Cara membuat yogurt sendiri di rumah,sangat mudah.




Yogurt
Yogurt dengan potongan buah

Siapa sih yang gak tau yogurt? Yogurt termasuk dalam dairy products dan memilki berbagai jenis. Yogurt yang biasa di jual di pasaran di buat dari susu sapi dan mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi tidak semua yogurt dibuat menggunakan susu sapi. 

Yogurt juga bisa dibuat dari bahan selain susu contoh dari kedelai ataupun kelapa,atau istilah lainnya non-dairy yogurt. Yogurt ini sangat cocok untuk kalian yang alergi laktosa,karena yogurt ini sama sekali tidak mengandung laktosa.
Akan tetapi perlu diketahui bahwa yogurt ini sangat rendah lemak dan rendah kalsium, jadi jika di bandingkan dengan susu sapi lebih banyak terdapat kalsium pada yogurt yang berasal dari susu sapi.


Untuk pembuatan yogurt sendiri sangat mudah, dan kalian pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Baik menggunakan susu sapi, susu kambing atau yang lainnya.

1. Cara membuat yogurt dari susu bubuk

Selain susu cair murni,anda bisa juga menggunakan susu bubuk yang harganya relatif murah jika anda memiliki budget sedikit.

Bahan yang diperlukan :

- 1 cangkir plain yogurt.

- 1 kotak susu bubuk rasa plain

Cara membuatnya :

  • Tuang 4 gelas isi air matang dan 12 sendok makan susu bubuk ke dalam panci. Lalu aduk sampai benar-benar rata.
  • Panaskan panci berisi susu di atas kompor, tunggu sampai susu mulai kelihatan bintik-bintik (kira-kira sekitar 2-3 menit).
  • Matikan kompor lalu tuang ke dalam panci lain yang ada tutupnya.
  • Diamkan sampai dingin.
  • Setelah itu tuang yogurt ke dalam susu, aduk sampai rata.
  • Kemudian tutup rapat dengan kain.
  • Letakkan panci tersebut ke sudut ruangan yang suhunya stabil.
  • Diamkan sampai kurang lebih 10 jam,hingga susu menjadi padat dan kental.
  • Setelah itu yogurt sudah bisa dinikmati.

Cara membuat yogurt sendiri di rumah

2. Cara membuat yogurt plain.

Bahan yang di perlukan :

- 1 liter susu murni.

- Bibit yogurt sebanyak 5 persen dari banyaknya susu murni. (Untuk 1 liter susu murni bisa menggunakan sekitar 50 ml atau 2 sdm bibit yogurt).

Cara membuat yogurt plain :


Cara membuat yogurt sendiri di rumah


  • Yaitu memanaskan susu murni di atas api kecil sambil terus di aduk selama kurang lebih 30 menit dan jaga agar susu tidak sampai mendidih supaya protein susu tidak rusak.
  • Setelah 30 menit angkat susu dan dinginkan hingga hangat.
  • Masukkan bibit yogurt lalu aduk sampai rata dengan menggunakan alat pengaduk steril. Atau bisa juga menggunakan spatula kayu yang sebelumnya sudah di siram menggunakan air panas sebagai proses sterilisasi alat.
  • Masukkan susu yang telah di campur bibit yogurt ke dalam wadah tertutup, lalu tutup rapat menggunakan kain untuk menciptakan kondisi gelap supaya bakteri fermentasi hidup selama 20-24 jam.
  • Jika sudah akan muncul lapisan berwarna kekuningan kental di atas permukaanya. Apabila anda menghendaki kurang kental atau kurang asam,bisa di tambah lagi waktunya.
  • Kemudian coba amati bentuk dan rasanya, jika di rasa sudah pas,aduk menggunakan alat steril sampai tercampur rata.
  • Jika hendak membuat yogurt lagi, pisahkan beberapa sendok ke dalam cup kecil. Inilah yang nantinya di gunakan sebagai bibit yogurt,tuliskan tanggal pembuatannya lalu masukkan kulkas. Di sarankan maksimal seminggu supaya tetap terjaga rasa dan sterilnya.
  • Terakhir yogurt sudah siap untuk di hidangkan. Untuk menambah rasa nikmat yogurt,anda bisa menambahkan irisan buah atau sirup.
Saran-saran saat pembuatan yogurt :
  1. Jika ingin membuat yogurt pastikan menggunakan susu murni atau tanpa ada tambahan lainnya,agar tercipta yogurt yang nikmat seperti yang di jual di toko-toko.
  2. Pastikan semua alat yang di gunakan dalam pembuatan yogurt benar-benar bersih,agar tidak tercampur dengan bakteri-bakteri lain atau kuman.
  3. Ingat jangan panaskan susu sampai mendidih,cukup sampai keluar bintik-bintik kecil saja. Jadi di sarankan menggunakan api kecil atau sedang.
  4. Jika setelah yogurt di makan dan masih ada sisa kemudian sayang untuk di buang, letakkan kembali yogurt ke dalam kulkas agar bakteri baik di dalamnya tidak mati.
Bagaimana setelah mengetahui proses pembuatan yogurt,mudah bukan?
Anda bisa mencobanya sendiri di rumah,selain menghemat budget juga untuk melatih keahlian memasak anda.
Selamat mencoba :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan