Daftar 5 Minuman Sehat Untuk Berbuka Puasa Ramadhan

Daftar Minuman Sehat Untuk Berbuka Puasa - Setelah sebelumnya admin menjelaskan tentang makanan sehat untuk berbuka puasa, kali ini admin membahas soal minuman sehat berbuka puasa.  Selain membutuhkan makanan, manusia tentu saja juga membutuhkan minuman untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Daftar Isi (Sembunyikan)

Hal ini bukanlah tanpa alasan, selama lebih dari 12 jam tubuh kekurangan cairan sehingga saat berbuka tubuh perlu diberi asupan cairan yang tepat untuk menggantikan cairan tubuh dan juga menambah energi. Memilih minuman untuk buka puasa tidaklah harus yang berupa es seperti es buah. Justru meminum es saat berbuka tidaklah baik bagi tubuh anda.

Mengapa? Es jika dikonsumsi apalagi saat perut kosong, bukannya membuat tubuh menjadi segar, tetapi membuat pembuluh darah menjadi berkontraksi. Penyebabnya yaitu lambung yang kosong dan dimasukkan dengan air dingin membuat lambung mengalami kenaikan suhu secara drastis. Selain itu meminum es saat perut kosong bisa menimbulkan masalah gangguan pencernaan.

Masih banyak minuman untuk berbuka puasa yang bisa anda pilih. Minuman yang harus anda pilih tidak hanya sekedar segar namun juga harus memiliki kandungan gizi yang baik. Minuman apa sajakah itu?

Daftar 5 Minuman Sehat Untuk Berbuka Puasa


1. Air Putih

Air Putih, Minuman Sehat Untuk Berbuka Puasa
Images Source : vebma.com

Air putih atau air mineral merupakan salah satu minuman sehat yang wajib anda konsumsi saat berbuka puasa. Air putih, mengandung banyak mineral yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa. Minum air putih juga tidak akan memberikan efek apa-apa bagi lambung anda walaupun dalam keadaan kosong.
Back to Content ↑


2. Air Kelapa

Air Kelapa, Minuman Sehat Untuk Berbuka Puasa
Images Source : commons.wikimedia.org

Air kelapa juga harus anda coba saat berbuka puasa. Kandungan elektrolit yang terdapat di air kelapa mampu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan menghilangkan dehidrasi. Air kelapa juga mengandung berbagai mineral seperti magnesium, mangan, natrium, kalsium, dan kalium. Tidak ketinggalan, air kelapa juga mengandung serat yang bisa melancarkan sistem pencernaan anda.
Back to Content ↑

Baca Juga : Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

3. Jus Buah

Jus Buah, Minuman Sehat Untuk Berbuka Puasa
Images Source : asliindonesia.net

Buah-buahan selain langsung dimakan untuk berbuka puasa, juga dapat anda olah menjadi jus supaya lebih lezat. Buah-buahan kaya akan vitamin yang baik bagi kesehatan tubuh anda. Selain itu minum jus buah tentu saja bisa menyegarkan tubuh anda setelah seharian kehausan. Untuk minum jus buah ini disarankan tidak menggunakan air es dan gula yang terlalu banyak. Anda bisa menggantinya dengan madu atau pemanis yang rendah kalori.
Back to Content ↑

4. Susu

Susu, Minuman Sehat Untuk Berbuka Puasa
Images Source : pixabay.com

Susu minuman menyehatkan yang juga bisa anda konsumsi saat membatalkan puasa di kala maghrib. Minum susu dapat menguatkan tulang dan gusi anda karena adanya kandungan kalsium dan juga vitamin D. Selain itu minuman yang satu ini juga dapat mengembalikan energi tubuh yang hilang. Disarankan untuk memilih susu putih daripada susu coklat karena kandungan gizinya yang lebih baik.
Back to Content ↑


5. Infused Water

Infused Water, Minuman Sehat Untuk Berbuka Puasa
Images Source : commons.wikimedia.org

Tahukah anda tentang infused water? Infused water merupakan air mineral yang didalamnya berisi potongan buah-buahan segar. Minuman ini menjadi favorit banyak orang karena rasanya yang menyegarkan. Dianggap bisa menggantikan air putih, infused water memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya menghilangkan racun dari dalam tubuh, melancarkan sembelit, dan sebagai pengganti air putih. Bagi anda yang kurang suka mengkonsumsi air putih, infused water bisa jadi pilihan yang tepat.
Back to Content ↑


Beberapa Artikel Lain yang Bisa Anda Baca :

Penutup

Dengan mengkonsumsi minuman yang tepat, sehat, dan bergizi mampu membuat tubuh yang kehilangan cairan menjadi normal kembali. Akan lebih baik jika minuman tersebut anda sendiri yang membuatnya di rumah agar terjamin kehiegiesannya. Demikianlah  daftar 5 minuman sehat untuk berbuka puasa Ramadhan. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi pembaca.

Terima kasih atas kunjungannya di Blog Seputar Kesehatan, jika anda ingin menyampaikan kritik, saran, dan masukkan bisa langsung menghubungi admin melalui laman Hubungi Admin

Keterangan : Diolah Dari Berbagai Sumber

1 comment :

  1. Ini baru aku suka nih, good job. Makasih infonya

    ReplyDelete

Komentarlah yang Positif dan Relevan
Jangan Spam
Jangan Menggunakan Link Aktif

Dilarang berkomentar negatif dan mengandung unsur SARA

Terimakasih :)