Daftar 5 Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa di Rumah

Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa - Tidak terasa, kita telah memasuki Bulan Suci Ramadhan. Sebelumnya admin mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi anda yang menjalaninya. Pada kesempatan kali ini admin akan menjelaskan tentang 5 makanan yang sehat untuk berbuka puasa. Bagi anda yang menjalankan ibadah puasa, memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi saat berbuka merupakan suatu keharusan.

Daftar Isi (Sembunyikan)

Bagaimana tidak, selama kurang lebih 12 jam tidak ada makanan apapun yang masuk ke dalam tubuh. Jika diberi asupan yang tidak tepat, maka bisa membahayakan kondisi tubuh. Untuk, menu makanan harus benar-benar anda perhatikan demi kesehatan tubuh anda. Akan lebih baik jika menu untuk berbuka puasa anda memasaknya sendiri di rumah. Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman tersebut

5 Makanan  Sehat Untuk Berbuka Puasa


1. Kurma

Kurma, Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa
Sumber Gambar : halodoc.com

Bagi anda yang beragama Islam, sudah pasti mengenal buah yang satu ini. Seperti yang anda ketahui, Rasullullah menyarankan bagi umatnya untuk berbuka puasa dengan 3 biji kurma. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat kurma mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Kandungan zat besinya yang tinggi membuat makanan yang satu ini berguna untuk pembentukan hemoglobin didalam tubuh. Seperti yang diketahui, hemoglobin memiliki peran dalam memberikan warna merah pada darah. Dengan tercukupinya kebutuhan zat besi membuat resiko terserang penyakit anemia menjadi kecil.

Selain itu kurma juga mengandung gula alami yang berperan untuk mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa. Mengkonsumsi aman untuk anda  dilakukan walaupun anda belum makan nasi sekalipun.
Back to Content ↑


2. Buah-buahan Segar

Buah-buahan, Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa
Sumber Gambar : pixabay.com

Tubuh perlu dikembalikan energinya ketika berbuka puasa. Selain itu perut yang kosong juga perlu diberi asupan serat agar mudah dicerna oleh tubuh. Buah-buahan seperti pisang dan pepaya kaya akan serat yang bisa anda coba sebagai menu berbuka puasa.

Selain itu buah yang banyak mengandung mineral seperti semangka, anggur, atau melon juga bisa anda coba untuk mengatasi dehidrasi karena kurangnya asupan cairan bagi tubuh.
Back to Content ↑


3. Sayur-sayuran

Sayuran, Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa
Sumber Gambar : bali.tribunnews.com

Sayur-sayuran pun juga merupakan salah satu makana sehat untuk berbuka puasa. Perut yang kosong, membutuhkan makanan yang mudah dicerna bagi tubuh dan tidak mengakibatkan lambung shock karena menerima makanan baru.

Ukuran lambung pun semakin mengecil dan enzim pencernaan tubuh berkurang sehingga membutuhkan asupan sayuran untuk mengatasinya. Disarankan untuk mengkonsumsi jenis sayuran hijau karena banyak mengandung vitamin, mineral, protein, dan juga zat besi.
Back to Content ↑


4. Telur

Telur Rebus, Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa
Sumber Gambar : tren.co.id

Telur kaya akan protein. Di dalam 100 gram telur terkandung 13 gram protein.  Kandungan protein inilah yang berguna untuk mengembalikan metabolisme dan juga mengembalikan tenaga setelah seharian tidak mengkonsumsi makanan sama sekali.

Anda bisa mengolah telur dengan cara direbus, diceplok, didadar, ataupun dibuat omlet.  Silahkan anda kreasikan sendiri. Namun jika ingin mendapatkan zat gizi yang maksimal sebaiknya olahlah telur dengan cara direbus. Tanpa kandungan minyak tentu saja telur leblh sedikit mengandung lemak sehingga lebih menyehatkan.
Back to Content ↑

Sayang Jika Artikel Ini Tidak Anda Baca :

5. Ikan

Ikan, Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa
Sumber Gambar : liputan6.com

Hidangan ikan juga patut anda coba saat berbuka puasa. Selain rasanya yang lezat, makanan yang satu ini juga banyak mengandung zat gizi yang bagus bagi tubuh. Sama seperti telur, ikan juga merupakan makanan yang kaya akan protein. Di dalam 100 gram ikan, terkandung 22 gram protein, selain itu ikan dikenal sebagai makanan rendah lemak sehingga cocok dikonsumsi bagi pelaku diet.

Disarankan anda mengolah ikan dengan dibuat sayur atau dipanggang agar lebih sehat. Saat memanggang ikan, sebaiknya juga coba tidak membakarnya dengan mentega karena bisa menyebabkan ikan lengket ke panggangan. Anda bisa menggunakan minyak zaitun untuk memanggang ikan.

Makanan yang dipanggang memiliki zat karsinogen yang sedikit sehingga aman dikonsumsi bagi tubuh manusia. Makanan yang dipanggang, disarankan untuk direbus terlebih dahulu bersama bumbu--umbu untuk menghilangkan zat penyebab kanker.  Selain itu waktu pemanggangan juga perlu diperhatikan. Semakin besar ukuran makanan yang dipanggang, maka semakin lama anda harus memanggang makanan tersebut.
Back to Content ↑

Penutup

Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat saat berbuka puasa tentu saja membuat tubuh menjadi sehat kembali setelah seharian tidak terpenuhi asupan gizinya. Konsumsilah makanan diatas dalan jumlah yang wajar, tidak berlebihan. Jangan sampai berbuka membuat ibadah tarawih menjadi terganggu karena anda merasa kekenyangan. Demikian sedikit penjelasan tentang daftar 5 makanan sehat untuk berbuka puasa semoga bermanfaat bagi pembaca.

Keterangan : Diolah dari berbagai sumber

Terima kasih telah berkunjung ke Blog Seputar Kesehatan, blog yang membahas seputar dunia kesehatan. Jangan ragu untuk memberikan kritik, saran, ataupun masukkan demi perbaikan blog ini kedepannya.

1 comment :

  1. Saran saya gan, submenu tentang dan lainnya yang ada diatas pindah kebawah tepat diatas copyright, lalu diatas diisikan submenu mengenai label/kategori

    ReplyDelete

Komentarlah yang Positif dan Relevan
Jangan Spam
Jangan Menggunakan Link Aktif

Dilarang berkomentar negatif dan mengandung unsur SARA

Terimakasih :)