Hey,kamu punya masalah dengan asam lambung???ini solusinya


Penyakit gerd

Asam lambung sebenarnya bukan penyakit ya,tapi itu produksi zat asam dalam tubuh terlalu banyak sehingga dapat naik ke kerongkongan dan memunculkan berbagai keluhan sedangkan penyakitnya biasa disebut dengan gerd.

Saat tubuh memproduksi asam dalam lambung yang terlalu banyak maka,zat asam tersebut akan naik ke kerongkongan dan menimbulkan efek sakit yang luar biasa,terutama sakit pada ulu hati,dada sesak bernafas,susah tidur,terdapat banyak lendir dalam mulut dan sebagainya tentunya menimbulkan rasa panik,cemas,dan gelisah.

Dan penderita asam lambung tidak hanya lanjut usia saja atau nenek,kakek,tapi di usia 20 th-nan pun sekarang sudah ada yg menderita asam lambung tersebut.
Ini sangat mengganggu sekali,apalagi jika asam lambung itu naik pada saat kita tidur,maka efeknya akan membuat penderita susah bernafas. 

Solusi saat asam naik waktu tidur adalah ubah posisi badan saat tidur,yaitu yang tadinya rebahan atau kepala sejajar dengan badan,diubah menjadi posiai 45 derajat atau hampir mendekati seperti orang dduk ,dan yang pasti kepala jangan sejajar dengan badan harus lebih tinggi.

Ini dilakukan agar asam lambung yang tadinya naik akan segera turun.
Dan sarankan setelah makan jangan langsung tidur,karena dapat menyebabkan dada menjadi sesak karena efek naiknya asam lambung,harus tunggu sampai kira- kira kurang lebih 2 jam.

Beberapa faktor umum yang mempengaruhi naiknya asam lambung diantaranya adalah 

1.Fikiran/stress

Pikiran stress

Ini adalah faktor umum yang mempengaruhi timbulnya penyakit gerd/atau asam lambung tersebut.Disaat pikiran kita sedang kacau,banyak masalah,maka otak akan mengirim sinyal ke lambung dan dapat menyebabkan naiknya asam lambung tersebut.Maka dari itu untuk penderita asm lambung di sarankan untuk tidak banyak fikiran agar tidak terjadinya naiknya asam lambung tersebut.

2.Pola makan yang tidak teratur

Pola makan yang tidak teratur juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung.
Itu terjadi karena lambung mencerna makanan secara tidak teratur,sehingga dapat menyebabkan naiknya asam lambung tersebut.

Solusinya makanlah secara teratur minimal 3x sehari,dan di sarankan jangan makan terlalu banyak,karena makan terlalu banyak juga mempengaruhi lambung untuk bekerja lebih extra, makan yang teratur dengan porsi yang sedang saja.
Dan jangan makan makanan pedas,,dan berlemaka juga.

Makanan berlemak sulit di cerna di lambung.Jangan makan banyak yang mengandung vit c,contoh jeruk,jambu biji dll.Disarankan juga untuk makan makanan yang agak lembut supaya lambung gampang memprosesnya,jangan makan yang banyak karbohidratnya juga karena sulit di cerna di lambung.

Untuk pengobatan herbal bisa menggunakan bubur talbina yg kaya akan karbohidrat dan memiliki tekstur lembut,tepung ini juga di anjurkan sejak jaman Rasulullah saw yang banyak mengandung banyak manfaat atau bisa juga menggunakan tepung yang berasal dari pati sari ketela yang di masak dengan air hangat,di makan dengan telur rebus agar lebih enak dan tambah nafsu makan.

Kedua tepung tersebut dipercaya dapat mengobati asam lambung atau mengobati lambung yang sudah luka,karena bisa seperti sebagai lem agar lambung bisa normal kembali.

Untuk obat herbal yang lain bisa seperti kunyit,dan kencur juga bisa digunakan.Makan buah pisang dan apel juga di sarankan untuk penderita asam lambung.

Atau meminum susu tanpa lemak yang saat ini banyak beredar di pasaran juga di anjurkan untuk menambah asupan serat.
Dan air putih hangat tanpa gula setiap pagi sebelum mkan juga di anjurkan untuk menghilangkan lendir-lendir di tenggorokan.



Selamat membaca semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel