Wajib tahu! kenapa uban tumbuh ketika usia kita masih muda

Usia masih muda tapi uban sudah tumbuh?? Mungkin ini penyebabnya.

Rambut beruban

Uban atau rambut yang berwarna putih yang hanya sebagian saja atau tidak merata,biasanya tumbuh pada saat seseorang telah memasuki masa menopause.Tetapi tidak menutup kemungkinan seseorang usia 20-an sudah ditumbuhi uban pada rambut mereka,yang di sebabkan berbagai faktor.

Rambut kita awalnya berwarna putih,warna hitam,pirang atau yang muncul lainya adalah warna alami yang membentuk karena pigmen yang di sebut melanin.Sel-sel pigmen yang disebut melanosit memproduksi pigmen melanin ini pada rambut.Nah jika produksi melanin pada rambut terganggu maka akan menimbulkan munculnya uban tersebut.
Berikut beberapa faktor yang dapat memicu tumbuhnya uban di usia muda.

1.Merokok

Merokok sama saja dengan memasukkan racun kedalam tubuh secara di sengaja.Banyak kandungan senyawa yang terdapat dalam rokok yang dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti jantung,kanker dll.

Perokok akan terlihat lebih tua daripada yang tidak merokok karena kurangnya oksigen,dan racun yang terkandung dalam rokok dapat mengurangi produksi melanin pada rambut yang dapat memicu tumbuhnya uban.


2.Kurangnya asupan asam folat

Makanan kaya asam folat

Asam folat adalah bentuk fitamin B kompleks yang larut dalam air.Zat ini diperlukan dalam pembangunan tubuh karena sifat multifungsi,mulai dari membantu proses produksi DNA,produksi melanin,dan masih banyak lagi.

Olehkarenanya asupan asam folat sangat penting terutama untuk pertumbuhan rambut,jika rambut kekurangan asam folat,maka pertumbuhan rambut menjadi terhambat dan bisa memicu tumbuhnya uban.
Asam folat sendiri bisa diperoleh dari makanan atau minuman seperti susu,sereal,roti dll.



3.Stress

Stress

Ketika sedang stress,suatu bagian otak yang disebut sebagai hipotalamus memicu pelepasan hormon adrenalin dan kortisol.Hal tersebut dapat mempengaruhi produksi melanin pada rambut dan efek yang ditimbulkan adalah munculnya uban pada rambut.

4.Seringnya menggunakan hair dryer

Penggunaan hry drayer

Hair dryer atau pengering rambut akan meningkatkan suhu air yang ada di akar rambut.Panas yang tiba-tiba akan membuat air di akar rambut menjadi uap dan terbentuk gelembung-gelembung dengan tekanan tinggi di batang rambut.
Hal ini dapat mengurangi produksi melanin pada rambut dan menimbulkan munculnya uban pada rambut.Olehkarenanya disarankan untuk tidak sering-sering memakai hair dryer demi kesehatan rambut.

5.Makanan cepat saji

Makanan cepat saji
Memang sangat menyenangkan jika makan makanan cepat saji itu,tidak perlu menunggu lama dan tinggal santap saja,tapi apakah kalian tahu jika makanan cepat saji itu memiliki banyak pengaruh buruk bagi tubuh,terutama yang mengandung zat karsinogenik/racun.Hal tersebut dapat mengurangi produksi melanin pada rambut kalian dan dapat menimbulkan munculnya uban, Oleh karenanya lebih baik makan makanan berwarna hijau atau daun daunan yang mempunyai banyak manfaat bagi tubuh dan tanpa resiko berbahaya.

Mungkin itu saja beberapa faktor penyebab munculnya uban di usia muda yang perlu kalian hindari,semoga bermanfaat:)




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel