Skip to main content

pengertian operasi Lasik yang bisa menyembuhkan segala macam penyakit mata

Bagi yang sudah pernah menderita penyakit mata mungkin tidak asing lagi ya dengan yang namanya operasi lasik.
Tapi bagi yang belum pernah menderita sakit mata mungkin terdengar asing di telinga mereka.Dan mencari informasi dari berbagai sumber untuk mengetahuinya secara mendetail.
Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai seputar operasi lasik,seperti yang sedang anda cari informasinya.


Ilustrasi operasi lasik

Lasik(laser-assisted in situ keratomileusis) adalah prosedur bedah rawat jalan yang digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan pada mata seperti rabun jauh,rabun dekat dan astigmatisme.

Operasi lasik dilakukan dengan menggunakan laser yang digunakan untuk membentuk kornea untuk memperbaiki cara mata memfokuskan sinar cahaya ke retina di belakang mata.
Dengan lasik dokter mata menciptakan flap(pembukaan lapisan)tipis di kornea,baik menggunakan pisau atau laser. Kemudian dokter melipat kembali flap tersebut lalu dengan akurat mengangkat sejumlah khusus jaringan kornea yang berada di bawah flap dengan menggunakan laser excimer.Flap ini  kemudian dikembalikan ke tempat asalnya.

Bagi orang yang rabun jauh Lasik digunakan untuk meratakan kornea yang melengkung terlalu tajam.Bagi orang yang memiliki rabun dekat lasik digunakn untuk melengkungkan kornea yang terlalu datar.Lasik juga dapat membenarkan kornea yang tidak teratur menjadi normal untuk penderita astimatisme.

Untuk prosedur operasi lasik sendiri dilakukan sebagai berikut:
  • Pasien berbaring di bawah perangkat bedah yang disebut dengan excimer laser pada ruang bedah rawat jalan.
  • Mata pasien kemudian akan diberi beberapa tetes anestesi topikal agar mati rasa.Penahan kelopak mata ditempatkan di antara kelopak mata agar mata terus terbuka dan mencegah pasien untuk berkedip.
  • Sebuh cincin hisap diletakkan pada mata yang terbuka untuk meratakan kornea dan mencegah mata bergerak.Pasien mungkin akan merasakan tekanan dari penahan kelopak mata dan cincin hisap,hal ini mirip dengan jari yang ditekan tegas pada kelopak mata. Ketika cincin hisap di pasang di mata,pandangan akan redup atay menjadi gelap.
  • Setelah kornea diratakan,flap pada jaringan kornea diciptakan dengan menggunakan perangkat microsurgical seperti laser atau pisau bedah.
  • Kemudian flap kornea ini di angkat dan dilipat kembali,lalu excimer laser akan mengukur mata sebelum di program.
  • Dokter akan memeriksa bahwa laser sudah berada pada posisi yang tepat. Setelah laser memotong jaringan kornea,dokter kemudian menempatkan flap kembali dan menghaluskan sisinya.Flap akan menempel pada jaringan kornea dalam 2-5menit tanpa memerlukan jahitan.
Setelah operasi selesai,dokter akan memberikan obat tetes mata dan pelindung mata agar mata terlindungi dari gesekan .Pemulihan pengkihatan akan memakan waktu 3-6 bulan setelah operasi.

Hal berikut perlu dipersiapkan sebelum operasi lasik guna menghindari kemungkinan terburuk terjadi:
  • Tidak menggunakan berbagai krim lotion,make up dan parfum sehari-hari.
  • Tidak memakai soft contact lenses selama 2 minggu sebelum evaluasi awal.
  • Tidak memakai toric soft contact lenses atau rigid gas permeable (RGP),lenses selama 3 minggu sebelum  evaluasi pertama.
  • Tidak memakai  hard lenses selama 4 minggu sebelum evaluasi pertama.
Dan berikut hal yang harus dilakukan setelah operasi sambil menunggu operasi pulih kembali minimal waktu 3-6 bulan:
  • Tidak menggunakan make up mata apapun selama 2 minggu.
  • Menggunakan pelindung mata di malam hari selama 1 bulan.
  • Tidak boleh berenang,berendam maupun mandi di air panas.
  • Tidak melakukan olahraga apapun selama 3hari.
  • Tidak melakukan olahraga berat selama 1 bulan
Lakukan apapun prosedur dan peraturan-peraturan dari dokter jika anda ingin segera sembuh.(sumber hallosehat.com)

Perlu di ingat bahwa tidak semua pasien dapat melakukan operasi lasik,ada beberapa pasien dengan kondisi berikut tidak boleh melakukan operasi lasik.
Seperti berikut:
  1. Memiliki penglihatan yang baik
  2. Melmiliki pupil yang besar atau kornea tipis.
  3. Memiliki pekerjaan yang dapat terpengaruh paska dilakukan operasi
Berikut keuntungan menjala
ni operasi lasik:
  • Perbaikan penglihatan langsung terasa membaik pasca dilakukan operasi.
  • Rasa sakit yang minimal karena penggunaan obat anestesi tetes.
  • Tingkat keberhasilan tinggi sekitar 96 persen pasien yang menjalani operasi lasik mengalami perbaikan kualitas penglihatan.
  • Tidak perlu jahitan dan penggunaan perban pasca operasi lasik.
  • Penyesuaian terhadap hasil operasi LASIK dapat dilakukan beberapa bulan setelah melakukan operasi.
Setelah keuntungan ada juga kerugian menjalani operasi lasik sebagai berikut:
  • Pada kasus tertentu,operasi lasik dapat menghilangkan penglihatan terbaik pasien yaitu kualitas pandangan terjelas yang dapat di capai oleh pasien dengan bantuan kacamata.Namun hal tersebut jarang terjadi.
  • Teknik operasi rumit.Beberapa masalah dapat terjadi ketika dokter membuat flap pada kornea yang dapat memengaruhi penglihatan pasien.
Setelah melakukan operasi lasik tentu hasil yang diharapkan bisa maksimal bukan,yaitu memiliki penglihatan yang kembali normal.
Tetapi alangkah baiknya jika penglihatan yang normal itu di dapat tidak dari hasil operasi melainkan dari cara perawatan dan cara anda menjaga mata anda secara baik.
Hindari segala hal yang bisa menyebabkan penglihatan mata menjadi tidak nomal.

Baca juga: 10 gangguan dan penyakit pada mata yang perlu anda ketahui

Penyebab mata minus dan gejala yang ditimbulkan

Cara melakukan penelitian terhadap mata dan saran yang wajib anda 
ketahui

Obat herbal mengobati mata minus agar terlepas dari kaca mata



Popular posts from this blog

Cara menghilangkan jerawat batu dan wajah kembali mulus

Nggak perlu mahal buat ngilangin jerawat batu kamu,cukup menggunakan bahan ini dijamin jerawat batu kamu hilang dan wajah kembali mulus.
Cara menghilangkan jerawat batu di wajah maupun di bagian tubuh manapun sangatlah mudah sekali,bahkan tanpa mengeluarkan biaya mahal,dan dapat dilakukan kapan saja.
Cara ini alamai tanpa efek samping,bahkan untuk jangka panjang sekalipun.
Oke inilah bahan yg digunakan.

1.menggunakan cuka sari apel.



Yap,cuka sari apel memang dikenal sangat ampuh sebagai alternatif menghilangkan jerawat batu beserta bekasnya,karena cuka apel dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat,bahkan sampai bekasnya pun bisa hilang tanpa meninggalkan bekas.

Caranya cukup mudah yaitu:

Bersihkan dulu wajah dengan air bersih dan cukup campur cuka apel dengan air bersih,dengan takaran 1 banding 3.Artinya misal satu sendok cuka apel dicampur dengan air putih 3 sendok, dan kelipatanya.Selanjutnya usapakan air campuran tadi ke wajah menggunakan kapas, cukup sedikit-sedikit dulu mer…

Arti tindihan menurut dunia medis, penyebab dan hal supaya tidak terjadi tindihan

Mitos yang masih di percaya masyarakat indonesia sampai hari ini salah satunya adalah tindihan saat tidur.
Masyarakat mempercayai penyebab tindihan ada kaitanya dengan makhluk halus,hal itu dikarenakan ketika seseorang sedang tidur kemudian ada sesosok makhluk halus yang sedang duduk atau ikut tidur tepat di atas badan orang tersebut, sehingga menimbulkan sulit bernafas,sulit bergerak yang kemudian di susul munculnya sosok bayangan tinggi besar di depan mata mereka.
Masyarakat mengira sosok bayangan tinggi besar itu adalah makhluk halus penyebab tindihan pada mereka, sehingga mereka mengaitkannya dengan hal mistis.
Padahal menurut dunia medis tidak demikian.

Apa arti tindihan menurut medis?

Menurut medis, suatu kondisi dimana seseorang yang sadar saat tidur tetapi tidak dapat bangun untuk menggerakkan badan ataupun berbicara yang biasanya disertai dengan halusinasi atau masyarakat sering menyebutnya dengan tindihan, menurut medis keadaan ini di sebut dengan sleep paralysis atau kelumpuhan …

Masih sering tidur di pagi hari??waspada bahaya ini mengintai kamu

Yah tidur memang sangat menyenangkan bagi seseorang untuk melampiskan rasa capek atau rasa kantuk yang sedang menghampirinya. Apalagi jika tidur di situasi yang sunyi dengan bantal dan kasur yang nyaman, empuk,wah pastinya sangat enak sekali ya,,,.sedangkan tidur sendiri memiliki waktu normal berkisar antara 7-9 jam,tapi ada juga cukup 6 jam sudah puas, itu tergantung masing-masing orang. Karena kan setiap orang beda-beda.
Waktu tidur yang nyenyak pun dilakukan di malam hari  yaitu dimulai sekitar pukul 21.00 dan bangun pukul 04.00/05.00.Tapi bagai mana jika aktifitas tidur itu dilakukan di pagi saat matahari mulai terbit?? Apakah masih nyaman dan aman dilakukan??Banyak masyarakat indonesia masih melakukan aktifitas tidur di pagi hari dengan berbagai alasan seperti terlalu banyak begadang di malam hari,sehingga mereka menggantinya di waktu pagi hari saat matahari mulai terbit.
Dan terutama yang pekerja sift malam,kebanyakan pasti akan tidur di pagi hari yaitu setelah pulang kerja karena …