Skip to main content

Apa itu kutu kasur? Dari mana datangnya kutu kasur?

Ilustrasi kutu kasur
Mengenal apa itu kutu kasur

Cimex lectularius adalah kutu yang biasanya menghuni kasur atau sofa manusia, biasanya orang menyebut kutu ini sebagai kutu busuk karena baunya seperti bau bangkai. Kutu ini meminum darah dari makhluk berdarah panas seperti manusia sebagai sumber energi. Untuk dapat hidup dan berkembang biak dengan baik, kutu ini hidup pada habitat dengan suhu 21-26 derajat celcius. 

Kutu kasur atau kutu busuk memiliki ciri-ciri bertubuh gepeng atau pipih dan berwarna coklat, jika berjalan kutu ini sangat cepat sekali sehingga agak sulit untuk di tangkap. Jika anda coba membunuh kutu ini, maka akan mengeluarkan bau yang menyengat yang berasal dari kutu tersebut. kutu kasur termasuk serangga yang membandel, karena masih tetap bertahan hidup jika tidak ada darah ,atau jika berada pada suhu di bawah 12 derajat celcius dengan cara menjadi lebih pasif dalam pergerakannya.

Kutu kasur dewasa dapat mencapai ukuran 0,5 cm. Pada betina, mereka dapat mengeluarkan sebanyak 300 telur seumur hidupnya. Telur kutu yang berwarna putih ini akan menempel pada permukaan tempat tidur atau bisa juga di sprey dan sulit di deteksi jika permukaan kasur berwarna terang juga. Selain di permukaan sprey tempat yang biasa menjadi sarang kutu kasur adalah di setiap bagian pojok kasur.

Bagaimana kutu kasur atau kutu busuk dapat hinggap di kasur anda

Dilansir boldsky, selain karena jarang mengganti sprei dan menjemur kasur, penyebab datangnya kutu kasur adalah kebiasaan seperti menumpuk pakaian kotor di atas tempat tidur.
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan, peneliti menaruh pakaian kotor di atas kasur. Disisi lain, peneliti juga menaruh pakaian bersih di kasur lainnya.
Setelah lima hari, ternyata kutu kasur menyukai dan peneliti menemukan kutu pada kasur yang terdapat pakaian kotor.

Ternyata keringat yang lembab membuat kutu betah untuk hinggap. Keringat manusia adalah aroma yang di sukai kutu dan mereka akan bersembunyi di dalamnya. Selain itu, Lingkungan yang kotor tak selalu menjadi pertanda keberadaan kutu kasur. Mereka dapat tinggal di kondisi yang kotor maupun bersih. Kutu ini juga cenderung berada di tempat tidur yang biasanya di huni secara bergantian, seperti tempat tidur hotel.

Dengan badannya yang pipih dan kecil, mereka dapat dengan mudah berpindah secara cepat dari satu tempat ke tempat yang lain.
Misalnya saja, mereka mampu berpindah dengan cara menumpang pada pakaian yang di bawa oleh pendatang yang menginap di hotel. Kutu yang menumpang pada pakaian yang di bawa manusia selama liburan akan berpindah dari tempat tidur hotel ke tempat tidur di rumah setelah manusia tersebut pulang kembali ke rumahnya.

Apa tandanya jika tempat tidur atau sofa anda ada kutunya?

Pada tempat tidur yang di huni oleh serangga ini, biasanya ada bercak-bercak hitam pada permukaan atau setiap pojok kasur atau sprey. Bercak-bercak hitam ini adalah kotoran kutu yang sudah mengering dan menempel pada tempat tidur. Kulit kering berwarna kecoklatan yang menumpuk pada suatu bagian dari tempat tidur menjadi ciri lain pada kasur yang dihuni oleh serangga kecil ini.
Biasanya kasur yang di huni kutu ini akan terasa sangat gatal jika anda tidur di atasnya, dan rasa gatal itu melebihi gigitan nyamuk.

Kutu ini juga akan menggigit bagaian kulit yang terekspos pada manusia, bisa jadi di wajah, tangan, kaki, punggung dan bagian lainnya. 

Baca juga: khasiat madu untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Perbedaan mendasar antara gigitan dari kutu dan nyamuk adalah kutu kasur cenderung menggigit dengan satu pola garis lurus atau melingkar. Sedangkan nyamuk cenderung acak dalam menghisap darah manusia. Yang paling mengerikan ternyata gigitan dari kutu kasur sangat gatal sekali, bahkan jika di garuk akan menimbulkan koreng atau luka dan setelah kering akan mempunyai bekas berwarna coklat tua.

Ciri lain adanya kutu ini adalah tempat tidur berbau menyengat. Kutu kasur dewasa akan mengeluarkan bebauan dari tububnya. Namun, bebauan itu hanya dapat tercium oleh manusia dalam jumlah banyak. Maka dari itu, jika tempat tidur anda sudah mulai berbau, bukan hanya di huni oleh satu koloni kecil kutu kasur, mungkin sekarang kutu kasur dalam tempat tidur anda sedang membuat kerajaan kutu kasur.

Efek yang ditimbulkan ketika di gigit kutu kasur

Reaksi pertama yang akan ditimbulkan ketika di gigit kutu kasur adalah badan terasa sangat gatal sekali kemudian anda pasti akan mengaruknya secara berulang-ulang kemudian akan terjadi bentol dan lecet pada permukaan yang di garuk.

Pada beberapa kasus ada orang yang sampai mengalami bercak kemerahan pada kulit, bahkan bentol besar. Kasus yang lebih akut ini dapat di sembuhkan dengan pemberian antibiotik dari tenaga medis yang bersangkutan.
Namun ternyata, kutu kasur dapat perlahan-lahan menurunkan kualitas hidup dari seseorang. Seseorang yang di gigit oleh kutu ini akan mengalami ketidaknyamanan saat tidur, sehingga terjadi kurang tidur, cemas dan sering mengantuk.
Selain itu, menurut para ahli kesehatan, stress yang di timbulkan ketika di gigit kutu kasur ternyata dapat berefek pada kesehatan seseorang dalam mengontrol emosinya dan menurunkan kesejahteraan hidup seseorang.

Cara membasmi kutu kasur

Jika anda berfikir kalau kutu ini jenis hewan nocturnal( hanya hidup pada malam hari), ternyata anda telah salah besar. Kutu ini akan tetap hidup walau dalam keadaan gelap atau terang. Karena dalam mencari makan, kutu ini akan menyesuaikan jatah makan malamnya dengan waktu tidur manusia.
Cara mengusir kutu ini tidaklah mudah, apalagi jika kutu kasur sudah berkembang biak dan merajalela. Penggunaan lotion anti nyamuk dirasa tidak efektif dalam mengatasi gigitan kutu.

Penggunaan vacuum cleaner untuk menyedot habis kutu dan telurnya dapat dilakukan, namun dibutuhkan usaha yang tidak instan.
Cara yang lebih efektif untuk membasmi kutu kasur adalah dengan cara menggunakan insektisida khusus kutu kasur. Akan tetapi perlu anda waspadai, insektisida yang di gunakan secara berlebih dapat membuat kutu kasur menjadi lebih kebal, sehingga lebih sulit untuk mereka di kemudian hari.
Penguapan dan pembekuan dapat menjadi alternatif lain yang lebih efektif, namun kedua hal tersebut memerlukan alat yang biasanya dimiliki oleh para pembasmi serangga yang jasanya perlu anda sewa.

Cara mencegah agar kasur tidak di hinggapi kutu kasur


  • Rubah gaya hidup anda, jangan biasakan menumpuk pakain kotor diatas kasur. Jika dirasa sudah kotor langsung di cuci, ini lebih baik.
  • Biasakan mengganti sprey, jika dirasa sudah lama tidak di ganti.
  • Biasakan juga menjemur kasur di panas terik matahari agar jika ada serangga-serangga kecil yang hidup di dalamnya mati.
  • Pastikan sebelum tidur, anda membersihkan dulu sprey menggunakan sapu kecil atau kain untuk mengurani kotoran yang menempel pada sprey.
  • Jika ada orang lain yang menginap dan tidur di kasur anda, alangkah baiknya setelah orang itu pergi cuci bersih sprey untuk menghindari penularan kutu kasur dan memastikan jika di kasur anda tidak di huni kutu kasur.
Baca juga :







Popular posts from this blog

Cara menghilangkan jerawat batu dan wajah kembali mulus

Nggak perlu mahal buat ngilangin jerawat batu kamu,cukup menggunakan bahan ini dijamin jerawat batu kamu hilang dan wajah kembali mulus.
Cara menghilangkan jerawat batu di wajah maupun di bagian tubuh manapun sangatlah mudah sekali,bahkan tanpa mengeluarkan biaya mahal,dan dapat dilakukan kapan saja.
Cara ini alamai tanpa efek samping,bahkan untuk jangka panjang sekalipun.
Oke inilah bahan yg digunakan.

1.menggunakan cuka sari apel.



Yap,cuka sari apel memang dikenal sangat ampuh sebagai alternatif menghilangkan jerawat batu beserta bekasnya,karena cuka apel dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat,bahkan sampai bekasnya pun bisa hilang tanpa meninggalkan bekas.

Caranya cukup mudah yaitu:

Bersihkan dulu wajah dengan air bersih dan cukup campur cuka apel dengan air bersih,dengan takaran 1 banding 3.Artinya misal satu sendok cuka apel dicampur dengan air putih 3 sendok, dan kelipatanya.Selanjutnya usapakan air campuran tadi ke wajah menggunakan kapas, cukup sedikit-sedikit dulu mer…

Arti tindihan menurut dunia medis, penyebab dan hal supaya tidak terjadi tindihan

Mitos yang masih di percaya masyarakat indonesia sampai hari ini salah satunya adalah tindihan saat tidur.
Masyarakat mempercayai penyebab tindihan ada kaitanya dengan makhluk halus,hal itu dikarenakan ketika seseorang sedang tidur kemudian ada sesosok makhluk halus yang sedang duduk atau ikut tidur tepat di atas badan orang tersebut, sehingga menimbulkan sulit bernafas,sulit bergerak yang kemudian di susul munculnya sosok bayangan tinggi besar di depan mata mereka.
Masyarakat mengira sosok bayangan tinggi besar itu adalah makhluk halus penyebab tindihan pada mereka, sehingga mereka mengaitkannya dengan hal mistis.
Padahal menurut dunia medis tidak demikian.

Apa arti tindihan menurut medis?

Menurut medis, suatu kondisi dimana seseorang yang sadar saat tidur tetapi tidak dapat bangun untuk menggerakkan badan ataupun berbicara yang biasanya disertai dengan halusinasi atau masyarakat sering menyebutnya dengan tindihan, menurut medis keadaan ini di sebut dengan sleep paralysis atau kelumpuhan …

Masih sering tidur di pagi hari??waspada bahaya ini mengintai kamu

Yah tidur memang sangat menyenangkan bagi seseorang untuk melampiskan rasa capek atau rasa kantuk yang sedang menghampirinya. Apalagi jika tidur di situasi yang sunyi dengan bantal dan kasur yang nyaman, empuk,wah pastinya sangat enak sekali ya,,,.sedangkan tidur sendiri memiliki waktu normal berkisar antara 7-9 jam,tapi ada juga cukup 6 jam sudah puas, itu tergantung masing-masing orang. Karena kan setiap orang beda-beda.
Waktu tidur yang nyenyak pun dilakukan di malam hari  yaitu dimulai sekitar pukul 21.00 dan bangun pukul 04.00/05.00.Tapi bagai mana jika aktifitas tidur itu dilakukan di pagi saat matahari mulai terbit?? Apakah masih nyaman dan aman dilakukan??Banyak masyarakat indonesia masih melakukan aktifitas tidur di pagi hari dengan berbagai alasan seperti terlalu banyak begadang di malam hari,sehingga mereka menggantinya di waktu pagi hari saat matahari mulai terbit.
Dan terutama yang pekerja sift malam,kebanyakan pasti akan tidur di pagi hari yaitu setelah pulang kerja karena …