard


Custard


Custard adalah bahan makanan yang di buat dari krim atau susu,dicampur kuning telur sehingga membentuk konsistensi lebih kental. Custard juga dikenal dengan sebutan vla yang sering di jadikan sebagai pelengkap puding.

Untuk mengetahui suatu produk makanan olahan terbuat dari susu dan turunannya atau tidak yaitu dengan cara membaca komposisinya. Jika tidak ingin membeli makanan  atau produk susu karena alergi atau sejenisnya bisa memilih produk dengan label non dairy. Karena arti dari non dairy sendiri adalah produk tanpa tambahan susu. 





Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan