Skip to main content

Gejala kutu di rambut,penyebab dan cara mengatasi

Apa itu kutu rambut?

Kutu rambut adalah parasit yang hidup di kulit kepala dan mengakibatkan kulit kepala terasa gatal. Istilah medis untuk penyakit yang di sebabkan oleh kutu rambut ini adalah pediculosis capititis. Parasit yang satu ini menghisap darah dari kulit kepala dan dapat bertahan hidup selama beberapa minggu di kulit kepala. Kutu betina bahkan bisa bertelur lebih dari 100 telur dan akan memproduksi cairan lengket yang dapat membuat telur menempel pada batang rambut.

Saat kulit kepala seseorang terinfeksi kutu, biasanya akan di mulai dengan telur yang bersarang di rambut dan hanya di butuhkan waktu sekitar 9 hari hingga akhirnya kutu menetaskan diri. Umumnya kutu dewasa bertahan hidup selama tiga atau empat minggu.
Tumbuh kutu di rambut adalah hal umum terjadi, umumnya kutu lebih sering di temukan pada anak-anak. Hal ini karena anak-anak lebih sering kontak langsung dengan orang lain. Meskipun demikian, kondisi ini juga sebenarnya dapat terjadi pada usia berapa saja.

Bagaimana kita tahu jika ada kutu di rambut kita?

1. Gejala yang ditimbulkan akibat adanya kutu di rambut adalah rasa gatal di kulit kepala yang dapat menyebar hingga ke telinga dan leher. Rasa gatal ini timbul akibat reaksi kulit manusia terhadap tinja atau air liur kutu. Gatal akan lebih terasa pada malam hari, karena kutu lebih aktif dalam kondisi gelap. Akibatnya penderita menjadi sulit tidur.

2. Selain rasa gatal, penderita juga merasakan seperti ada sesuatu yang berjalan di batang rambut atau merayap di kulit kepala. Hal ini bisa di rasakan karena kutu dewasa yang berdiam di rambut kepala ini tampak seukuran biji wijen dan jika berjalan di batang rambut atau kulit kepala pasti akan sangat terasa.

3. Terlihat adanya telur kutu di batang rambut. Ketika kutu bersarang pada rambut, akan ada telur-telur di batang rambut. Namun ukurannya sangat kecil dan terkadang memiliki warna yang menyerupai rambut. Biasanya telur-telur ini di temukan di sekitar telinga dan di dekat leher.

4. Adanya benjolan merah kecil 
Jika kutu telah lama bersarang pada kulit kepala dan sering di garuk, maka akan menimbulkan adanya benjolan kecil berwarna merah. Jika hal ini di biarkan maka akan tetjadi iritasi pada kulit kepala.

Penyebab kutu di rambut

Dilansir dari Medical News Today, penyeba Kutu rambut sering muncul di kulit kepala karena menular melalui kontak langsung dengan kepala penderita kutu rambut.
Kutu rambut dapat berpindah dari satu orang ke orang lain dengan cara merayap. Karena jenis kutu ini bisa dengan cepat merayap dan berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Selain penularan langsung, kutu rambut juga bisa muncul melalui perantara seperti saat anda dan penderita bertukar sesuatu seperti menggunakan sisir bergantian, bertukar handphone, bertukar topi, bantal dan lain-lain.
Penularan juga bisa terjadi jika seseorang menyimpan benda-benda di tempat yang sama dengan pemilik kutu rambut. Misalnya meletakkan baju di lemari yang sama dan lain sebagainya.

