Begini cara mengetahui antara madu asli dan madu campuran

Sekarang ini siapa yang tidak tahu dengan madu,pasti semua sudah tahu bukan?
Madu sudah dari dulu dikenal sebagai obat tradisional,pemanis masakan,perawatan tubuh dan lain-lain.
Akan tetapi apakah anda sudah tahu betul pengertian madu yang sesungguhnya?
Yah,untuk lebih jelasnya mari kita bahas apa itu madu.

Madu murni
Contoh gambar madu


Madu adalah bahan nektar yang dikumpulkan di sarang lebah kemudian akan menjalani pengolahan di dalamnya . Enzim yang dihasilkan oleh lebah akan bercampur dengan nektar,lalu masuk ke proses fermentasi untuk nektar.
Selanjutnya proses mendapatkan madu dan semua cairan dalam madu akan keluar dan tersisa madu murni.

Saat ini madu telah banyak di jual di pasaran baik di toko-toko maupun warung-warung. Madu yang di jual di pasaran memiliki 2 jenis yaitu madu asli dan madu campuran.
Madu asli yaitu madu yang kandungan di dalamnya benar-benar murni berasal dari lebah,tanpa ada tambahan apapun saat di perjual belikan. Sedangkan madu campuran yaitu berawal dari madu murni yang kemudian di dalamnya di campur seperti air,gula atau bahan lainnya.

Madu asli biasanya di manfaatkan sebagai obat ataupun perawatan tubuh seperti masker wajah,perawatan bibir,diminum dan lain-lain.
Sedangkan madu campuran biasanya dimanfaatkan sebagai pemanis masakan,tambahan pemanis untuk jamu,untuk di oles saat memanggang dan lain-lain.

Madu asli biasanya dijual sedikit agak mahal dari madu campuran,karena benar-benar murni tanpa ada bahan tambahan lainnya. Walaupun sudah tertera pada label kemasan madu asli,akan tetapi alangkah baiknya jika anda mengetahui apakah madu tersebut benar-benar asli atau hanya labelnya saja yang menyebutkan itu madu asli.

Berikut ini cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui antara madu asli dan madu campuran.

1. Menguji madu dengan kertas

Cara yang pertama yang bisa anda lakukan adalah menguji madu menggunakan kertas. Caranya yaitu teteskan sedikit madu pada kertas kosong, kemudian cobalah untuk merobek kertas tersebut yang di atasnya sudah dituang madu.

Apabila kertas tidak gampang robek,maka madu itu benar-benar murni atau asli.
Sebaliknya jika kertas itu mudah robek ,bisa di pastikan madu tersebut campuran atau ada bahan tambahan lain di dalamnya.

2. Tuangkan madu ke dalam air

Cara yang kedua coba tuangkan madu menggunakan sendok ke dalam gelas yang diisi air. Jika madu tersebut  tidak mudah larut dan langsung jatuh ke dasar gelas yang telah di isi air,berarti madu tersebut asli. 
Sebaliknya jika madu setelah di tuang larut bersama air atau terapung berada di permukaan air,maka itu adalah madu campuran.

3. Merebus madu menggunakan sendok

Cara ketiga yaitu merebus madu menggunakan sendok. Caranya siapkan satu buah sendok makan, lalu tuangkan  madu tersebut ke dalam sendok.
Kemudian panaskan sendok yang sudah diisi madu di atas ilin yang menyala.
Kemudian apa yang terjadi?
Jik madu tersebut mengeluarkan busa yang cukup banyak dan hampir tumpah dari sendok tersebut,maka dapat di pastikan bahwa madu tersebut murni atau asli.
Namun sebaliknya jika madu tersebut hanya mengeluarkan busa sedikit,maka madu tersebut adalah madu palsu atau ada bahan campuran lain di dalamnya.

4. Masukkan madu ke dalam freezer

Jika anda mempunyai freezer atau lemari pendingin,coba masukkan madu tersebut ke dalam freezer.
Jika madu tersebut tidak membeku maka dapat di pastikan itu adalah madu asli.
Sebaliknya jika setelah di masukkan ke dalam freezer madu tersebut membeku atau menggumpal,berarti madu tersebut tidak asli atau madu tersebut telah di tambahkan bahan lain.

5. Seberapa lengket tekstur madu


Tes tekstur lengket madu


Tekstur madu asli harusnya lengket ,bahkan seringkali sukar untuk di bilas saat menempel di kulit. Namun madu campuran pun ada juga yang bertekstur mirip.
Untuk mengujinya,colek sedikit madu dan biarkan beberapa menit.
Jika yang terjadi madu meleleh namun teksturnya tetap kuat sehingga tidak mudah menetes, berarti itu adalah madu asli. Sedangkan madu campuran biasanya akan meleleh dan tidak lengket lagi.

6. Uji dengan pasir

Untuk cara ini memang agak unik karena menggunakan media pasir. Tetapi cara ini bisa juga di lakukan untuk menguji keaslian madu.
Caranya yaitu siapkan pasir kemudian taruh di atas wadah yang kecil saja. Lalu teteskan madu di atas pasir tersebut dan tunggu beberapa menit.

Madu asli tidak akan mudah mengalir atau menyebar karena teksturnya yang mengikat satu sama lain.
Sedangkan madu campuran pasti gampang menyebar ,bahkan meresap ke dalam pasir dikarenakan kandungan air yang berlimpah di dalamnya.

7. Uji apakah semut menyukai madu tersebut

Coba teteskan sedikit madu ke sebuah wadah,lalu tunggu beberapa saat. Apakah ada kerumunan semut di sekitar madu tersebut? Jika tidak ada itu berarti madu tersebut asli,karena semut tidak menyukai aroma enzim dalam madu.
Lain halnya dengan yang campuran,pasti kerumunan semut akan berdatangan namun kemudian semut akan tenggelam dalam madu dan mati . Karena selain mengandung pemanis tambahan ,madu sintesis juga cenderung beracun.

8. Seberapa jernih madu tersebut?


Tes warna madu


Coba lihat ciri-ciri madu tersebut, madu asli mungkin tak akan jernih karena bagaimanapun juga akan ada sisa sarang lebah atau serbuk sari yang lolos saat proses penyaringan.
Berbeda dengan yang campuran,teksturnya lebih jernih,jelas dan juga encer.
Coba cara ini di lakukan sebelum membeli madu agar anda tahu madu tersebut asli atau campuran.

9.Cicipi rasanya madu 

Tidak dapat di pungkiri kalau madu pasti memiliki rasa yang manis. Namun untuk yang asli,rasanya itu takkan pudar dengan mudah,bahkan setelah di buka tutup  kemasan selama beberapa saat.
Rasa madu asli yang kuat biasanya hilang kalau itu di masak dengan suhu yang terlalu tinggi. Sebaliknya dengan yang campuran .

10. Berdasarkan kristal endapan

Coba lihat pada madu yang berada dalam kemasan botol kaca.
Madu asli biasanya tidak mengandung air karena setelah di olah yang tertinggal hanyalah enzim tertentu yang tak lekang oleh waktu (tidak rusak walau di simpan dalam waktu yang lama).
Oleh karena itu jika madu dalam botol ada bagian yang mengental dan mengkristal di dalamya bisa di pastikan itu adalah madu asli.

Bagaimana,mudah bukan cara mengetahui madu asli dan campuran?
Semoga bermanfaat.






Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan