5 Sumber Protein Nabati Terbaik Bagi Tubuh Anda

Seputar Kesehatan kali ini akan menjelaskan daftar 5 sumber protein nabati terbaik yang bagus untuk tubuh anda. Protein merupakan salah satu zat gizi penting yang diperlukan oleh tubuh manusia. Jons Jaqub Barzelius adalah orang pertama yang menemukannya pada tahun 1838.

Ibarat suatu mesin, protein berperan dalam menjalankan seluruh fungsi di dalam tubuh manusia. Protein memiliki beberapa manfaat diantaranya :

  • Memperkuat jaringan dan menggantinya jika rusak
  • Pembentukan tulang dan otot
  • Bagus untuk pertumbuhan seseorang, baik anak-anak, remaja, ataupun wanita hamil
  • Pembuatan zat antibodi untuk sistem kekebalan tubuh
  • Memelihara sel tubuh
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Menghasilkan tenaga
  • Meningkatkan energi

5 Sumber Protein Nabati Terbaik

Daftar Isi (Sembunyikan)

Protein terbagi dua yaitu protein nabati dan hewani. Protein nabati berasal dari tumbuh-tumbuhan sementara hewani berasal dari hewan. Untuk pembahasan kali ini, dijelaskan terlebih dahulu sumber protein nabati. Dilansir dari situs hellosehat.com dan berbagai situs lainnya berikut adalah beberapa daftarnya :

1. Tempe

Tempe, sumber protein nabati terbaik untuk tubuh
Sumber Gambar : commons.wikimedia.org

Jangan salah, meski dianggap makanan murahan justru makanan yang mengandung protein nabati terbaik ada pada makanan yang satu ini. Di dalam 100 gram protein terkandung sekitar 19 gram protein. 

Mendapatkan makanan ini admin rasa cukup mudah dan mengolahnya pun juga tidaklah susah. Anda bisa membuatnya menjadi tempe goreng, orek tempe, ataupun sambal tempe.


Selengkapnya tentang manfaat tempe lainnya dapat dibaca pada artikel berikut ini :


2. Tahu

Tahu Mengandung Protein
Diambil Dari : pxhere.com

Sama seperti tempe, makanan ini juga terbuat dari kedelai. Tahu mengandung 8 g protein per 100 gramnya. Bagi anda penderita kolesterol, tidak perlu takut untuk mengkonsumsinya. Pasalnya, di dalam tahu sama sekali tidak mengandung kolesterol yang berbahaya bagi tubuh anda. 

Selain itu terdapat juga kandungan kalsium (350 gram), magnesium (350 gram), dan zat besi (5,4 gram). Anda bisa mengolah tahu dengan cara digoreng ataupun direbus jika ingin mendapatkan manfaat yang lebih baik. 

3. Edamame

Edamame, sumber protein terbaik
Image Source : id.wikipedia.org

Tahukah anda edamame? Makanan ini merupakan jenis kacang-kacangan yang berasal dari negeri matahari terbit, Jepang. Pada 100 gram edamame tergantung 11 gram protein. Tak hanya itu, kacang yang satu ini juga kaya akan serat (5 gram), kalsium (63 gram), dan juga magnesium (64 gram). 

Biasanya edamame disajikan dengan cara di rebus kemudian di makan langsung selagi masih hangat. Namun jika anda mau bekreasi, tumislah bersama sayuran favorit anda.

4. Kacang Almond

Kacang Almond, Salah Satu Kacang yang Mengandung Protein Nabati
Gambar Diambil Dari : pixabay.com

Kacang almond atau yang juga disebut badam ini merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang juga kaya akan protein. Untuk 100 gram kacang almond, terkandung 21 gram protein. Selain itu, makanan yang satu ini juga mengandung 19 gram karbohidrat dan 50 gram lemak.

Biasanya makanan ini dijadikan cemilan oleh sebagian orang dan juga berkhasiat menjaga kesehatan kulit serta rambut karena makanan ini juga merupakan sumber vitamin E yang baik. Anda bisa menggunakan minyak almond untuk menjaga kesehatan kulit wajah. 


5. Kacang Polong

Kacang Polong/Ercis kaya akan protein
Source : pixabay.com

Kacang polong atau yang disebut kacang ercis ini merupakan tumbuhan penghasil sayuran yang berbentuk biji dan memiliki warna hijau. 100 gram kacang polong, mengandung sekitar 5 gram protein. 

Kacang yang satu ini juga kaya akan karbohidrat (14gram) dan beberapa vitamin seperti vitamin A, B6, dan C.  Untuk mengkonsumsinya, anda bisa mencampurkannya ke dalam sup atau menumisnya bersama sayuran lainnya. 

Informasi Lainnya Untuk Anda :

Penutup

Itulah beberapa makanan yang mengandung protein yang tinggi. Kelima makanan tersebut dapat dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari. Sekian informasi tentang 5 sumber protein nabati terbaik, semoga bermanfaat

1 comment :

  1. Hidup tempe! Tapi kenapa almond yang cenderung selera bule? Kalau kacang mete atau kenari, gimana? Itu lebih merakyat di Indonesia .

    ReplyDelete

Komentarlah yang Positif dan Relevan
Jangan Spam
Jangan Menggunakan Link Aktif

Dilarang berkomentar negatif dan mengandung unsur SARA

Terimakasih :)