Daftar 5 Sumber Karbohidrat Selain Nasi yang Sering Anda Konsumsi

Kali ini, Seputar Kesehatan akan memberikan informasi kepada anda semua mengenai daftar sumber karbohidrat selain nasi yang sering anda konsumsi. Karbohidrat merupakan satu diantara 5 zat gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia. Karbohidrat berperan penting dalam membentuk tenaga dan energi pada tubuh seseorang. Mengkonsumsinya membawa dampak positif, asal tidak berlebihan sehingga menyebabkan obesitas atau kegemukan.

Daftar Isi (Sembunyikan)

Berbicara soal sumber karbohidrat, makanan apa yang mengandung karbohidrat? Mayoritas orang akan menjawab nasi. Hal tersebut memang benar, sudah tidak bisa dibantah lagi tentang hal tersebut.  Namun tahukah anda? Sebenarnya entah anda sadari atau tidak bahwa makanan yang sering anda konsumsi berikut ini juga merupakan sumber karbohidrat yang bisa menggantikan peran nasi. Apa saja itu?


Daftar Sumber Karbohidrat Selain Nasi


1. Kentang

Kentang, sumber makanan penghasil karbohidrat
Sumber gambar : food.detik.com

Yang pertama yaitu kentang, sama halnya nasi makanan yang satu ini juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Per 100 gram kentang mengandung 17 g karbohidrat.

Makanan ini menjadi makanan utama di negara Eropa yang dapat anda olah menjadi beberapa olahan seperti perkedel dan juga kentang goreng yang tentu memiliki rasa yang lezat.

2. Singkong

Makanan yang Mengandung karbohidrat
Image Source : vebma.com

Singkong merupakan makanan penghasil karbohidrat dengan kadar yang lebih tinggi daripada nasi. Per 100 gram singkong, terkandung 38 g karbohidrat. Jumlah ini 10 gram lebih banyak dari nasi.

Hal ini bisa anda rasakan ketika memakan ubi kayu ini akan merasakan kenyang yang lebih lama. Singkong dapat diolah menjadi beberapa makanan yang lezat seperti singkong goreng, singkong rebus, tape, tiwul, dan getuk serta masih banyak lagi.

3. Ubi

Ubi Jalar, Sumber Karbohidrat Selain Nasi
Gambar diambil dari : beutyzen.id

Makanan yang ketiga adalah ubi. Awas, jangan sampai salah membedakan antara ubi dan singkong. Jika anda lihat dari sisi warna dalam, singkong hanya memiliki warna putih atau kuning, sedangkan ubi memiliki warna bervariasi ada yang merah, jingga, putih, dan juga ungu. Ubi memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 20 g per 100 gramnya, jumlah yang bisa dibilang cukup tinggi hampir mendekati nasi.

Dengan makanan tersebut, anda bisa menyulapnya menjadi olahan yang lezat dan nikmat seperti puding ubi, keripik ubi, serta masih banyak lagi. Bagi anda penderita diabetes, ubi adalah makanan yang baik untuk anda karena indeks glemiksnya yang rendah.

Bacaan Bagus yang Harus Anda Baca :

4.Jagung

Jagung, sumber karbohidrat Pengganti nasi
Sumber gambar : vemale.com

Jagung, makanan yang satu ini telah menjadi makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia, contohnya saja Nusa Tenggara Barat. Rasanya yang mengenyangkan tak ayal membuat jagung dijadikan pilihan sumber makanan pokok sebagai pengganti nasi.

Jagung mengandung karbohidrat 21 gram per 100 gram. Mengkonsumsi jagung bisa anda nikmati dengan cara dibakar, digoreng ataupun diolah menjadi bakwan jagung atau puding jagung. Soal rasa, tidak perlu ditanya lagi.

5.Gandum

Sumber gambar : duniaagro.com

Dan makanan kelima yang ternyata juga mengandung karbohidrat adalah gandum. Makanan ini mengandung karbohidrat yang  cukup tinggi. Salah satu contoh olahannya yaitu roti gandum yang memiliki kandungan karbohidrat sebesar 46,1 gram (sumber : fatscret.co.id).
Disarankan bagi anda untuk memilih gandum utuh karena mengandung serat yang bagus untuk pencernaan anda. Selain itu, tidak bagus untuk sering mengkonsumsi gandum karena dapat memicu kenaikan gula darah.

Penutup

Nah, sudah tau kan? Perlu anda ketahui sebenarnya masih banyak sumber karbohidrat lain selain apa yang admin sebutkan diatas. Dan yang pasti semua makanan diatas aman untuk dikonsumsi asal dalam jumlah yang wajar. Demikian artikel tentang daftar sumber karbohidrat selain nasi, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Komentarlah yang Positif dan Relevan
Jangan Spam
Jangan Menggunakan Link Aktif

Dilarang berkomentar negatif dan mengandung unsur SARA

Terimakasih :)