Khasiat madu untuk kesehatan tubuh

Madu adalah cairan kental berwarna kuning kecoklatan yang dihasilkan oleh tawon atau serangga dari nektar bunga.
Madu memiliki ciri-ciri manis rasanya,hampir mirip dengan gula.
Rasa manis pada madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa.


Madu murni
Contoh gambar madu murni

Madu sendiri ada dua macam yaitu madu murni (madu asli yang dihasilkan oleh lebah tanpa ada bahan lain sebagai campuran) dan madu rasa atau madu campuran (madu murni yang telah di campur berbagai rasa seperti mint, dan lain-lain).
Madu murni memiliki warna dan aroma yang berbeda-beda tergantung dari nektar yang di ambil oleh lebah.

Madu sudah dari dulu di gunakan oleh manusia sebagai obat tradisional menyembuhkan berbagai penyakit dan untuk tambahan pemanis makanan .
Kandungan yang terdapat pada madu sudah tidak di ragukan lagi,memang sangatlah bermanfaat bagi tubuh seperti banyaknya vitamin C,kalsium,magnesium,zink dan masih banyak lagi.

Seperti berikut ini manfaat madu untuk kesehatan tubuh antara lain,

1.Meningkatkan metabolisme tubuh

Karena banyak mengandung nutrisi inilah maka dengan mengkonsumsi madu dengan sendiri metabolisme dalam tubuh akan meningkat.Oleh karenanya coba konsumsi madu secara rutin minimal 2 sendok makan setiap hari,dan rasakan perbedaanya pada tubuh anda.

2.Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian di school of medicine,cardiff university,inggris
telah menemukan jenis madu manuka dari Australia yang berfungsi merangsang produksi sel-sel kekebalan tubuh.
Untuk cara konsumsi madu minimal cukup lakukan rutin setiap harinya 2 sendok makan setelah makan.

3.Probiotik

Beberapa varietas madu memiliki sejumlah besar bakteri yang ramah termasuk hingga 6 spesialis lactobacili dan 4 spesies bifidobacteria.Ini mungkin menjelaskan banyak dari " sifat-sifat terapeutik misterius dari madu".

4.Mencegah resiko terkena penyakit jantung dan kanker

Madu mengandung flavonoid,antioksidan yang membantu mengurangi resiko beberapa penyakit jantung dan kanker.

5.Mengurangi terjadinya bisul dan gangguan gastrointestinal lainnya.

Perawatan dengan madu dapat membantu gangguan seperti bisul dan gastroenteritis, hal ini telah terbukti setelah dilakukan penelitian terbaru.
Oleh karena itu coba konsumsi madu secara rutin.

6.Bermanfaat untuk meningkatkan kinerja atletik


Madu memang mempunyai banyak manfaat terutama jika anda seorang atletik.Anda bisa konsumsi madu untuk meningkatkan otot dan tenaga anda.
Madu sekarang ini telah di verifikasi dengan studi modern,menunjukkan bahwa madu lebih unggul dalam menjaga kadar glikogen dan meningkatkan waktu pemulihan dan pemanis lainnya.

7.Pengaturan gula darah

Meskipun madu bersifat manis,akan tetapi manis yang dihasilkan madu berbeda dengan gula putih atau yang lainnya.
Tubuh dalam  mengatur kadar gula darah akan terbantu dengan adanya kombinasi yang tepat antara fruktosa dan glukosa.
Banyak dari jenis madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak mempengaruhi kadar gula darah anda.

8.Menyembuhkan luka dan luka bakar

Jika saat ini anda sedang mengalami luka bakar ataupun luka biasa di luar tubuh. Anda dapat mengambil madu sebagai perawatan konvensional dengan sulfadiazin perak. 
Diperkirakan bahwa sifat antibakteri madu dan efek pengeringan gula sederhana bergabung untuk menciptakan efek ini. Study telah menunjukkan itu sangat berhasil dalam penyembuhan luka.

9. Mengurangi iritasi batuk dan tenggorokan


Madu mengurangi iritasi batuk


Madu soda dipercaya dapat mengatasi batuk.
Telah dilakukan penelitian terhadap 105 anak-anak, satu dosis dextromethorpha sama efektifnya dengan satu dosis madu soda dalam menyembuhkan batuk pada malam hari dan membuat tidur lebih nyenyak.

