Ternyata ini penyebab mata anda menjadi minus,coba kenali dan lakukan pemijatan berikut supaya sembuh

Mata minus atau dalam istilah kedokteran di sebut dengan miopia atau ketidakmampuan mata untuk melihat jelas benda atau sesuatu yang jaraknya jauh.
Mata minus biasanya banyak di derita oleh anak-anak atau remaja yang memiliki gaya hidup yang kurang baik.

Penyebab mata minus


Mata minus
Ilustrasi penderita mata minus

Penyebab mata minus yang sebenarnya belum sepenuhnya di pahami.
Namun beberapa faktor berikut ini di percaya dapat meningkatkan resiko seseorang untuk memiliki mata minus.
Dikutip dari berbagai sumber berikut ini diantaranya:

~Faktor keturunan.

Hal ini tidak dapat dihindari lagi dan menjadi faktor utama seseorang memiliki mata minus.
Jika kedua orang tua menderita mata minus atau memakai kacamata,maka tidak bisa dipungkiri bila anak mereka yang terbilang masih kecil memiliki mata minus,sama seperti kedua atau salah satu dari orang tuanya.

~Gaya hidup dan pola makan

Gaya hidup yang tidak baik bisa menyebabkan mata yang tadinya sehat menjadi minus hanya karena pola hidup  dan asupan makanan yang kurang bergizi.

Misal:

  • mata yang lelah sering dipaksakan untuk terus menatap ke layar monitor atau ponsel.Jika hal itu terjadi terus menerus,maka mata akan menjadi lelah dan lama-kelamaan pandangan mata akan menjadi kabur dan matapun menjadi minus.
  • Seringnya bekerja di dalam ruangan menyebabkan mata harus dipaksa untuk melihat sesuatu yang jaraknya dekat,itu menyebabkan mata untuk terbiasa melihat sesuatu yang dekat dan ketika melihat sesuatu yang jauh maka pandangan akan menjadi kabur.
  • Disarankan untuk sering melihat halaman hijau di luar ruangan dan memusatkan mata untuk menatap satu titik yang letaknya jauh,contoh di pemandangan sawah.
  • Ditambah lagi pola makan mereka yang kurang diperhatikan, mata yang sehat memerlukan asupan nutrisi untuk senantiasa sehat.Nutrisi vitamin A sangat diperlukan untuk kesehatan mata banyak terdapat dalam buah atau wortel.


Tanda-tanda seseorang menderita mata minus.


Mata minus
Ilustrasi penderita mata minus


Jika seseorang yang menderita mata minus pasti mengalami hal sebagai berikut ini,


  1. Sering mengeluh sakit kepala atau pusing.Hal ini sering terjadi saat mata mulai lelah,disebabkan oleh tingkat ketegangan mata yang berlebihan yang menimbulkan mata menjadi lelah.Penyebab timbulnya sakit kepala karena aliran darah yang tersumbat  dan menghambat darah mengalir lancar ke bagian kepala.  
  2. Pandangan mata menjadi buram atau kabur.Jika mata minus dibiarkan begitu saja ,maka lama-kelamaan minus akan bertambah parah dan menimbulkan gejala seperti pandangan mata menjadi kabur.Lebih parahnya saat malam hari dan sedang mengemudi maka bisa saja pandangan hanya akan terlihat jelas dalam jarak yang hanya berapa meter saja.Hal ini sering disebut dengan night myopia.
  3. Sering mengucek mata atau berkedip.Hal ini sering dilakukan oleh penderita mata minus dengan tujuan memperjelas penglihatan yang semula tampak buram menjadi jelas.Akan tetapi banyak orang yang tidak mengetahui bahaya mengucek mata dengan tangan atau benda lainya, padahal jika kebiasaan ini dilakukan terus menerus maka hal yang akan terjadi malah pandangan akan menjadi buruk dan menyebabkan kerusakan pada syaraf mata.
  4. Sering mengerutkan kening atau menciutkan mata.Saat melihat sesuatu yang jaraknya jauh memang terlihat sangat buram,biasanya penderita mata minus akan mengerutakan kening atau menciutkan mata dengan tujuan pandangan akan tampak sedikit lebih jelas.Biasanya hal ini dilakukan saat melihat jam dinding atau sesuatu yang berlawanan menghampirinya.
  5. Lebih mendekat pada object atau benda.Biasanya penderita mata minus sering melakukan hal ini,terutama saat menonton tv,membaca buku ataupun menatap ponsel.Hal ini ditujukan tidak lain hanya untuk memperjelas penglihatan.Akan tetapi hal ini kurang disadari bahwa jika dilakukan terus menerus maka,mata minus akan semakin parah.Sebaiknya untuk penderita mata minus,sebaiknya kurangi kebiasaan ini.      


Gejala miopia bisa menjadi tanda tidak normalnya kadar gula darah pada penderita diabetes atau sebagai indikasi awal terjadinya katarak.

Untuk mengurangi penambahan mata minus memang sebaiknya mengenali penyebab mata bertambah minus dan menghindari penyebab itu sendiri.

Untuk penderita mata minus yang sudah memeriksakan matanya ke dokter ahli mata,biasanya Dokter akan memberikan alternative penggunaan kaca mata maupun kontak lensa untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan akibat mata minus.

Akan tetapi penggunan alat-alat tersebut tidak dapat menghentikan atau mengobati mata minus ataupun menyembuhkan kurva kornea mata yang tidak teratur yang menyebabkan pandangan menjadi kabur.

Salah satu hal yang dapat menyembuhkan mata minus secara total adalah melakukan operasi.
Hal ini dapat juga menghilangkan ketergantungan pada kaca mata dan lensa kontak.

Biasanya operasi lasik yang paling sering umum orang lakukan untuk memperbaiki kondisi ini,hal ini dapat juga dilakukan untuk penderita katarak.

Operasi lasik merupakan sebuah operasi laser canggih yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mata untuk lebih fokus yaitu dengan memperbaiki  kornea.


Pixabay.com

Akan tetapi untuk sembuh total dari mata minus ternyata memerlukan biaya yang tidak murah bahkan mahal untuk kalangan yang memiliki ekonomi pas-pasan.

Untuk itu banyak orang yang memilih alterntif lain untuk masalah ini.
Seperti mereka memilih untuk menggunakan obat tradisional yang dipercaya dapat menyembuhkan mata minus atau memilih untuk melakukan pemijatan akupresur yaitu pemijatan langsung pada daerah syaraf mata dan bisa dilakukan sendiri atau minta bantuan orang lain.

Pemijatan ini tidak memerlukan biaya jika dilakukan sendiri,bahkan diyakini bisa menyembuhkan mata minus secara total, bisa dilakukan kapan saja tapi ingat jangan dilakukan secara berlebihan ,mengingat yang berlebihan itu tidak baik.

Dikutip dari berbagai sumber berikut kami sajikan titik pemijatan untuk mata minus disekitar mata.

  1. Titik pijat berada di sebelah sisi alis kanan dan kiri, tekan menggunakan kedua jari tangan anda secar perlahan kurang lebih selama tiga menit atau seperlunya.
  2. Titik pijat ada di tengah-tengah alis, tekan menggunakan jempol tangan anda,dan resapi.
  3. Titik pijat ada di bawah hidung,diantara lubang hidung,lakukan pemijatan kurang lebih selama tiga menit atau seperlunya.
  4. Titik pijat ada di sebelah sisi hidung agak ke atas,lakukan pemijatan menggunakan jempol dan jari telunjuk.
  5. Titik pijat ada di alis,urut alis menggunaan kedua jari telunjuk dari arah dalam keluar ,jika terdapat seperti urat,tetaplah mengurut mungkin itu urat saraf yang tegang penyebab pandangan kabur.
  6. Titik pijat ada di tulang bawah mata, urut bagian tersebut dari arah dalam keluar menggunakan jari telunjuk yang sedikit ditekuk, untuk menghindari kuku yang mengenai mata jika tidak ditekuk.

Mungkin masih banyak titik pijat yang mengarah pada syaraf mata,akan tetapi hal yang diatas mungkin yang lebih penting,mengingat letaknya yang berada di sekitar mata dan ingat lakukan pemijatan jangan berlebihan tapi sering.
Dan hasil yang di dapatkan satu orang dengan yang lainya berbeda itu tergantung seberapa sering anda melakukan pemijatan dan perlakuan anda terhadapnya.

Karena banyak yang telah melakukan pemijatan akupresure tersebut sembuh total dan lepas dari kacamata.
Jika menimbulkan hal lain alangkah baiknya konsultasikan ke Dokter ahli mata agar dilakukan penanganan yang tepat.

semoga bermanfaat.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan

loading...

Iklan