Jenis -jenis bakteri dalam yogurt

Yogurt
Yogurt dengan tambahan irisan buah

Yogurt terbuat dari susu yang telah di fermentasi menggunakan bakteri-bakteri baik sehingga mempunyai tekstur yang berbeda dari susu. Dari rasa yogurt berasa lebih asam dan mempunyai tekstur padat tidak seperti susu.
Susu yang di gunakan pada yogurt bisa menggunakan susu sapi,kambing,susu kedelai atau dari kelapa juga bisa.

Yogurt memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh karena nutrisi yang terkandung di dalamnya begitu banyak seperti kalsium,fitamin C dan masih banyak lagi. Untuk yang sedang menjalani program diet,yogurt bisa di jadikan alternatif pengganti nasi agar tidak terlalu banyak ngemil,yogurt juga tidak mengandung lemak jadi sangat cocok sekali buat program diet. Anda bisa konsumsi yogurt secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. Selain untuk diet yogurt masih memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh.

Baca ini : Manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh.


Jika anda ingin membeli yogurt di toko-toko silahkan anda langsung menuju ke bagian lemari pendingin atau kulkas,karena untuk penyimpanan yogurt tidak di sembarang tempat. Yogurt harus di simpan pada tempat yang ber suhu ruangan sekitar 4 derajat celcius agar bakteri baik di dalam yogurt tidak mati. Jadi salah satu tempatnya yaitu di dalam lemari pendingin atau kulkas.

Atau jika anda menghendaki,yogurt juga bisa di buat sendiri di rumah dengan budjet minim tidak perlu mengeluarkan biaya mahal. Cara membuat yogurt sendiri di rumah pun caranya cukup mudah dan bisa menggunakan berbagai jenis susu,baik susu sapi atau yang lainnya.

Cara konsumsi yogurt bisa dengan cara :

  • Di jadikan camilan sehari-hari saat sedang santai atau nonton tv.
  • Minum yogurt drink setelah berolah raga, karena pada saat itu bisa untuk mengganjal perut yang masih kosong.
  • Untuk yang tidak mempunyai riwayat sakit maag, konsumsi yogurt di anjurkan sebelum makan karena pada saat itu asam lambung belum naik.
  • Setelah yogurt di keluarkan dari kulkas,sebaiknya langsung di makan dalam ke adaan masih dingin agar bakteri baik di dalamnya tidak mati.
  • Untuk menambahkan rasa nikmat tambahkan dengan irisan sedikit buah seperti strawberr,lecci atau yang lainnya.
Jenis-jenis bakteri baik yang terkandung pada yogurt yaitu :


Bakteri lactobacillus


1. Streptococcus Thermophilus

Bakteri streptococcus termasuk jenis bakteri yang paling sering di temukan dalam produk fermentasi susu. 
Selain untuk memproduksi yogurt,bakteri ini pun biasanya di gunakan untuk memproduksi keju,atau produk susu olahan lainnya.

Jenis bakteri yang satu ini memiliki nama yang unik, selain itu bakteri streptococcus ini bisa dibilang juga bakteri baik dan bahkan memiliki manfaat untuk meredakan gejala intoleransi laktosa, menurunkan asam lambung, mengatasi masalah pencernaan dan memberikan sejumlah manfaat sehat untuk kulit.

2. Lactobacillus Delbrueckii subspecies Bulgaricus

Lactobacillus Delbrueckii atau orang sering menyebutnya sebagai bakteri lactobacillus bulgaricus adalah jenis bakteri dalam yogurt yang berperan untuk memfermentasi laktosa sehingga bisa menghasilkan asam laktat.

Sehingga adanya bakteri lactobacillus bulgaricus inilah yogurt bisa menghasilkan aroma yang menyegarkan. Fungsi lainnya dari bakteri bulgaricus yaitu untuk memaksimalkan perkembangan bakteri baik lainnya, meningkatkan kekebalan tubuh, memecah laktosa, mengelola kadar kolesterol dan menghambat pertumbuhan mikroorganisme protogen yang berbahaya untuk tubuh.

3. Lactobacillus Acidophilus

Sebenarnya lactobacillus achidopilus merupakan bakteri baik yang secara alami hidup di mulut dan saluran pencernaan manusia. 
Pada saat proses pengolahan susu di industri pengolahan susu, bakteri lactobacillus acidophilus dimanfaatkan untuk memproduksi jenis yogurt acidophilus.

Bakteri acidophillus juga berperan menghasilkan aroma yang khas pada yogurt, selain itu bakteri acidiphilus juga berfungsi untuk mengurangi masalah bau mulut, mengatasi kerusakan di saluran cerna, mengatasi perut kembung, menjadikan usus senantiasa bersih dan menjaga kesehatan tubuh.

4. Bifidobacterium

Bakteri bifidobacterium termasuk salah satu jenis bakteri probiotik yang bersifat anaerob dan non-motil. Selain sering digunakan dalam pembuatan yogurt, bakteri ini biasanya di gunakan juga sebagai campuran makanan frozen dessert, susu bubuk dan buttermik.

Fungsi lainnya dari bakteri bifidobacterium yaitu untuk mengurangi efek samping dan kerusakan yang di sebabkan oleh antibiotik, melancarkan buang air besar, mengatasi masalah diare, mempertahanka keseimbangan ph di usus, dan menghambat pertumbuhan bakteri jahat dalam tubuh.

Yogurt memang memiliki banyak bakteri baik yang sangat bermanfaat untuk tubuh.
Selain terdapat bakteri di dalam yogurt, yogurt juga di kenal memiliki rasa yang asam. Karena rasanya yang asam tidak sedikit orang memiliki persepsi yang keliru dan menganggap yogurt merupakan susu basi atau kadaluarsa. Tanggapan ini tidaklah benar dan perlu untuk di luruskan.
Perlu di tekankan bahwa yogurt bukanlah susu basi. Karena yogurt di olah dari berbagai macam susu, dan yogurt yang anda beli di pasaran kebanyakan telah di tambah dengan varian rasa seperti rasa vanila, coklat, buah dan masih banyak lagi.

Lalu bagaimana mengenai rasa yogurt yang sangat asam itu? Kenapa bisa asam,tidak seperti susu pada umumnya? Dari mana rasa asam itu berasal?
Banyak yang belum tahu dari mana rasa asam yogurt berasal, begini penjelasanya.


Yogurt mempunyai rasa asam


Proses fermentasi laktosa atau gula susu oleh bakteri yang berlangsung merupakan proses anaerobik. 
Proses anaerobik merupakan proses yang terjadi tanpa adanya peran dari oksigen. 
Laktosa merupakan gula majemuk yang terdiri dari galaktosa dan glukosa. 
Selama proses berlangsung, enzim laktase dari bakteri akan memecah laktosa menjadi komponen yang lebih kecil.

Pengolahan lanjutan dari galaktosa dan glukosa memberikan hasil akhir yaitu asetaldehida dan asam laktat.
Ke-2 produk itulah yang dapat menurunkan ph susu sehingga menghasilkan rasa asam dan getir. 
Tingkat ph yang rendah turut mempengaruhi protein susu yang menyebabkan terjadinya pengentalan dan pengendapan. Inilah mengapa yogurt memiliki bentuk dadih padat dengan cita rasanya yang khas yaitu asam.

Selain bakteri yang di gunakan untuk pengasaman yogurt, ada juga cara lain untuk pengasaman susu segar, yaitu dengan menggunakan tumbuhan kefir.
Untuk tekhnik ini produk yang di hasilkan berupa susu alami lain yang populer disebut kefir.
Mengenai manfaatnya bisa di bilang kefir tidak jauh beda dengan yogurt. Karena itu ada pula yang menyebut kefir sebagai saudara kembar yogurt.

Sekarang anda sudah tahu bukan jenis-jenis bakteri dalam yogurt yang bermanfaat itu. Sudah tidak di ragukan lagi manfaat konsumsi yogurt, banyak sekali kandungan vitamin, kalsium, protein dan masih banyak lainnya yang bermanfaat bagi tubuh untuk kesehatan anda.
Semoga bermanfaat :)


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel