5 Sumber Protein Hewani Terbaik Untuk Tubuh Anda

Setelah sebelumnya admin sudah membahas sumber protein nabati terbaik, unttuk pembahasan kali ini akan dijelaskan apa saja sumber protein hewani terbaik yang baik untuk tubuh anda. Seperti yang kita ketahui, protein terbagi menjadi 2 jenis, yakni protein nabati dan juga protein hewani.


Daftar Isi (Sembunyikan)

Jenis protein ini bersumber dari hewan. Protein hewani dianggap lebih baik daripada protein nabati karena mengandung asam amino esensial yang lebih banyak. Asam amino yaitu senyawa biokimiawi yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk jaringan tubuh. Diantara banyak makanan/minuman yang mengandung protein hewani, berikut ini adalah beberapa yang terbaik


5 Sumber Protein Hewani Terbaik

  • Telur

Telur merupakan salah satu sumber protein hewani terbaik
Sumber Gambar : pxhere.com

Telur, utamanya telur ayam merupakan salah satu makanan dengan kandungan protein yang cukup tinggi. Pada 100 gram telur, terkandung sekitar 13 gram protein. Telur rendah akan kolesterol terutama pada bagian putihnya, namun kuningnya mengandung kolesterol yang tinggi sekitar 370 mg. Makana ini juga mengandung kalium (126 gram), natrium (124 gram), vitamin A 520 IU, serta kalsium 50 gram.


Telur bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Untuk mengkonsumsinya, anda bisa merebusnya jika ingin mendapatkan zat gizi yang terbaik atau dikreasikan menjadi menu masakan seperti telur gulung, telur crispy,  dan telur mata sapi serta olahan telur lainnya.

Ternyata putih telur bisa menghilangkan jerawat lo, bagaimana caranya? Baca pada artikel berikut ini



  • Daging Merah

Daging Merah, Makanan Berprotein Tinggi
Image Source : pixabay.com
Daging merah seperti daging sapi dan daging kambing merupakan salah satu makanan yang juga kaya akan protein hewani. Kadar protein pada daging kambing sedikit lebih banyak dari daging sapi per 100 gramnya dengan perbandingan 27:26. 

Namun bagi anda penderita kolesterol, sebaiknya kurangi mengkonsumsi daging merah karena kandungan kolesterolnya yang sangat tinggi, 90 mg untuk daging sapi dan 75 mg untuk daging kambing. Makanan ini juga pantang diberikan bagi pnderita stroke dan serangan jantung. Daging biasanya diolah dengan dibuat sate, rendang, steak, sop, atau semur.

  • Daging Ayam

Daging ayam, salah satu makanan berprotein tinggi
Sumber : commons.wikimedia.org

Daging ayam meski mengandung lemak dan kolesterol yang cukup tinggi, tetapi juga kaya akan protein. Menurut data dari United States Department of Agriculture, per 100 gram daging ayam terkandung 18 gram protein. Selain itu makanan ini juga mengandung air (65 gram), kalsium (11 mg), kalium (189 mg), fosfor (147 mg), magnesium (20 mg), natrium (70 mg), serta zat gizi lainnya. 

Daging ayam berguna dalam menyembuhkan penyakit hidung tersumbat dan juga mencegah resiko terkena penyakit kanker.  Beberapa olahan yang bisa anda coba yang berbahan dasar daging ayam yakni ayam betutu, ayam rica-rica, ayam geprek, ayam penyerang, dan juga opor ayam. Tentu saja makanan-makanan tersebut begitu menggugah selera.


  • Daging Ikan

Ikan Tongkol, ikan kaya protein
Source : id.wikipedia.org

Daging ikan dikenal sebagai makanan tinggi protein namun memiliki kadar lemak yang rendah. Contohnya pada ikan tongkol yang mengandung sekitar 23,87 gram protein namun hanya mengandung 0,92 gram. Beberapa jenis ikan seperti ikan salmon memang mengandung lemak yang tinggi, namun yang terkandung bukanlah lemak jahat, melainkan lemak omega 3. 

Makanan yang satu ini bermanfaat untuk meningkatkan kerja sel otak dan juga menyembuhkan serta mencegah resiko beberapa jenis penyakit seperti kolesterol, kanker, serangan jantung. Daging dapat anda olah menjadi makanan yang lezat dan nikmat seperti bandeng fresto, pepes ikan, ikan bakar, gulai ikan, ikan goreng, dan masih banyak lagi.

  • Susu

Susu, Minuman mengandung protein tinggi
Gambar Diambil Dari : frisianflag.com

Susu, minuman yang satu ini selain kaya akan vitamin D dan kalsium ternyata susu juga mengandung  protein yang cukup tinggi, ya meskipun tidak sebanyak keempat makanan diatas, yaitu sebesar 3,4 gram per 100 gram.  Susu sebaiknya di konsumsi pada pagi hari karena pada saat itu tubuh benar-benar membutuhkan asupan protein.

Selain menjaga kesehatan tulang, susu juga memiliki manfaat menjaga kesehatan gigi dan juga meningkatkan energi. Anda dapat meminumnya dalam keadaan hangat ataupun dingin, suhu rendah maupun tinggi tidak akan mengurangi zat gizi pada minuman tersebut.

Baca Juga : Sumber Karbohidrat Selain Nasi

Penutup

Dengan mengkonsumsi kelima makanan/minuman diatas maka anda mendapatkan protein terbaik bagi tubuh. Demikian pembahasan tentang sumber protein hewani terbaik, semoga bermanfaat bagi semua.

2 comments :

Komentarlah yang Positif dan Relevan
Jangan Spam
Jangan Menggunakan Link Aktif

Dilarang berkomentar negatif dan mengandung unsur SARA

Terimakasih :)