10. Mengatasi stress

Rasa madu yang manis alami dan aromanya yang khas menjadikan  madu sangat baik sebagai penghilang stress sehingga perasaan lebih tenang dan bahagia. Seperti yang diketahui stress merupakan salah satu penyebab timbulnya kerontokan rambut sehingga dengan konsumsi madu perasaan akan menjadi lebih tenang dan rambutpun terhindar dari kerontokan. Stress juga dapat di atasi dengan berekreasi dan mencari hiburan di luar sana.

11. Madu menyeimbangkan 5 elemen

Telah digunakan dalam pengobatan ayurvedic di india selama setidaknya 4000 tahun dan dianggap mempengaruhi ketiga ketidakseimbangan material primitif tubuh secara positif. 
Madu dikatakan efektif dalam meningkatkan penglihatan,penurunan berat badan ,menyembuhkan impotensi,gangguan saluran kemih, ejakulasi dini,asma bronkial,diare dan mual.

Karena memiliki kualitas menembus jaringan terdalam dari tubuh, madu disebut juga dengan yogahavi
Ketika madu di gunakan sebagai campuran herbal lainnya,madu meningkatkan kualitas obat dari sediaan tersebut dan juga berfungsi untuk menjangkau jaringan yang lebih dalam dalam pengobatan.

12.Membunuh bakteri dalam tubuh

Manfaat madu yang lainnya untuk tubuh adalah dapat membunuh bakteri yang dapat menyerang tubuh dan membuat tubuh sakit seperti,bakteri E.coli,salmonella,methicillin-resistant staphylococcus aureus dan pseudomonas aeruginosa.

13.Meningkatkan daya ingat

Untuk anak-anak terutama yang sedang belajar menghafal mata pelajaran,agar cepat ingat dalam hal ini bisa menggunakan madu.Madu bisa di konsumsi secara rutin untuk meningkatkan daya ingat mereka ,agar di kemudian hari ketika menjelang masa senja,daya ingat mereka tidak menurun drastis.Anda dan anak-anak anda bisa minum madu 20 g setiap hari.

Manfaat madu untuk perawatan bibir


Madu digunakan untuk perawatan bibir


1.Madu bermanfaat untuk menyamarkan garis lipatan bibir

Coba lihat bibir anda apakah ada lipatan-lipatan gitu?jika ada maka akan tampil tidak menarik bukan? Apalagi saat memakai lipstik,pasti jadi tidak merata nanti warnanya.
Akan tetapi anda tidak perlu khawatir,madu bisa membantu mengatasi masalah yang anda alami.
Cukup gunakan masker madu secara rutin atau menjelang waktu tidur,dan lihat hasilnya setelah pagi harinya,maka garis lipatan di bibir anda perlahan akan memudar dan hilang. Kemudian bibir anda akan tampak lebih sehat dan menarik.

2.Madu bermanfaat sebagai anti bakteri pada bibir

Manfaat pada madu juga bisa dipakai sebagai alat untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada bibir. Bakteri pada bibir bisa di sebabkan dari makanan yang anda makan. Jika makanan yang anda konsumsi mengandung bakteri,bisa saja bakteri tersebut menempel pada bibir anda.Anda bisa menggunakan madu untuk menghilangkan bakteri tersebut,cukup oleskan secara merata dan rutin pada bibir anda,dan rasakan hasilnya.

3.Membuat warna bibir terlihat merah merona

Jika anda sedang mencari cara untuk memerahkan bibir tanpa lipstik dan tanpa efek samping juga tidak terlalu mahal,anda bisa menggunakan madu murni.
Caranya anda bisa melakukan scrub pada bibir menggunakan madu dan gula pasir.Cukup campur madu dan gula pasir lalu oleskan ke bibir,atau bisa juga oleskan madu ke bibir terlebih dahulu lalu kemudian tempelkan gula pasir lembut pada bibir,,tunggu sampai agak kering kemudia bilas.
Lakukan secara rutin.
Dengan cara ini selain bisa membuat bibir merah alami juga bisa membuat bibir anda lembab dan kenyal.

Baca juga: Hanya dengan bahan alami berikut ini,bibir kalian akan tampak merah merona

Manfaat madu untuk kecantikan wajah

  • Melembabkan kulit wajah.Jika anda pemilik kulit kering anda bisa memanfaatkan madu sebagai perawatan wajah agar tampak lebih lembab,kenyal dan terlihat cantik alami.
  • Mengatasi jerawat.Madu mampu meredakan peradangan dan pembengkakan pada jerawat. Masker madu bisa meredakan jerawat dalam waktu satu malam saja.
  • Mengatasi infeksi jamur. Madu dipercaya dapat mengatasi infeksi jamur pada kulit. Infeksi jamur seperti kurap dapat juga terdapat di wajah,anda bisa menghilangkan kurap di wajah dengan madu murni. Caranya cukup oleskan madu murni sebanyak dua kali sehari di bagian kulit yang terkena kurap.
  • Mengecilkan pori-pori wajah. Madu memiliki banyak sekali enzim yang mampu membersihkan kulit hingga ke pori-pori sehingga pori-poripun akan tampak memgecil.
  • Menyamarkan noda bekas jerawat
  • Mencegah kulit kriput dan penuaan dini
Banyak sekali manfaat madu untuk perawatan kecantikan wajah anda dan aman tentunya,tanpa efek samping juga.
Cukup gunakan madu sebagai masker wajah,dan gunakan secara rutin.Kemudian lihat hasilnya.

Manfaat madu untuk perawatan rambut


Madu untuk perawan rambut


Madu juga sangat bermanfaat untuk merawat rambut anda agar nampak sehat dan berkilau. Maka tak heran jika produsen shampo kini banyak yang menambahkan madu sebagai campuran bahan pembuatan shampoo,mengingat banyaknya khasiat madu untuk kesehatan rambut kita. Berikut manfaat madu untuk rambut yaitu:

1.Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok memang bukan masalah serius untuk ditanggapi. Akan tetapi rambut rontok dalam jumlah yang banyak itu menandakan bahwa tingkat kesehatan rambut anda berkurang. Banyak sekali penyebab rambut rontok seperti sering mencatok rambut dan lain-lain.

Untuk mengatasi rambut rontok,anda bisa mengambil madu sebagai solusi pengobatan rambut rontok.
Cukup oleskasn madu ke rambut sampai dengan akarnya ,lalu pijat perlahan dan bilas dengan air. Kemudian gunakan shampoo untuk membersihkan ketombe yang menyebabkan rambut rontok.

2.Melembabkan rambut

Kandungan lilin alami pada madu bermanfaat untuk melembabkan rambut sehingga rambut anda terhindar dari kekeringan yang berujung pada kerontokan. Dengan pemakaian rambut secara teratur maka rambut anda akan tak sehat berkilau.

3.Membantu pertumbuhan rambut

Selain anti oksidan yang terkandung di dalam madu, juga terdapat emolien yang sangat baik untuk kesehatan folikel rambut.
Pakailah madu secara teratur,agar rambut senantiasa sehat dan terhindar dari kerontokan.

4. Mencegah timbulnya psoriasis pada kulit kepala

Penggunaan madu yang memilliki sifat antibakteri dan antiseptik pada kulit kepala dapat mencegah timbulnya psoriasis atau peradangan menahan pada kulit kepala sehingga timbul ruam,pengelupasan ,serta terasa kering dan bersisik.
Terdapatnya psoriasis ini membuat penderitanya sering menggaruk kulit kepala sehingga menyebabkan rambut menjadi rontok.

5.Melembabkan kulit kepala

Madu dapat dijadikan sebagai penjaga kelembaban alami, olehkarenanya madu juga dikenal sebagai humectant.
Dengan cara rutin mengaplikasikan madu pada kulit kepala dapat membantu menjaga kelembaban kulit kepala sehingga dan terhindar dari kerontokan dan folikel rambut menjadi lebih kuat.

6.Antiseptik alami

Selain memiliki sifat antibakteri madu juga bersifat antiseptik sehingga dapat di manfaatkan untuk membasmi berbagai mikroorganisme yang menyerang rambut dan kulit kepala yang menjadi penyeban timbulnya kerontokan.

7. Menstimulasi folikel yang tidak aktif

Sebagai tempat tumbuhnya rambut, tidak semua folikel bekerja secara aktif.
Terdapat juga folikel-folikel yang sudah terhenti atau tidak aktif lagi sehingga  timbul kebotakan karena rambut tidak bisa tumbuh. Gunakan madu secara rutin  ,maka masalah folikel rambut bisa teratasi.

Begitu banyaknya manfaat madu untuk tubuh kita.Jika sudah tahu,tidak ada salahnya untuk mencoba khasiat madu murni tersebut,dan rasakan sendiri hasilnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan