Skip to main content

Coba kenali lebih dalam,golongan darah anda termasuk yang mana?

Gambar ilustrasi penggolongan darah
Pada dasarnya golongan darah digolongkan menjadi 4 yaitu:

1.Golongan darah A
2.Golongan darah B
3.Golongan darah AB
4.Golongan darah Odibaca(nol bukan o)
Mengapa simbol O pada penyebutan golongan darah disebut nol bukan o?Karena golongan darah A mempunyai sel darah dengan antigen A,golongan darah B mempunyai antigen  B,golongan darah AB mempunyai antigen A dan B,sedangkan golongan darah O sel darahnya diketahui tidak memiliki antigen sama sekali.

Apa itu antigen?
Antigen adalah sebuah zat yang merangsang respon imun ,terutama dalam menghasilkan antibodi.Antigen biasanya berupa protein atau polisakarid,tetapi dapat juga berupa molekul lainya,termasuk molekul kecil(hapten)yang bergabung dengan protein pembawa atau carrier.

Untuk mengetahui golongan darah seseorang dapat dilakukan dengan cara salah satunya tes darah atau mengambil sample darah oleh Dokter untuk kemudian diketahui golongan darahnya.

Maksud penggolongan darah ini adalah untuk tranfusi darah yaitu memindahkan darah seseorang kedalam tubuh orang lain yang dilakukan melalui pembuluh darah balik(vena).

Tranfusi darah ini dilakukan bila seseorang banyak kehilangan darah,karena misal:
1.Kecelakaan sehingga terjadi perdarahan yang hebat.
2.Operasi.
3.Melahirkan dimana banyak kehilangan darah.
4.TBC yang sekonyong-konyong dapat terjadi perdarahan yang luar biasa dan lain-lain.

Tranfusi darah itu harus cocok,artinya darah pemberi harus sesuai dengan penerima.Dan tidak sembarang jenis darah dapat menerima tranfusi darah,dilansir dari berbagai sumber ini dia golongan darah yang dapat melakukan tranfusi darah,

~golongan darah A hanya dapat di berikan kepada orang yang bergolongan darah A.
~golongan darah B hanya dapat di berikan kepada orang yang bergolongan darah B.
~golongan darah AB dapat menerima tranfusi dari semua golongan darah.
Golongan darah AB disebut juga penerima umum(resipiens universil).
~golongan darah O dapat dapat memberi/tranfusi kesemua golongan darah.

Dalam sel darah merah orang yang bergolongan darah A terdapat aglutinogen A yaitu alfa dan tidak terdapat aglutinin beta
Aglutinogen yaitu zat yang dapat di gumpalkan oleh aglutinin yaitu alfa dan beta.
Sebaliknya seseorang yang bergolongan darah B berarti dalam sel darah merahnya terdapat aglutinogen B yaitu beta dan tidak terdapat alfa.

Bila aglutinogen B bertemu dengan aglutinin beta atau aglutinogen A bertemu dengan aglutinin alfa makan akan terjadi penggumpalan.Akibatnya mungkin orang itu akan mati karena peristiwa itu.

Golongan darah AB dalam sel darah merah terdapat aglutinogen A dan B tetapi dalam serum darahnya tidak mempunyai aglutinin.Karena tidak mempunyai aglutinin maka dapat menerima dari semua golongan darah (resipiens universil).
Golon.

Golongan darah O dalam sel darah merahnya tidak mempunyai aglutinogen dan dalam serum darahnya terdapat aglutinin alfa dan beta.Karena tidak mempunyai aglutinogen maka dapat memberi kesumua golongan darah atau disebut juga donor universil.




Popular posts from this blog

Cara menghilangkan jerawat batu dan wajah kembali mulus

Nggak perlu mahal buat ngilangin jerawat batu kamu,cukup menggunakan bahan ini dijamin jerawat batu kamu hilang dan wajah kembali mulus.
Cara menghilangkan jerawat batu di wajah maupun di bagian tubuh manapun sangatlah mudah sekali,bahkan tanpa mengeluarkan biaya mahal,dan dapat dilakukan kapan saja.
Cara ini alamai tanpa efek samping,bahkan untuk jangka panjang sekalipun.
Oke inilah bahan yg digunakan.

1.menggunakan cuka sari apel.



Yap,cuka sari apel memang dikenal sangat ampuh sebagai alternatif menghilangkan jerawat batu beserta bekasnya,karena cuka apel dapat membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat,bahkan sampai bekasnya pun bisa hilang tanpa meninggalkan bekas.

Caranya cukup mudah yaitu:

Bersihkan dulu wajah dengan air bersih dan cukup campur cuka apel dengan air bersih,dengan takaran 1 banding 3.Artinya misal satu sendok cuka apel dicampur dengan air putih 3 sendok, dan kelipatanya.Selanjutnya usapakan air campuran tadi ke wajah menggunakan kapas, cukup sedikit-sedikit dulu mer…

Arti tindihan menurut dunia medis, penyebab dan hal supaya tidak terjadi tindihan

Mitos yang masih di percaya masyarakat indonesia sampai hari ini salah satunya adalah tindihan saat tidur.
Masyarakat mempercayai penyebab tindihan ada kaitanya dengan makhluk halus,hal itu dikarenakan ketika seseorang sedang tidur kemudian ada sesosok makhluk halus yang sedang duduk atau ikut tidur tepat di atas badan orang tersebut, sehingga menimbulkan sulit bernafas,sulit bergerak yang kemudian di susul munculnya sosok bayangan tinggi besar di depan mata mereka.
Masyarakat mengira sosok bayangan tinggi besar itu adalah makhluk halus penyebab tindihan pada mereka, sehingga mereka mengaitkannya dengan hal mistis.
Padahal menurut dunia medis tidak demikian.

Apa arti tindihan menurut medis?

Menurut medis, suatu kondisi dimana seseorang yang sadar saat tidur tetapi tidak dapat bangun untuk menggerakkan badan ataupun berbicara yang biasanya disertai dengan halusinasi atau masyarakat sering menyebutnya dengan tindihan, menurut medis keadaan ini di sebut dengan sleep paralysis atau kelumpuhan …

Masih sering tidur di pagi hari??waspada bahaya ini mengintai kamu

Yah tidur memang sangat menyenangkan bagi seseorang untuk melampiskan rasa capek atau rasa kantuk yang sedang menghampirinya. Apalagi jika tidur di situasi yang sunyi dengan bantal dan kasur yang nyaman, empuk,wah pastinya sangat enak sekali ya,,,.sedangkan tidur sendiri memiliki waktu normal berkisar antara 7-9 jam,tapi ada juga cukup 6 jam sudah puas, itu tergantung masing-masing orang. Karena kan setiap orang beda-beda.
Waktu tidur yang nyenyak pun dilakukan di malam hari  yaitu dimulai sekitar pukul 21.00 dan bangun pukul 04.00/05.00.Tapi bagai mana jika aktifitas tidur itu dilakukan di pagi saat matahari mulai terbit?? Apakah masih nyaman dan aman dilakukan??Banyak masyarakat indonesia masih melakukan aktifitas tidur di pagi hari dengan berbagai alasan seperti terlalu banyak begadang di malam hari,sehingga mereka menggantinya di waktu pagi hari saat matahari mulai terbit.
Dan terutama yang pekerja sift malam,kebanyakan pasti akan tidur di pagi hari yaitu setelah pulang kerja karena …