Skip to main content

Dampak asap rokok bagi kesehatan balita dan bayi

Merokok memang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit seperti jantung,kanker,depresi dan lain-lain.
Dampak yang terkena asap rokok bukan hanya perokok aktif saja,tetapi perokok pasif pun juga memiliki resiko terhadap asap rokok tersebut bahkan bisa memiliki dampak yang lebih buruk ketimbang perokok aktif.

Apa sih perokok aktif dan perokok pasif itu??

Perokok aktif adalah orang yang melakukan kegiatan merokok yaitu menghisap batang rokok tersebut,kemudian mengeluarkan asapnya melalui mulut atau hidung.
Sedangkan perokok aktif adalah orang lain yang tidak menghisap batang rokok,namun ikut menghirup asap yang di keluarkan dari perokok atif tersebut,atau orang yang berada di dekat orang yang sedang merokok kemudian ikut menghirup asap tersebut.

Tau kah anda,jika asap rokok yang dikeluarkan perokok ke udara itu terkandung sekitar 4000 bahan kimia.
Sebagian besar bahan kimia tersebut berbahaya,lebih dari 50 di antaranya terbukti menjadi penyebab kanker .
Sudah bisa anda bayangkan bukan,bagaimana jika setiap hari anda menghirup asap rokok tersebut,apa yang akan terjadi pada  kesehatan diri anda??
Apalagi jika asap rokok tersebut di hirup oleh anak-anak kecil dan bayi,mereka adalah golongan yang paling rentan jika terpapar asap rokok.

Rokok memiliki efektifitas yang sangat tinggi dalam menyebarkan bahan kimia beracun.Jika di hisap di dalam rumah,maka seluruh rumah akan anda akan penuh zat beracun seperti nikotin,karbonmonoksida,dan zat pemicu kanker (karsinogen).
Parahnya lagi,semua zat tersebut tidak hanya ada di lokasi anda merokok.Seluruh ruangan di dalam rumah termasuk kamar anak dan bayi beresiko tercemar oleh berbagai zat yang berbahaya bagi tubuh.
Selain jangkauan yang luas dan penyebaranya yang cepat,asap rokok juga dapat bertahan di udara dalam waktu yang lama.Asap rokok bisa bertahan di udara hingga 2-3jam,bahkan saat ventilasi rumah atau jendela terbuka.

Pengaruh asap rokok terhadap perkembangan bayi di dalam kandungan

Jika ibu dari sang bayi terpapar asap rokok saat hamil,bayi yang ada di dalam kandungan ibunya pun beresiko terpapar bahan kimia berbahaya tersebut.Tentunya hal ini akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius seperti:
  • Keguguran
  • Kelahiran prematur(lahir dengan pertumbuhan yang belum sempurna)
  • Berat badan lahir rendah
  • Gangguan kemampuan belajar
  • Sindrom kematian bayi mendadak(SIDS)

Oleh karena itu,jika para ibu sedang mengandung alangkah baiknya jika menghindari asap rokok guna kelahiran normal sang buah hati tercinta.

Selain terjadi gangguan saat di dalam kandungan dan kelahiran akibat dampak asap rokok,jika anak-anak/balita sering menghirup asap rokok juga akan lebih rentan terkena resiko penyakit berbahaya lainya,seperti berikut.

Bahaya asap rokok bagi kesehatan bayi/balita/anak-anak yaitu:
  • Bronkitis
  • Asma
  • Alergi
  • Iritasi mata
  • Pneumonia
  • Meningitis
  • Penurunan fungsi paru-paru
  • Infeksi telinga yang bisa berujung pada hilangnya kemampuan pendengaran
  • Batuk,pilek
  • Kerusakan gigi
Sebegitu bahayakah paparan asap rokok bagi anak-anak dan bayi anda?
Perlu diketahui bahwa kondisi tubuh bayi dan anak-anak masih mengalami tumbuh kembang.Jangan heran jika bayi rentan mengidap gangguan pernapasan dan batuk pilek.
Melihat banyaknya dampak buruk yang dapat terjadi pada kesehatan anak dan bayi,maka penting untuk menjaga kebersihan lingkungan agar bebas dari asap rokok,baik di dalam maupun di luar ruangan.

Mungkin sebagian besar perokok merasa bahwa dengan merokok mereka akan memperoleh kesenangan dan bisa menurunkan stress.
Padahal sebaliknya,yang membuat perokok gelisah dan cemas atau stress adalah gejala putus obat terhadap kandungan nikotin yang terkandung di dalam rokok tersebut.
Mungkin merokok akan terasa menyenangkan bagi anda,tapi jangan biarkan kesenangan tersebut justru membahayakan keluarga tercinta.

Berikut ada sedikit tips yang bisa anda lakukan jika keinginan untuk merokok datang,agar anda terhindar dari kebiasaan merokok seperti:
  • Mulailah ganti rokok dengan permen,anda bisa mengambil permen karet jika menginginkanya,karena permen bisa juga mengurangi sedikit rasa haus.
  • Jauhkan tempat rokok,atau buang jauh" pikiran untuk merokok demi kesehatan anda dan orang lain.
  • Jika di benak anda terlintas fikiran untuk merokok,cobalah cari atau pindah lokasi yang sekiranya bisa menghilangkan fikiran untuk merokok.
  • Jika setelah makan anda mempunyai kebiasaan merokok,sebaiknya hindari hal itu atau ganti dengan nonton tv,main hp,atau kegiatan lainya yang bermanfaat.
  • Selalu hindari kerumunan orang yang sedang merokok,karena hal itu bisa menjadikan anda tertarik untuk mengikutinya.
Lakukan hidup sehat dari kebiasaan yang sederhana dan di mulai dari sekarang,jika anda menginginkan badan yang sehat tanpa obat atau sehat alami.
Semoga bermanfaat.




Popular posts from this blog

Cara menghilangkan jerawat batu dan wajah kembali mulus

Nggak perlu mahal buat ngilangin jerawat batu kamu,cukup menggunakan bahan ini dijamin jerawat batu kamu hilang dan wajah kembali mulus.
Cara menghilangkan jerawat batu di wajah maupun di bagian tubuh manapun sangatlah mudah sekali,bahkan tanpa mengeluarkan biaya mahal,dan dapat dilakukan kapan saja.
Cara ini alamai tanpa efek samping,bahkan untuk jangka panjang sekalipun.
Oke inilah bahan yg digunakan.

1.menggunakan cuka sari apel.



Yap,cuka sari apel memang dikenal sangat ampuh sebagai alternatif menghilangkan jerawat batu beserta bekasnya,karena cuka apel dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat,bahkan sampai bekasnya pun bisa hilang tanpa meninggalkan bekas.

Caranya cukup mudah yaitu:

Bersihkan dulu wajah dengan air bersih dan cukup campur cuka apel dengan air bersih,dengan takaran 1 banding 3.Artinya misal satu sendok cuka apel dicampur dengan air putih 3 sendok, dan kelipatanya.Selanjutnya usapakan air campuran tadi ke wajah menggunakan kapas, cukup sedikit-sedikit dulu mer…

Arti tindihan menurut dunia medis, penyebab dan hal supaya tidak terjadi tindihan

Mitos yang masih di percaya masyarakat indonesia sampai hari ini salah satunya adalah tindihan saat tidur.
Masyarakat mempercayai penyebab tindihan ada kaitanya dengan makhluk halus,hal itu dikarenakan ketika seseorang sedang tidur kemudian ada sesosok makhluk halus yang sedang duduk atau ikut tidur tepat di atas badan orang tersebut, sehingga menimbulkan sulit bernafas,sulit bergerak yang kemudian di susul munculnya sosok bayangan tinggi besar di depan mata mereka.
Masyarakat mengira sosok bayangan tinggi besar itu adalah makhluk halus penyebab tindihan pada mereka, sehingga mereka mengaitkannya dengan hal mistis.
Padahal menurut dunia medis tidak demikian.

Apa arti tindihan menurut medis?

Menurut medis, suatu kondisi dimana seseorang yang sadar saat tidur tetapi tidak dapat bangun untuk menggerakkan badan ataupun berbicara yang biasanya disertai dengan halusinasi atau masyarakat sering menyebutnya dengan tindihan, menurut medis keadaan ini di sebut dengan sleep paralysis atau kelumpuhan …

Masih sering tidur di pagi hari??waspada bahaya ini mengintai kamu

Yah tidur memang sangat menyenangkan bagi seseorang untuk melampiskan rasa capek atau rasa kantuk yang sedang menghampirinya. Apalagi jika tidur di situasi yang sunyi dengan bantal dan kasur yang nyaman, empuk,wah pastinya sangat enak sekali ya,,,.sedangkan tidur sendiri memiliki waktu normal berkisar antara 7-9 jam,tapi ada juga cukup 6 jam sudah puas, itu tergantung masing-masing orang. Karena kan setiap orang beda-beda.
Waktu tidur yang nyenyak pun dilakukan di malam hari  yaitu dimulai sekitar pukul 21.00 dan bangun pukul 04.00/05.00.Tapi bagai mana jika aktifitas tidur itu dilakukan di pagi saat matahari mulai terbit?? Apakah masih nyaman dan aman dilakukan??Banyak masyarakat indonesia masih melakukan aktifitas tidur di pagi hari dengan berbagai alasan seperti terlalu banyak begadang di malam hari,sehingga mereka menggantinya di waktu pagi hari saat matahari mulai terbit.
Dan terutama yang pekerja sift malam,kebanyakan pasti akan tidur di pagi hari yaitu setelah pulang kerja karena …