Efek yang di timbulkan jika seseorang mempunyai kutu di rambut
  • Mengurangi rasa percaya diri. Hal ini karena jika terdapat kutu rambut, pasti penderita akan sering menggaruk-garuk kepala sehingga mengurangi rasa percaya diri penderita kutu rambut tersebut
  • Mengurangi kualitas tidur. Jika seseorang terdapat kutu di rambutnya, pasti orang tersebut tidak akan nyaman saat tidur. Hal ini karena kutu akan lebih aktif saat malam hari atau pada situasi yang gelap.
  • Menimbulkan iritasi di kepala. Gatal adanya kutu rambut pasti akan membuat penderita menggaruk kepalanya baik menggunakan jari tangan atau benda lain. Jika kulit kepala terlalu sering digaruk, terutama menggunakan tangan yang memiliki kuku panjang, maka kulit kepala menjadi lecet dan kuman akan lebih mudah masuk sehingga terjadi iritasi di kulit kepala.
  • Akan menular kepada orang lain yang berada dekat dengan penderita. Hal ini karena kutu dapat berpindah- pindah tempat dengan cara merayap.
  • Jika kutu rambut di biarkan terus pada kulit kepala maka kutu rambut pasti akan berkembang biak dan bertelur sehingga bisa sangat sulit untuk di hilangkan dan dapat menggangu aktifitas. 
Cara menghilangkan kutu di rambut

1. Cara yang pertama untuk menghilangkan kutu rambut adalah menggunakan sisir serit. 
Sisir ini sengaja di buat untuk menghilangkan kutu rambut dan ketombe. Sisir ini memiliki gigi yang rapat sehingga di pastikan saat menyisir menggunakan sisir ini semua kutu akan ikut terbawa sisir. Sehingga masalah kutu di rambut akan hilang. Sisir serit yang biasa di jual di pasaran memiliki bentuk persegi panjang dengan gigi yang rapat. 

Cara menggunakan sisir serit yaitu :
  • Pertama gunakan sisir biasa yang mempunya gigi renggang, lakukan seperti biasa menyisir rambut pada umumnya. Ini di tujukan untuk meluruskan rambut agar lebih mudah pada saat menggunakan sisir serit nantinya.
  • Ambil kertas putih atau bahan lain yang berwarna putih bersih. Ini di tujukan untuk memastikan bahwa kutu rambut ikut terbawa sisir saat di gunakan.
  • Tundukkan kepala di atas kertas tersebut, kemudian sisir rambut menggunakan sisir serit secara perlahan. Pasti akan terlihat kutu rambut yang terbawa oleh sisir di atas kertas tersebut.
  • Setiap menyisir dan mendapatkan kutu, lebih baik langsung mematikan kutu tersebut agar tidak menular kepada orang lain.
  • Pastikan menyisir menggunakan sisir serit ini secara merata pada semua rambut tersisir semua.
  • Setelah dirasa sudah bersih, pastikan juga bahwa tidak ada kutu yang masih hidup menempel pada serit atau baju, hal ini dilakukan untuk mencegah penularan.
  • Terakhir keramaslah menggunakan shampo anti ketombe, jangan lupa gunakan kondisioner.
Lakukan cara ini secara rutin hingga kulit kepala benar-benar bersih dari kutu dan kepala tidak terasa gatal lagi.

2. Menggunakan kapur khusus kutu rambut
Kapur ini di fungsikan khusus untuk menghilangkan kutu dirambut. Sudah banyak yang menjual kapur khusus kutu rambut ini di apotek atau toko obat terdekat. Untuk cara penggunaanya, bisa di lihat pada balik kemasan .
Namun cara ini diketahui cukup lumyan lama untuk menghilangkan kutu, jadi pastikan gunakan secara rutin agar kutu benar-benar bersih.

3. Menggunakan shampo khusus kutu rambut kepala
Shampo ini mengandung permethrin yang di formulasikan khusus untuk menghilangkan kutu rambut.
Untuk cara penggunaan shampo ini bisa di lihat pada bagian kemasan.

4. Menggunakan minyak esensial
Beberapa minyak esensial di percaya dapat membantu membunuh kutu rambut di kulit kepala. Beberapa minyak esensial yang bisa di gunakan seperti minyak eucalyptus, minyak cengkeh, minyak kenaga, minyak labender, minyak adas manis (anise oil) dan tea tree oil.

Cara pemakaiannya yaitu dengan keramas terlebih dahulu ,lalu oleskan minyak esensial pada sisir kemudian sisirlah rambut seperti biasa menyisir rambut.

Jika kutu tidak hilang dengan cara-cara di atas langsung konsultasikan masalah ini pada dokter kulit untuk penanganan lebih tepat.

Cara untuk mencegah supaya tidak ada kutu di rambut antara lain:
  • Hindari kontak langsung dengan penderita kutu di rambut.
  • Jangan biasakan tukar menukar benda seperti sisir, topi, handphone pada orang lain. Terutama pada orang yang mempunyai kutu di rambutnya.
  • Senantiasa menjaga kesehatan kulit kepala dengan cara menggunakan shampoo saat keramas.
Baca juga :


Popular posts from this blog

Cara menghilangkan jerawat batu dan wajah kembali mulus

Nggak perlu mahal buat ngilangin jerawat batu kamu,cukup menggunakan bahan ini dijamin jerawat batu kamu hilang dan wajah kembali mulus.
Cara menghilangkan jerawat batu di wajah maupun di bagian tubuh manapun sangatlah mudah sekali,bahkan tanpa mengeluarkan biaya mahal,dan dapat dilakukan kapan saja.
Cara ini alamai tanpa efek samping,bahkan untuk jangka panjang sekalipun.
Oke inilah bahan yg digunakan.

1.menggunakan cuka sari apel.



Yap,cuka sari apel memang dikenal sangat ampuh sebagai alternatif menghilangkan jerawat batu beserta bekasnya,karena cuka apel dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat,bahkan sampai bekasnya pun bisa hilang tanpa meninggalkan bekas.

Caranya cukup mudah yaitu:

Bersihkan dulu wajah dengan air bersih dan cukup campur cuka apel dengan air bersih,dengan takaran 1 banding 3.Artinya misal satu sendok cuka apel dicampur dengan air putih 3 sendok, dan kelipatanya.Selanjutnya usapakan air campuran tadi ke wajah menggunakan kapas, cukup sedikit-sedikit dulu mer…

Arti tindihan menurut dunia medis, penyebab dan hal supaya tidak terjadi tindihan

Mitos yang masih di percaya masyarakat indonesia sampai hari ini salah satunya adalah tindihan saat tidur.
Masyarakat mempercayai penyebab tindihan ada kaitanya dengan makhluk halus,hal itu dikarenakan ketika seseorang sedang tidur kemudian ada sesosok makhluk halus yang sedang duduk atau ikut tidur tepat di atas badan orang tersebut, sehingga menimbulkan sulit bernafas,sulit bergerak yang kemudian di susul munculnya sosok bayangan tinggi besar di depan mata mereka.
Masyarakat mengira sosok bayangan tinggi besar itu adalah makhluk halus penyebab tindihan pada mereka, sehingga mereka mengaitkannya dengan hal mistis.
Padahal menurut dunia medis tidak demikian.

Apa arti tindihan menurut medis?

Menurut medis, suatu kondisi dimana seseorang yang sadar saat tidur tetapi tidak dapat bangun untuk menggerakkan badan ataupun berbicara yang biasanya disertai dengan halusinasi atau masyarakat sering menyebutnya dengan tindihan, menurut medis keadaan ini di sebut dengan sleep paralysis atau kelumpuhan …

Masih sering tidur di pagi hari??waspada bahaya ini mengintai kamu

Yah tidur memang sangat menyenangkan bagi seseorang untuk melampiskan rasa capek atau rasa kantuk yang sedang menghampirinya. Apalagi jika tidur di situasi yang sunyi dengan bantal dan kasur yang nyaman, empuk,wah pastinya sangat enak sekali ya,,,.sedangkan tidur sendiri memiliki waktu normal berkisar antara 7-9 jam,tapi ada juga cukup 6 jam sudah puas, itu tergantung masing-masing orang. Karena kan setiap orang beda-beda.
Waktu tidur yang nyenyak pun dilakukan di malam hari  yaitu dimulai sekitar pukul 21.00 dan bangun pukul 04.00/05.00.Tapi bagai mana jika aktifitas tidur itu dilakukan di pagi saat matahari mulai terbit?? Apakah masih nyaman dan aman dilakukan??Banyak masyarakat indonesia masih melakukan aktifitas tidur di pagi hari dengan berbagai alasan seperti terlalu banyak begadang di malam hari,sehingga mereka menggantinya di waktu pagi hari saat matahari mulai terbit.
Dan terutama yang pekerja sift malam,kebanyakan pasti akan tidur di pagi hari yaitu setelah pulang kerja karena …