Daftar 5 Makanan yang Harus Anda Hindari Saat Berbuka Puasa

Daftar Makanan yang Harus Anda Hindari Saat Berbuka Puasa - Kembali lagi, bertemu dengan Blog Seputar Kesehatan. Masih ada kaitannya dengan Ramadhan, kali ini admin akan menyampaikan tentang makanan apa saja yang sebaiknya kita hindari pada saat berbuka puasa.

Daftar Isi (Sembunyikan)

Ketika perut kosong, dan azan telah berkumandang sebagai pertanda buka puasa banyak orang tanpa pikir panjang langsung mengkonsumsi makanan yang ada di meja makan.

Namun tahukah anda? Jika beberapa jenis makanan tidak disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa? Makanan apa sajakah itu? Simak penjelasannya berikut ini :

Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Berbuka

1. Makanan Berlemak

Makanan Berlemak Tidak Disarankan Dikonsumsi Saat Berbuka
Sumber gambar : id.wikipedia.org

Makanan berlemak sebaiknya tidak anda konsumsi saat berbuka puasa. Mengapa? Kandungan lemak yang tinggi jika masuk ke dalam tubuh dapat membuat asam lambung naik sehingga perut pun menjadi sakit

Salah satu contoh yang sering anda lakukan adalah makan gorengan sebagai menu santap buka anda. Padahal, itu sama sekali tidak menyehatkan. Gorengan tentunya dibuat melalui proses menggoreng menggunakan minyak yang notabene mengandung lemak yang tinggi.
Kembali Ke Daftar Isi ↑

2. Makanan yang Terlalu Manis

Makanan Terlalu Manis
Sumber gambar : pixabay.com

Memang saat kita berbuka puasa, disarankan untuk berbuka dengan makanan yang manis-manis, contohnya yaitu kurma. Namun yang harus anda perhatikan, tidak semua makanan manis baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

Makanan yang terlalu manis, tentu saja mengandung kadar gula yang terlampau tinggi sehingga dapat meningkatkan resiko terserang penyakit diabetes. Beberapa contoh makanan manis yang sebaiknya tidak anda konsumsi yaitu permen, gula, roti tawar putih, dan lainnya.
Kembali Ke Daftar Isi ↑

Baca Juga :


3. Makanan Pedas

Makanan Pedas, Makanan Yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa
Sumber gambar : pxhere.com

Anda juga harus menghindari makanan pedas saat berbuka puasa. Memang, sebenarnya diperbolehkan mengkonsumsi makanan pedas asalkan masih dalam jumlah yang wajar.

Mengkonsumsi makanan pedas sama saja membuat perut anda  menjadi nyeri karena asam lambung yang naik.
Kembali Ke Daftar Isi ↑

4. Makanan yang Mengandung Gas

Makanan Bergas, Tidak Disarankan Dikonsumsi Saat Berbuka
sumber gambar : merdeka.com

Makanan yang mengandung gas seperti buah pir, kubis, kol dan brokoli tidak diperkenankan buah dikonsumsi saat berbuka puasa. Mengapa? Hal ini dikarenakan makanan bergas mampu membuat perut menjadi kembung dan mudah sakit.

Solusinya, anda dapat menggantikan makanan tersebut dengan makanan yang tinggi akan serat, contohnya buah pisang dan buah pepaya
Kembali Ke Daftar Isi ↑

5. Makanan Asam

Makanan Asam Tidak Baik Untuk Di Makan Saat Berbuka Puasa
Sumber gambar : kaltim.tribunnews.com

Tentu anda sudah tau, jika mengkonsumsi makanan asam, terlebih lagi dalam kondisi perut yang kosong adalah sebuah pantangan. Bukan tanpa alasan memang, makanan asam jika masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit asam lambung.

Hal ini dikarenakan rasa asam yang berlebihan dapat membuat luka pada dinding lambung. Selain itu, makanan asam juga dapat menyempitkan peredaran darah.
Kembali Ke Daftar Isi ↑

Jangan sampai, hanya karena anda terburu-buru untuk berbuka puasa, anda tidak memperdulikan soal bahaya dibalik menu berbuka yang anda konsumsi. Selalu perhatikan makanan yang anda konsumsi, pastikan mengandung zat gizi yang mencukupi kebutuhan tubuh anda.

Demikian sedikit artikel tentang daftar 5 makanan yang harus anda hindari saat berbuka puasa, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

Komentarlah yang Positif dan Relevan
Jangan Spam
Jangan Menggunakan Link Aktif

Dilarang berkomentar negatif dan mengandung unsur SARA

Terimakasih :)