Jenis-jenis dan kegunaan minyak zaitun untuk kesehatan tubuh

Minyak zaitun atau dalam bahasa inggris disebut juga minyak olive yang di dapat dari buah zaitun(olea europaea),pohon tradisional dari basin mediterania dan timur tengah.
Minyak zaitun adalah minyak yang dihasilkan dari buah tanaman zaitun setelah melalui proses ekstasi. Proses ekstasi tersebut dilakukan dengan menggunakan alat press atau menggunakan tekhnik centrifugation.

Hasilnya terciptalah berbagai jenis minyak zatun.Setiap jenis minyak zaitun di olah dengan cara yang berbeda-beda satu sama lain,namun secara fungsi kegunaan minyak zaitun relatif sama.

Apa saja sih jenis-jenis minyak zaitun? Dan apa saja kegunaan minyak zaitun?

Minyak zaitun terbagi ke dalam beberapa jenis,tergantung dari metode atau cara pengolahanya.Berikut ini akan di bahas satu persatu jenis-jenis minyak zaitun dan segudang manfaatnya bagi kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui.

1.Extra virgin olive oil

extra virgin olive oil,jenis minyak zaitun yang satu ini dihasilkan dari proses ekstrak atau pemerasan pertama melaui proses cold press.
Lalu buah zaitun tidak melalui proses pemanasan seperti di celup ke dalam air panas dan dalam proses pembuatan extra virgin olive oil tidak ada campuran bahan-bahan kimia lainya yang ditambahkan sebagai campuran,jadi minyak yang dihasilkan benar-benar 100 persen murni.

Extra virgin olive oil di jual di pasaran dengan harga yang cukup mahal,hal ini dikarenakan buah zaitun yang di ol
ah untuk membuat minyak zaitun memiliki kualitas paling tinggi.
Selain itu kandungan vitamin dan nutrisi pada minyak yang memiliki warna kehijauan ini juga lebih tinggi di bandingkan jenis minyak zaitun lainnya.


Minyak zaitun kehijauan


Extra virgin olive oil memiliki kadar keasaman hanya 0,8 persen,sehingga tidak cocok digunakan untuk menggoreng atau menumis karena titik didihnya sangat rendah.
Namun anda dapat mengkonsumsi extra virgin olive oil ini dengan cara meminumnya secara langsung,contoh diminum dua sendok makan setiap hari.

Selain di minum anda dapat juga menggunakan extra virgin olive oil ini untuk perawatan wajah atau kulit.
Mengingat kemurnian yang dimiliki extra virgin olive oil dan tidak ada tambahan bahan kimia lainya,jadi sangat cocok jika anda ingin menggunakanya untuk memerahkan warna alami bibir atau untuk menghilangkan jerawat.

2.Virgin olive oil

Virgin olive oil hampir sama dengan extra virgin olive oil.Perbedaanya ada pada proses pengolahanya,minyak ini dihasilkan melalui proses cold press atau perasan dingin namun dari ektrak perasan ke dua dan melalui tahap pemanasan untuk proses selanjutnya.

Virgin olive oil memiliki kadar keasaman yang tergolong tinggi jadi sangat cocok digunakan untuk dressing salad atau steak.
Minyak zaitun untuk salad



3.Fino olive oil

Minyak zaitun jenis fino olive oil ini dihasilkan dari campuran antara ekstra virgin olive oil dan virgin olive oil.

4.Minyak zaitun asli( pure olive oil)

Minyak zaitun ini berwarna kuning keemasan dan dihasilkan dari proses penyulingan.Minyak yang dihasilkan juga benar-benar murni tanpa bahan tambahan lainya dan secara harga minyak ini lebih ekonomis ketimbang minyak zaitun jenis lainnya.

Akan tetapi kandungan nutrisi yang di hasilkan minyak ini tergolong rendah jika di bandingan dengan jenis yang lainnya,oleh karena itu pure olive oil ini biasa di gunakan sebagai bumbu masak atau penguat rasa pada masakan dan menumis.

5.Extra light olive oil

Minyak zaitun extra light olive oil ini merupakan hasil pemurnian dari perasaan minyak zaitun yang memiliki kadar ekstrak buah zaitun yang lebih rendah ketimbang jenis minyak lainnya.
Warna minyak ini kuning bening dengan memiliki rasa dan aroma yang paling lembut diantara yang lain.Harga untuk pembelian extra light olive oil juga cukup murah.

Ekstra light olive oil ini biasa di gunakan untuk menggantikan minyak nabati karena lebih menyehatkan,dan biasa juga digunakan untuk menggoreng ,memanggang atau menumis dalam suhu 220 derajat celcius.


Minyak zaitun untuk menggoreng


6.Light olive oil

Masih seperti ekstra ligt olive oil yaitu jenis minyak yang dihasilkan dari pemurnian ektrak minyak zaitun yang berkualitas rendah,akan tetapi kadar yang di hasilkan light olive oil ini lebih di atasnya ekstra light olive oil walaupun sama -sama dihasilkan dari ekstra buah zaitun yang rendah. 
Untuk masalah harga pada light olive oil juga terbilang murah.

Aroma minyak yang dihasilkan juga lembut,itu sebabnya terdapat label 'light' atau ringan.
Warna minyak ini bening karena kandungan ektrak di dalamnya yang sedikit.Biasanya light olive oil digunakan untuk menggoreng atau memasak.

7.Classio olive oil

Classio olive oil memiliki warna kekuningan cenderung pekat.
Minyak ini memiliki rasa yang lembut dan netral sehingga cocok dikonsumsi oleh mereka yang tengah melakukan diet atau menurunkan berat badan.

Classio olive oil biasa digunakan untuk kegiatan memasak seperti menggoreng,memanggang, dan menumis  dalam suhu maksimal  200 derajat celcius.

8.Pomace olive oil

Minyak yang satu ini agak berbeda dari jenis yang lainnya,pomace olive oil tercipta dari ampas(residu)minyak zaitun yang telah mengalami ektrasi.
Jadi saat buah zaitun di ektrasi kemudian menghasilkan minyak zaitun,ampas sisanya pun dapat menghasilkan varian minyak zaitun lainnya zaitu pomace olive oil.

Untuk memperkuat aroma, minyak zaitun pomace ini kemudian diproses dengan campuran sejumlah bahan kimia,lalu ditambahkan virgin olive oil.
Pomace olive oil ini biasa di gunakan sebagai campuran bahan kosmetik seperti sampoo, sabun mandi dan lain-lain.
9.Refined olive oil

Refined olive oil dihasilkan dari ekstraksi buah zaitun perasan pertama.
Pada proses tersebut masih menghasilkan minyak yang berkualitas rendah dan sayang jika di buang.
Jadi untuk mensiasatinya produsen menambahkan zat kimia dan minyak zaitun asli atau murni untuk meningkatkan kualitas minyak tersebut.
Setelah mencampurkan semuanya maka terciptalah produk minyak zaitun yang dinamakan dengan refined olive oil ini.

Manfaat minyak zaitun yaitu:

Minyak zaitun memiliki berbagai jenis dan manfaatnya.
Jika digunakan untuk memasak minyak zaitun lebih sehat ketimbang minyak yang berasal dari kelapa sawit ,hal ini disebabkan kandungan yang terdapat seperti nutrisi omega 9 yang kadarnya mencapai 80 persen.
Juga minyak zaitun diperkaya asam lemak tak jenuh bernama mono unsaturated fatty acid(MUFA) yang dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Akan tetapi perlu anda ketahui,jika minyak zaitun di gunakan untuk memasak seperti menggoreng,menumis atau memanggang ,ada baiknya jika anda tidak menggunakan api besar.
Hal ini di karenakan kandungan PUFA pada minyak zaitun membuat minyak ini tidak stabil ketika di panaskan menggunakan suhu yang amat tinggi.
Jika di paksakan,hal yang terjadi adalah kandungan zat tersebut akan rusak dan minyak malah berbalik menghasilkan kolesterol jahat(LDL) yang dapat memicu timbulnya penyakit seperti jantung,stroke dan lain-lain.

Selain di gunakan untuk memasak minyak zaitun juga baik untuk kesehatan tubuh lainya seperti perawatan rambut,bibir,wajah dan dapat dikonsumsi untuk mencegah resiko timbulnya berbagai macam penyakit.





Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan