7 Khasiat Teh Pahit untuk Kesehatan Tubuh

7 Khasiat Teh Pahit | Bagi sebagian orang, meminum teh pahit adalah hal yang kurang mengenakkan. Mereka cenderung lebih suka teh yang diberi gula ataupun pemanis lainnya. Hal tersebut memang tidaklah salah. Namun, ketika anda meminum teh manis, khasiat yang didapatkan sudah berkurang daripada ketika anda belum menambahkan gula pada teh tersebut.

Teh pahit memang memiliki nilai gizi yang lebih baik. Penyebabnya yaitu tidak adanya kandungan gula sehingga cocok dikonsumsi oleh siapapun, termasuk penderita diabetes sekalipun. Selain itu, banyak sekali khasiat yang bisa anda dapatkan setelah mengkonsumsi minuman yang satu ini.

Namun sebelum admin menyampaikan apa saja khasiat teh pahit, anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang kandungan gizinya. Berikut beberapa kandungan gizi yang terkandung pada teh pahit per 240 ml :

Informasi Gizi Teh Pahit/Tawar

  • Kalori 2 kkal
  • Lemak jenuh 5 mg
  • Lemak tak jenuh tunggal 9 mg
  • Protein 0,02 gram
  • Karbohidrat 0,76 gram
  • Kalium 83 mg
  • Sodium 7 mg
Keterangan : data bersumber dari fatscret.co.id

Khasiat Teh Pahit Bagi Kesehatan


Setelah anda mengetahui sekilas tentang informasi nilai gizi yang terkandung di dalam secangkir teh, kini saatnya admin sampaikan beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari minuman tersebut. Apa saja itu?

Khasiat teh tawar yang bisa anda dapatkan

1. Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi manusia membutuhkan yang namanya mineral fluoride. Mineral ini berfungsi untuk mengembalikan email gigi yang hilang karena asam berasal dari gula ataupun plak. Kandungan mineral penting bagi gigi karena tanpanya, gigi akan mudah goyang. 

Kandungan tersebut terdapat pada teh pahit sehingga dengan meminumnya bisa membuat gigi menjadi sehat. Selain itu teh jenis ini juga mengandung flavonoid yang berguna meningkatkan asam email gigi dan anti bakteri.

2. Meredakan Emosi

Bagi sebagian orang, meminum kopi bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Namun nyatanya, ada minuman lain yang lebih bisa membuat jiwa dan pikiran anda menjadi lebih tenang, yaitu teh khususnya jenis teh hijau. 

Teh tersebut mengandung zat tanin, yaitu antioksidan yang memproduksi seratonin dan dopamine dimana kedua zat tersebut berkhasiat untuk menenangkan pikiran anda.

3. Cocok Bagi Pelaku Diet

Mengapa dikatakan mengkonsumsi teh pahit cocok dilakukan oleh pelaku diet? Karena minuman ini berkhasiat untuk menurunkan berat badan seseorang. Telah banyak penelitian ilmiah yang membuktikan tentang hal tersebut. 

Diantara berbagai jenis teh yang ada, minumlah teh hijau jika anda benar-benar ingin menurunkan berat badan. Minumlah 3-4 gelas dan lakukanlah secara rutin setiap hari.

4. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Dengan mengkonsumsi teh pahit, kadar gula anda menjadi normal kembali. Beberapa jenis teh seperti teh oolong. Teh ini berasal dari China dan berkhasiat untuk mengendalikan gula darah bagi penderita diabetes tipe 2. 

Jika kadar gula terlalu tinggi akan menimbulkan masalah bagi kesehatan anda kedepannya. Anda lebih mudah terserang penyakit diabetes, gangguan jantung, dan sebagainya. Untuk itu konsumsi teh secara rutin, ingat ya jangan diberi pemanis apapun.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang tentu saja tidak ingin diderita oleh siapa pun. Jika sudah terkena penyakit seperti ini, akan sulit untuk disembuhkan. Untuk itu penting bagi manusia untuk melakukan pencegahan agar tidak terserang penyakit mematikan yang satu ini. 

Salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi teh pahit. Teh tersebut memiliki kandungan polifenol dan antioksidan yang berguna untuk mencegah penyakit kanker dan juga tumor.

6. Meningkatkan Sistem Imun

Mengkonsumsi teh, khususnya teh putih dapat meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh manusia. White tea mengandung kadar antioksidan yang tinggi sehingga mampu untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu jenis teh yang satu ini juga berperan sebagai antibakteri dan antivirus alami yang dapat mencegah peradangan dan infeksi. Hal tersebut telah dibuktikan melalui studi dari Pace University, Amerika Serikat, yang dipublikasikan di the 104th General Meeting of the American Society for Microbiology.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Ternyata tidak hanya susu yang bisa menyehatkan tulang anda, tetapi meminum 3 cangkir teh dalam sehari juga dapat menjaga kesehatan tulang. Hal ini didasari dari penelitian yang dilakukan oleh Flinders University, South Australia yang menemukan bahwa teh pahit dapat menurunkan resiko patah tulang hingga 30%.

Selain itu penelitian yang dilakukan oleh Dr. Tim Bond dari Tea Advisory Panel, Inggris menemukan bahwa teh mengandung flavonoid bahkan lebih banyak dari kopi. Zat tersebut berguna mempercepat pembentukan tulang baru sekaligus memperlambat proses erosi pada tulang.

Penutup

Untuk hidup yang lebih menyehatkan, coba ubah kebiasaan anda dengan rutin minum teh pahit setidaknya satu cangkir per harinya. Insyaallah, berbagai jenis penyakit bisa dicegah dan dihilangkan dari dalam tubuh anda. Demikian pembahasan mengenai 7 khasiat teh pahit untuk kesehatan tubuh, semoga bermanfaat.

1 comment :

  1. Yang penting, nggak pakai gula. Tapi, ada bedanya nggak, teh hijau, teh hitam, teh oolong, teh lainnya...

    ReplyDelete

Komentarlah yang Positif dan Relevan
Jangan Spam
Jangan Menggunakan Link Aktif

Dilarang berkomentar negatif dan mengandung unsur SARA

Terimakasih :)