Beragam manfaat buah pepaya

Buah pepaya
Buah pepaya segar


Buah pepaya memiliki ciri-ciri berwarna orange di dalamnya dan memiliki banyak biji-biji kecil berwarna hitam. Buah pepaya memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang enak sekali, apalagi jika di makan pada saat situasi yang panas, pepaya dapat bergungsi menyegarkan tenggorokan, karena banyak kandungan air di dalamnya.


Menurut sejarah tanaman yang berasal dari meksiko selatan ini, sekarang sudah menyebar ke semua negara termasuk indonesia. Penikmat buah pepaya bisa dari semua kalangan baik bayi sampai lanjut usia, mengingat banyaknya manfaat mengkonsumsi buah pepaya.

Tubuh memerlukan banyak nutrisi penting yang salah satunya terdapat pada buah pepaya seperti vit A, vit B1, B3, B5, vitamin E, vit K, likopen, serat, kalsium, potasium, folat, magnesium dan masih banyak lagi.
Dengan banyaknya nutrisi tersebut, pepaya dapat di dijadikan sebagai alternatif untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh

Biasanya masyarakat mengkonsumsi buah pepaya untuk melancarkan pencernaan, oleh karenanya tak heran jika banyak kita temui buah pepaya di setiap menu makanan mereka.
Seperti berikut ini manfaat buah pepaya bagi tubuh.

1.Menyehatkan mata

Pepaya mengandung vitamin A dan berbagai jenis flafoniod seperti beta karoten, lutein, zeaxantain dan cyptoxanthin yang baik untuk mata. Vitamin A di butuhkan untuk kesehatan kornea dan menghasilkan kelembapan yang cukup agar mata selalu terumasi dengan baik.
Pepaya banyak mengandung vitamin dan mineral yang berfungsi meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku. 
Buah berwarna orange ini bahkan bisa dijadikan masker rambut untuk menyuburkan rambut, menjaga rambut tetap sehat, bersinar, lembab serta mencegah rambut dari kerontokan.


3.Memperlancar pencernaan

Tahukah anda kenapa pepaya terkenal dapat melancarkan pencernaan? Hal ini karena pepaya mengandung enzim papain yang membuat protein lebih mudah dicerna dan juga bangak mengandung serat. 
Berdasarkan study, dengan mengonsumsi pepaya rutin selama 40 hari diduga dapat menyembuhkan konstipasi dan perut kembung. 


4.Kesehatan jantung

Pepaya mengandung vitamin C, kalium dan likopen bisa menjadi salah satu makanan yang membantu mengurangi resiko penyakit jantung. Selain itu, antioksidan dalam pepaya juga dapat meningkatkan efek kolesterol baik( HDL ) yang ada dalam tubuh. Itulah mengapa penting bahwa kamu harus konsumsi sepotong buah pepaya setiap harinya.


5.Anti penuaan

Banyaknya nutrisi dalam buah pepaya mampu membuat kulit tetap sehat dan terlihat lebih muda.
Contohnya pada enzim papain yang memiliki fungsi melembutkan dan merevitalisasi kulit, serta vit A, C dan E yang dapat membantu mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam terutama pada wajah.
Tidak hanya itu, vit C juga berguna memproduksi kolagen yang dapat mengurangi keriput pada wajah.


6.Mengurangi resiko terjadinya kanker

Pepaya mengandung antioksidan likopen, fitonutrien, serta flavonoid yang mampu mengurangi radikal bebas penyebab kanker. Harvad school mendapati bahwa kandungan beta karoten dalam pepaya baik untuk mencegah kanker prostat dan kanker usus besar.


7.Menyembuhkan kulit terbakar sinar matahari


Pepaya dapat menyembuhkan luka bakar

Menurut penelitian zat likopen yang terkandung dalam buah pepaya dapat memelihara kesehatan kulit karena aktivitas antioksidan dari zat ini berperan dalam menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas.


8.Mengurangi stress

Setelah bekerja keras sepanjang hari, maka segera segarkan diri dengan memakan buah pepaya. Vitamin C yang terkandung dalam pepaya di yakini dapat membebaskan pikiran dari stress. Hal ini telah teruji secara ilmiah oleh para ahli universitas alabama, yang mendapati bahwa 200 mg vitamin C mampu mengatur produksi hormon stress pada obyek percobaan.


9.Meredakan sakit saat haid

Bagi yang sering mengalami kram hebat saat had, rajinlah mengonsumsi buah pepaya. Buah yang satu ini diyakini dapat meredakan sakit kram pada saat haid, enzim papain yang terdapat dalam buah pepayalah yang berjasa memperlancar aliran darah sehingga rasa sakit jadi berkurang.


10.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sifat antioksidan, Vitamin A, C, dan E dalam pepaya bisa membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah perkembangan infeksi. Hasilnya kita akan terhindar dari penyakit pilek dan flu.


11.Baik untuk penyakit demam dengue

Penyakit demam dengue ini disebabkan oleh virus dengue yang dapat menekan jumlah trombosit, dalam hal ini pepaya bermanfaat untuk mengatasi masalah penyakit ini. Penelitian menunjukkan penderita infeksi dengue yang mendapatkan ekstrak daun pepaya memiliki peningkatan trombosit lebih cepat di bandingkan mereka yang mendapatkan pengobatan biasa.


12.Mencegah radang sendi

Radang sendi termasuk salah satu gangguan kesehatan yang cukup menyakitkan bagi penderitanya.
Anda bisa konsumsi buah pepaya untuk mencegah radang sendi, adanya kandungan agen anti-radang dan vitamin C dalam pepaya yang mampu mencegah dari penyakit ini. Seperti dilansir dari hasil study yang di publikasikan annals of the rheumatic diseases, bahwa merekan yang kurang vitamin C di dapati 3x lebih beresiko terkena arthritis (radang sendi).


13.Baik di konsumsi oleh penderita diabetes

Walaupun buah pepaya memiliki rasa manis, namun kandungan gula dalam potongan pepaya cukup rendah, begitu juga dengan indeks glikemiknya. 
Ini membuat buah yang berasal dari Amerika Tengah dan meksiko selatan tersebut layak menjadi salah satu untuk diabetes seperti yang disarankan para ahli.


14.Sebagai cadangan energi

Selain berfungsi untuk memperlancar pencernaan, manfaat buah pepaya ternyata juga dapat memberikan cadangan energi untuk anda yang memiliki banyak aktifitas. 
Manfaat selanjutnya dari buah pepaya yaitu dapat mengatasi masalah insomnia (susah tidur), dengan cara rutin mengonsumsi pepaya, maka anda akan mendapatkan kualitas tidur yang lebih nyaman dari biasanya bahkan lebih nyenyak dan di pagi harinya anda akan merasa fress dan lebih sehat tentunya. 


15.Mencegah kerutan di wajah

Vitamin E dalam buah pepaya sangat bermanfaat untuk mencegah kerutan pada wajah. 
Selain itu vitamin A yang dapat menampilkan kulit menjadi halus dan tidak bernoda, vitamin C dan E dapat meningkatkan produksi kolagen sehingga mempertahankan kekencangan kulit.


16.Mencerahkan kulit wajah


Pepaya dapat mencerahkan kulit wajah

Vitamin dalam pepaya dapat membantu mengurangi stress pada kulit wajah dan mengangkat sel kulit mati. 
Dengan ini akan memberikan efek rileks, sehat, cerah, dan segar. 
Selain itu pepaya mengandung antioksidan dan juga menutrisi kulit wajah sehingga terasa lembut dan kenyal. 
Cara mendapatkan manfaat buah pepaya untuk wajah adalah dengan menggunakan masker pepaya selama 20 menit kemudian bilas hingga bersih dengan air dingin.


17.Mengatasi jerawat

Manfaat buah pepaya untuk wajah selanjutnya adalah mengatasi jerawat. Jerawat dan pori-pori besar merupakan dua permasalahan kulit yang paling umum terjadi dan biasanya sering dijumpai pada orang yang memiliki tipe kulit wajah berminyak.
Untuk meredakannya anda bisa menggunakan masker pepaya secara ruti. Selin itu, masker ini juga bermanfaat membantu menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan flek hitam yang membandel. 
Gunakan pepaya dengan campuran madu dan lemon untuk mewujudkan formula masker alami yang lebih sempurna.

Itulah segudang manfaat buah pepaya yang baik untuk kesehatan tubuh yang sudah ditulis oleh seputar-kesehatan.com kali ini, semoga bermanfaat.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan