10 gangguan atau penyakit pada mata yang perlu anda ketahui!

Mata merupakan alat vital yang sangat penting bagi manusia dan digunakan untuk melihat.

Mata minus

Tapi apakah kalian tau jika kalian kurang memahami kesehatan mata maka akan ada beberapa gangguan pada mata bahkan sampai penyakit mata dan terjadi kebutaan.

Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa gangguan pada mata dan penjelasanya,hal ini ditujukan agar kalian lebih mengenal beberapa gangguan yang terjadi pada mata dan bisa lebih waspada akan bahayanya.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut penjelasan lebih lengkapnya mengenai gangguan dan penyakit pada mata yang umum terjadi:

1.Glaukoma

Glaukoma merupakan penyakit mata yang merusak saraf optik mata,yang mengirimkan informasi visual ke otak anda.Lebih dari 3 juta orang di Amerika memiliki glaukoma,namun hanya sebagian dari mereka yang menyadarinya.

Glaukoma memang tidak memiliki gejala pada mulanya.Namun,di dalam mata anda mengalami tekanan yang meningkat dan titik-titik kebutaan berkembang di sisi pandangan anda. Titik ini bisa tidak terdeteksi sampai saraf optik memiliki kerusakan yang serius atau pemeriksaan mata lengkap oleh dokter.

2.Mata bintitan 

Mata bintitan adalah salah satu penyakit  yang menyerang bagian mata,namun penyakit ini bukan penyakit serius, dan akan sembuh dengan sendirinya jika nanahnya sudah keluar.
Berikut gejalanya

  • Muncul bintitan seperti bisul di kelopak mata bagian atas maupun bawah.
  • Perih di mata.
  • Timbulnya rasa nyeri.
  • Warna mata cenderung merah atau kebiruan.

Penyakit ini biasanya menyerang anak-anak,yang disebabkan oleh beberapa faktor:

  • Mata kelilipan atau terkena debu dan kita menguceknya menggunakan tangan.
  • Adanya infeksi kuman stafilokokus.
  • Peradangan atau infeksi dari muara kelenjar pada lapisan kelopak mata.

3.Mata juling(strabismus).



Mata juling bisa diderita oleh semua orang baik laki-laki maupun perempuan dan yang masih anak-anak maupun dewasa.
Penderita mata juling (strabismus) tidak bisa melihat sesuatu dengan baik dan bisa kita kenali dari bola matanya yang terlihat ke arah kanan atau kiri sehingga menyebabkan pandangan mata yang sebenarnya lurus menjadi tidak lurus dan sebaliknya.

Berikut gejala penderita strabismus:

Penderita strabismus bisa kita kenali dengan kebiasaanya yaitu sering memiringkan salah satu bagian mata atau menutup satu mata agar pandangannya terhadap sesuatu terlihat lebih jelas.
Penyab penyakit ini antara lain:

  • keseimbangan mata saat melihat pada sebuah objek menjadi tidak jelas, yang disebabkan karena otak tidak bisa mengatur keseimbangan.
  • Kelainan mata yang menyebabkan rabun jauh atau rabun dekat.
  • Saraf yang  bekerja untuk mengatur otot mata tidak bisa berfungsi dengan benar.

4.Ablasi Retina

Penyakit ini terjadi ketika retina,jaringan sensitif mata yang mengirimkan pesan bergambar ke otak anda keluar dari posisinya.
Penyakit ini jarang terjadi dan beberapa studi mengatakan hanya 1 persen dari populasi yang mengembangkan penyakit ini.
Gejala penyakit ini ditandai dengan mereka melihat bayangan gelap buram mulai melebar.

5.Mata Belekan

Penyakit ini biasanya juga menyerang anak-anak yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus dan menyebabkan mata mengeluarkan kotoran yang cukup banyak dan sulit berhenti,kotoran itu berwarna putih, dan mata cenderung berwarna kemerahan.

Untuk mengatasi belekan terutama pada anak bisa menggunakan obat tetes mata yang biasa di jual di apotik, dan hindari kontak langsung dengan lingkungan yang berdebu.
Dan selalu hindari makanan yang dapat menyebabkan panas dalam seperti gorengan dan coklat.
Jika belekan tidak kunjung sembuh segera kunjungi dokter tetdekat.

6.Buta Warna

Hal ini ditandai dengan ciri-ciri penderitanya tidak dapat membedakan warna yang dilihatnya, biasanya warna yang dilihat seperti hitam,abu-abu dan putih.
Penyakit ini biasana terjadi karena keturunan.

7.Katarak

Penyakit ini muncul ketika lensa alami mata menjadi kabur.Penyakit ini biasanya diderita oleh orang yang usianya sudah tua.Karena banyak yang berasumsi  mata minus juga bisa menyebabkan katarak.
Perokok aktif dan sering terkena paparan matahari  yang signifikan atau menderita trauma lebih rentan terkena katarak,oleh karena itu hindari hal tersebut.
Penderita katarak sering mengalami pandangan yang kabur,silau atau ada lingkaran cahaya,penglihatan ganda dalam satu mata.
Katarak hanya bisa disembuhkan dengan cara operasi Lasik yaitu dengan jalan memotong flap untuk mencapai bagian dalam kornea dan menghilangkan sejumlah kecil jaringan dari kornea untuk memperbaiki kesalahan fokus,yaitu dengan menggunakan laser.

8.Penyakit lensa mata

Beragam jenis gangguan yang menyerang penglihatan ini,diantaranya:

  • Miopi/rabun jauh(tidak dapat melihat dengan jelas objek yang jauh).
  • Hiperopi/rabun dekat(tidak dapat melihat jelas objek dengan jarak dekat).
  • Presbiopi(kelainan fisik pada lensa mata yang menyebabkan kesulitan untuk melihat objek dengan jarak dekat).
  • Astigmatisma(penglihatan terlihat kabur).
  • Amblyopia(pusat penglihatan pada salah satu mata tidak berkembang dengan baik).
  • Silindris(obje yang dilihat terlihat melengkung).
  • Strabismus(mata juling).

9.Degenerasi makula

Penyebab paling umum kebutaan orang amerika saat ini.Penyakit ini menyerang bagian makula,daerah kecil pada retina mata yang membantu melihat secara jelas dan detail,mengalami kerusakan.
Jangan abaikan penyakit ini,jika terjadi penglihatan yang tidak normal segera hubungi dokter.

10.Konjungtivitis atau pink eye

Penyakit ini umum terjadi.
Ini terjadi ketika jaringan yang jelas di atas bagian putih mata anda mengalami radang.
Hal ini membuat mata anda berwarna merah muda dan juga gatal atau berair.Kelopak mata juga mungkin akan menutup sedikit sehingga bisa membuat pandangan menjadi kabur.
Ingat penyakit ini termasuk jenis penyakit menular,rutinlah mencuci tangan anda dan tidak berbagi handuk atau bantal dengan orang lain agar penyakit kunjung sembuh dan tidak menular.

Mungkin itu beberapa gangguan pada mata yang dirangkum secara ringkas dalam artikel ini,jika terjadi gangguan mata alangkah baiknya segera hubungi dokter untuk penanganan yang lebih baik,mengingat pentingnya mata untuk kita.
Semoga bermanfaat.











Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel