Skip to main content

Bahaya merokok untuk kesehatan tubuh laki-laki

Merokok kebanyakan dilakukan oleh laki-laki,tetapi tidak jarang juga kaum perempuan pun ada juga yang merokok.Entah apa yang mereka fikirkan sehingga mereka yang merokok tidak memperdulikan kesehatan tubuh mereka di masa yang akan datang.
Merokok sama saja memasukkan racun ke dalam tubuh dengan sengaja.
Banyak kandungan atau zat pada rokok yang jelas-jelas sangat membahayakan tubuh manusia,baik yang perokok aktif maupun pasif jika menghirup asap dari rokok tersebu


Ilustrasi jangan merokok

Laki-laki yang merokok akan memiliki penurunan kualitas kesehatan dari pada laki-laki yang tidak merokok sama sekali.Studi menemukan bahwa merokok dikaitkan dengan penurunan jumlah sperma,penurunan motilitas sperma,yaitu bagaimana kemampuan sperma berenang,serta morfologi sperma yang buruk( bagaimana sperma terbentuk).

Yang paling menonjol,efek negatif rokok terhadap kesehatan sperma lebih kuat pada pria yang tidak subur dan perokok sedang sampai berat,dibandingkan dengan perokok ringan.

Baca juga : ketahui bahaya merokok untuk kesehatan wanita.

Berikut akan di ulas bahaya merokok selain pada penurunan kualitas sperma,yaitu:

1.Menurunkan tingkat kesuburan bagi calon mama

Pria yang merokok dikaitkan dengan penurunan tingkat keberhasilan program IVF dan kemungkinan peningkatan resiko keguguran bagi calon mama.Asap rokok dari orang lain memang bisa ikut membahayakan kesuburan seorang perempuan,dalam hal ini adalah dampak dari perokok pasif atau orang yang menghirup asap rokok tanpa menghisap rokok tersebut kemudian mengeluarkan asap rokok kembali.

Studi pada pria merokok banyak menunjukkan penurunan kualitas terhadap air mani mereka ,itu disebabkan karena pria yang merokok akan mengalami penurunan konsentrasi pada sperma,penurunan motilitas(kemampuan sperma berenang),pembentukan sel sperma yang abnormal,hingga peningkatan kerusakan DNA pada sperma.

2.Serangan jantung

Karbon monoksida dari rokok mengambil oksigen dalam darah dan menyebabkan resiko mengembangkan kolesterol mengendap di dinding arteri.Efek ini meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke.
Olehkarena itu hindari merokok jika anda menginginkan jantung anda sehat dan tubuh yang kuat.

3.Penuaan dini

Bahaya rokok yang lain adalah merokok dapat mengurangi jumlah oksigen ke kulit sehingga dapat mempercepat penuaan dan kulit tampak kusam  dan berwarna abu-abu.

4.Bau mulut dan kerusakan gigi

Hal ini tidak dapat di pungkiri,hanya dalam bertatap muka dengan lawan bicarapun bau asap rokok yang dikeluarkan dari sang perokok akan tercium dengan jelas.
Merokok memang dapat menyebabkan bau mulut dan gigi bernoda,selain itu juga dapat menyebabkan penyakit gusi dan kerusakan indera perasa.Bahaya rokok paling serius adalah meningkatkan resiko mengembangkan kanker pada lidah,tenggorokan dan bibir.

5.Rheumatoid arthritis

Radang sendi atau rheumatoid arthritis adalah penyakit radang kronis dan lebih sering terjadi pada wanita yang memengaruhi persendian tangan dan kaki.Penyakit ini menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan dan pada akhirnya menyebabkan tulang mudah rusak.

6.Gangguan phsikologis

Perokok juga dapat mengalami tingkat stress yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang bukan perokok.

Selama ini mungkin perokok tersebut mengira merokok bisa membuatnya lebih rileks(sugestion),ia menganggap kandungan nikotin bisa menenangkan pikiranya,tetapi itu salah itu hanya sugesti seseorang saja atau opini seseorang saja.
Yang membuat perokok gelisah dan cemas adalah gejala putus obat terhadap kandungan nikotin.Dengan merokok,candu terhadap nikotin akan terpenuhi dan perokok akan merasa bahwa rokok tersebutlah yang menurunkan stress.

7.Penyakit Buerger

Yaitu kondisi yang ditandai dengan sensasi nyeri yang hebat di anggota gerak badan (bagian ekstremitas atas dan ektremitas bawah),disertai terjadi pembusukan pada ujung jari.
Penyakit ini hanya terjadi pada orang yang terpapar terus-menerus asap rokok(perokok pasif) dan sulit untuk disembuhkan.Biasanya penderita penyakit ini terus menerus menjalani operasi amputasi jari-jari karena pembusukan ini berlangsung terus-menerus.

8.Menyebabkan penyakit kanker

Sudah dijelaskan bahwa di dalam rokok banyak sekali zat-zat yang dapat menyebabkan penyakit yang ringan maupun berat.Seperti penyakit kanker,jika sudah terlanjur mengidap penyakit kanker ini maka bisa saja kesehatan tubuh anda sudah mengidap penyakit yang berat.
Jenis penyakit kanker pun bermacam-macam,seperti:
  • Kanker serviks
  • Kanker hati
  • Kanker pankreas
  • Kandung kemih
  • Kanker usus besar
  • Kanker mulut
  • Kanker laring(kotak suara),faring(tenggorokan)dan kerongkongan (tabung menelan)
  • Kanker ginjal
  • Leukimia myloid
Dan lain-lain.

9.Age-related macular degeneration(ARMD)

Merupakan kelainan yang terjadi pada retina mata dapat terjadi pada orang tua yang terpapar asap rokok dalam jangka waktu lama.Penyakit ini menyebabkan penurunan fungsi penglihatan penderita yang tidak bisa di sembuhkan(menyebabkan kebutaan)dan akan berlangsung seumur hidup.





Popular posts from this blog

Cara menghilangkan jerawat batu dan wajah kembali mulus

Nggak perlu mahal buat ngilangin jerawat batu kamu,cukup menggunakan bahan ini dijamin jerawat batu kamu hilang dan wajah kembali mulus.
Cara menghilangkan jerawat batu di wajah maupun di bagian tubuh manapun sangatlah mudah sekali,bahkan tanpa mengeluarkan biaya mahal,dan dapat dilakukan kapan saja.
Cara ini alamai tanpa efek samping,bahkan untuk jangka panjang sekalipun.
Oke inilah bahan yg digunakan.

1.menggunakan cuka sari apel.



Yap,cuka sari apel memang dikenal sangat ampuh sebagai alternatif menghilangkan jerawat batu beserta bekasnya,karena cuka apel dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat,bahkan sampai bekasnya pun bisa hilang tanpa meninggalkan bekas.

Caranya cukup mudah yaitu:

Bersihkan dulu wajah dengan air bersih dan cukup campur cuka apel dengan air bersih,dengan takaran 1 banding 3.Artinya misal satu sendok cuka apel dicampur dengan air putih 3 sendok, dan kelipatanya.Selanjutnya usapakan air campuran tadi ke wajah menggunakan kapas, cukup sedikit-sedikit dulu mer…

Arti tindihan menurut dunia medis, penyebab dan hal supaya tidak terjadi tindihan

Mitos yang masih di percaya masyarakat indonesia sampai hari ini salah satunya adalah tindihan saat tidur.
Masyarakat mempercayai penyebab tindihan ada kaitanya dengan makhluk halus,hal itu dikarenakan ketika seseorang sedang tidur kemudian ada sesosok makhluk halus yang sedang duduk atau ikut tidur tepat di atas badan orang tersebut, sehingga menimbulkan sulit bernafas,sulit bergerak yang kemudian di susul munculnya sosok bayangan tinggi besar di depan mata mereka.
Masyarakat mengira sosok bayangan tinggi besar itu adalah makhluk halus penyebab tindihan pada mereka, sehingga mereka mengaitkannya dengan hal mistis.
Padahal menurut dunia medis tidak demikian.

Apa arti tindihan menurut medis?

Menurut medis, suatu kondisi dimana seseorang yang sadar saat tidur tetapi tidak dapat bangun untuk menggerakkan badan ataupun berbicara yang biasanya disertai dengan halusinasi atau masyarakat sering menyebutnya dengan tindihan, menurut medis keadaan ini di sebut dengan sleep paralysis atau kelumpuhan …

Masih sering tidur di pagi hari??waspada bahaya ini mengintai kamu

Yah tidur memang sangat menyenangkan bagi seseorang untuk melampiskan rasa capek atau rasa kantuk yang sedang menghampirinya. Apalagi jika tidur di situasi yang sunyi dengan bantal dan kasur yang nyaman, empuk,wah pastinya sangat enak sekali ya,,,.sedangkan tidur sendiri memiliki waktu normal berkisar antara 7-9 jam,tapi ada juga cukup 6 jam sudah puas, itu tergantung masing-masing orang. Karena kan setiap orang beda-beda.
Waktu tidur yang nyenyak pun dilakukan di malam hari  yaitu dimulai sekitar pukul 21.00 dan bangun pukul 04.00/05.00.Tapi bagai mana jika aktifitas tidur itu dilakukan di pagi saat matahari mulai terbit?? Apakah masih nyaman dan aman dilakukan??Banyak masyarakat indonesia masih melakukan aktifitas tidur di pagi hari dengan berbagai alasan seperti terlalu banyak begadang di malam hari,sehingga mereka menggantinya di waktu pagi hari saat matahari mulai terbit.
Dan terutama yang pekerja sift malam,kebanyakan pasti akan tidur di pagi hari yaitu setelah pulang kerja karena …