Skip to main content

Ketahui ini bahaya rokok untuk kesehatan wanita

Merokok sama saja memasukkan racun ke dalam tubuh dengan sengaja.Dan akan menimbulkan dampak penyakit yang serius jika dilakukan secara terus-menerus ,baik perokok aktif maupun pasif sama-sama akan menerima dampak dari rokok tersebut.Umumnya merokok dilakukan oleh kebanyakan laki-laki, akan tetapi untuk saat ini sudah banyak juga wanita atau peremouan yang merokok tanpa menghiraukan dampakny atau efek yang dutimbulkan bagi kesehatan tubuh.Banyak sekali kandungan zat yang berbahaya di dalam rokok seperti Nikotin dan lain-lain yang jelas-jelas membahayakan tubuh.

Iustrasi wanita perokok

Baik laki-laki atau wanita sama-sama mempunyai resiko jika merokok.Akan tetapi resiko wanita perokok lebih besar ketimbang laki-laki sebenarnya.

Seperti berikut ini simak baik-baik bahaya merokok untuk wanita.

1.Menyababkan kanker serviks

Resiko menyebabkan kanker serviks bagi wanita perokok lebih besar ketimbang wanita yang tidak merokok.Meskipun penyebab kanker serviks sangatlah banyak akan tetapi merokok juga mempunyai faktor dalam penyeban kanker serviks tersebut.
Sebagian ahli kedokteran berpendapat bahwa zat racun dalam asap rokok bisa mencapai leher rahim.Ini bisa menyebabkan resiko infeksi HPV(human papilloma virus)jenis serotipe tertentu yang bisa memicu pembentukan sel kanker.

2.Gangguan menstruasi

Hal ini banyak terjadi pada kaum wanita yang masih subur.Kebiasaan merokok juga bisa meningkatkan kemungkinan terganggunya periode menstruasi ,terjadinya pendarahan yang berlebihan,juga keputihan.Ini semua bisa terjadi karena racun pada rokok mempengaruhi ovarium atau indung telur dan menyebabkan rendahnya kadar hormon estrogen.

3.Kanker paru-paru

Sebenarnya laki-lakipun juga bisa terkena kanker paru-paru akibat dampak merokok.
Namun akhir-akhir ini angka kejadian kanker paru-paru pada perempuan yang menunjukkan tren kenaikan.Diyakini kuat,ini terjadi karena kebiasaan merokok.

4.Gangguan Kesuburan

Kesuburan(fertilitas)sangatlah penting.Karena dengan kesuburan inilah wanita akan mendapatkan keturunan nantinya.Akan tetapi kesuburan pada tubuh wanita yang merokok dapat berkurang sehingga mencapai 72 persen,sehingga wanita yang merokok mempunyai kemungkinan lebih besar untuk infertil atau istilah awamnya kemandulan.

Oleh karena itu wanita perokok akan sulit memperoleh keturunan.Rangsangan pada rokok akan mengganggu pergerakan sperma maupun sel telur dalam rahim sehingga sulit terjadi pembuhan,Serta dapat menyebabkan ovarium pada wanita menua,produksi estrogen rusak,DNA telur rusak dan lain sebaginya yang bisa menyebabkan mandul atau sulit mendapatkan keturunan.
Oleh karena itu untuk kaum wanita sebaiknya hindari merokok,jika kalian sedang menjalani program kehamilan agar secepatnya berhasil program tersebut.

5.Mempunyai resiko keguguran

Resiko memiliki keguguran lebih besar terjadi pada wanita perokok,hal ini karena meningkatnya kelainan letak plasenta dan meningkatnya terjadinya resiko ketuban pecah.Semakin banyak rokok yang dihisap oleh wanita perokok,maka semakin besar pula terjadinya resiko keguguran.maka keselamatan ibu dan janin dipertaruhkan.

6.Kanker payudara

Banyak kanker yang disebabkan oleh kebiasaan merokok ini.Namun penyebab kanker payudara akibat merokok ini masih menjadi perdebatan di kalangan ahli kanker.Tetapi tetap terbukti bahwa pabrik kimia mini(rokok) ini mengandung zat yang dapat memicu terbentuknya sel-sel kanker payudara.Serta kandungan dalam rokok membuat tubuh tidak dapat melawan sel kanker secara efektif.

Analisis oleh jurnal national cancer institute,menyatakan bahwa perokok memiliki resiko 24 persen lebih tinggi mengalami kanker payudara. 

7.Kanker rongga mulut,tekak dan kerongkongan

Ketiga organ ini adalah bagian yang langsung terpapar asap rokok sebelum mencapai paru-paru.Tekak merupakan bagian belakang langit-langit mulut.
Rangsangan kronis asap rokok pada organ-organ ini pun dapat memicu pembentukan sel-sel kanker.

8.Gangguan kehamilan

Didalam bungkus rokok pun telah disebutkan bahwa merokok dapat menyebabkan gangguan kehamilan dan janin.
Pada kenyataanya memang benar adanya,perempuan yang sedang hamil,zat-zat racun asap rokok juga bisa menyebabkan gangguan pertumbuhan ari-ari.Karena ari-ari ini menghubungkan ibu dengan janinnya,maka gangguan pertumbuhanya bisa menyebabkan kelahiran prematur dan berat badan rendah saat bayi lahir.

9.Meningkatkan resiko katarak

Katarak adalah salah satu penyakit di mana lensa mata menjadi berkabut.
Penelitian menunjukkan seseorang yang pernah merokok memiliki peningkatan resiko terkena penyakit katarak ketimbang yang belum pernah merokok.Bahkan resiko katarak juga bisa di alami oleh perokok pasif sekalipun.
Katarak memang umum terjadi pada orang yang berusia lanjut,yang di sebabkan oleh age-related macular degenertion(AMD) pada bagian tengah retina.Penelitian menunjukkan,perokok mengalami peningkatan resiko AMD di bandingkan dengan orang yang tidak pernah merokok sama sekali.



10.Meningkatkan resiko depresi

Nikotin yang terkandung di dalam rokok memang dapat memberikan efek yang menenangkan bagi penggunannya,namun berdasarkan penelitian mengungkapkan bahwa ketergantungan nikotin dapat menyebabkan depresi.Ada bukti peningkatan gejala depresi yang konsisten antara efek dari merokok dan depresi.
Menurut profesor David fergusson yang dikutip situs psychcentral,meskipun bukti tersebut masih belum jelas ada kemungkinan nikotin dapat menyebabkan perubahan aktivitas neurotransmitter di otak,sehingga terjadi peningkatan resiko depresi.

11.Terdapat bisul dalam perut

Meknisme perlindungan tubub secara almi dapat terganggu oleh zat-zat yang terkandung pada rokok,termasuk mengganggu asam lambung.Menurut Michel Brown,MD, prof kedokteran di Rush University Medical center,Chicago merokok dapat mengganggu  saluran pencernaan,secara tidak langsung berkontribusi menyebabkan maag dan meningkatkan refluks asam lambung dengan cara melemahkan otot sphincter-yang berfungsi untuk mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.
Jika terjadi seperti ini biasanya akan terjadi pertumbuhan bisul di dalam perut.

12.Siklus haid menjadi tidak teratur

Wanita yang merokok dapat beresiko mengalami infertilisasi alias tidak subur.Hal ini di mulai dari siklus haid wanita yang merokok mengalami tidak keteraturan dan timbulnya infertilisasi tersebut.Selain siklus haid yang tidak teratur merokok juga bisa menyebabkan dismenore atau nyeri yang tak tertahankan saat menstruasi. Dan yang paling mengerikan adalah wanita yang merokok bisa beresiko mengalami menopause lebih dini,yaitu satu hingga dua tahun lebih awal dari pada wanita lain yang tidak merokok.

13.Kanker usus besar

Berdasarkan studi Cancer Epidemologi,Biomarkers dan prevention, wanita perokok 19 persen lebih besar mengalami penyakit kanker usus besar dan 2 kali lebih tinggi dari pada pria perokok( umumnya 8 persen lebih besar mengalami kanker usus besar).

Itu tadi dampak yang di alami oleh wanita yang merokok,alangkah baiknya jika hindari rokok untuk membuat badan lebih sehat terutama untuk kaum wanita.
Semoga bermanfaat.



Popular posts from this blog

Cara menghilangkan jerawat batu dan wajah kembali mulus

Nggak perlu mahal buat ngilangin jerawat batu kamu,cukup menggunakan bahan ini dijamin jerawat batu kamu hilang dan wajah kembali mulus.
Cara menghilangkan jerawat batu di wajah maupun di bagian tubuh manapun sangatlah mudah sekali,bahkan tanpa mengeluarkan biaya mahal,dan dapat dilakukan kapan saja.
Cara ini alamai tanpa efek samping,bahkan untuk jangka panjang sekalipun.
Oke inilah bahan yg digunakan.

1.menggunakan cuka sari apel.



Yap,cuka sari apel memang dikenal sangat ampuh sebagai alternatif menghilangkan jerawat batu beserta bekasnya,karena cuka apel dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat,bahkan sampai bekasnya pun bisa hilang tanpa meninggalkan bekas.

Caranya cukup mudah yaitu:

Bersihkan dulu wajah dengan air bersih dan cukup campur cuka apel dengan air bersih,dengan takaran 1 banding 3.Artinya misal satu sendok cuka apel dicampur dengan air putih 3 sendok, dan kelipatanya.Selanjutnya usapakan air campuran tadi ke wajah menggunakan kapas, cukup sedikit-sedikit dulu mer…

Arti tindihan menurut dunia medis, penyebab dan hal supaya tidak terjadi tindihan

Mitos yang masih di percaya masyarakat indonesia sampai hari ini salah satunya adalah tindihan saat tidur.
Masyarakat mempercayai penyebab tindihan ada kaitanya dengan makhluk halus,hal itu dikarenakan ketika seseorang sedang tidur kemudian ada sesosok makhluk halus yang sedang duduk atau ikut tidur tepat di atas badan orang tersebut, sehingga menimbulkan sulit bernafas,sulit bergerak yang kemudian di susul munculnya sosok bayangan tinggi besar di depan mata mereka.
Masyarakat mengira sosok bayangan tinggi besar itu adalah makhluk halus penyebab tindihan pada mereka, sehingga mereka mengaitkannya dengan hal mistis.
Padahal menurut dunia medis tidak demikian.

Apa arti tindihan menurut medis?

Menurut medis, suatu kondisi dimana seseorang yang sadar saat tidur tetapi tidak dapat bangun untuk menggerakkan badan ataupun berbicara yang biasanya disertai dengan halusinasi atau masyarakat sering menyebutnya dengan tindihan, menurut medis keadaan ini di sebut dengan sleep paralysis atau kelumpuhan …

Masih sering tidur di pagi hari??waspada bahaya ini mengintai kamu

Yah tidur memang sangat menyenangkan bagi seseorang untuk melampiskan rasa capek atau rasa kantuk yang sedang menghampirinya. Apalagi jika tidur di situasi yang sunyi dengan bantal dan kasur yang nyaman, empuk,wah pastinya sangat enak sekali ya,,,.sedangkan tidur sendiri memiliki waktu normal berkisar antara 7-9 jam,tapi ada juga cukup 6 jam sudah puas, itu tergantung masing-masing orang. Karena kan setiap orang beda-beda.
Waktu tidur yang nyenyak pun dilakukan di malam hari  yaitu dimulai sekitar pukul 21.00 dan bangun pukul 04.00/05.00.Tapi bagai mana jika aktifitas tidur itu dilakukan di pagi saat matahari mulai terbit?? Apakah masih nyaman dan aman dilakukan??Banyak masyarakat indonesia masih melakukan aktifitas tidur di pagi hari dengan berbagai alasan seperti terlalu banyak begadang di malam hari,sehingga mereka menggantinya di waktu pagi hari saat matahari mulai terbit.
Dan terutama yang pekerja sift malam,kebanyakan pasti akan tidur di pagi hari yaitu setelah pulang kerja karena …