Kenali 10 Manfaat dan Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan

Selamat datang, di Blog Seputar Kesehatan. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang manfaat dan bahaya minum kopi bagi kesehatan  Tanpa menunggu lama, berikut admin berikan penjelasannya.

Daftar Isi (Sembunyikan)

Manfaat dan Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan - Kopi merupakan minuman yang berasal dari biji tanaman kopi yang telah disangrai dan dihaluskan hingga menjadi bubuk. Kopi telah menjadi minuman favorit bagi semua kalangan. Kopi memang nikmat, rasanya memang pahit tetapi ada rasa khas pada kopi yang membuat minuman ini begitu nikmat saat diminum.

Bak 2 sisi mata uang yang berbeda, kopi memiliki 2 sisi yaitu sisi negatif dan sisi positif. Disatu sisi kopi telah terbukti banyak memberikan manfaat kesehatan bagi yang meminumnya. Sementara di lain sisi juga, sebenarnya kopi juga mengandung bahaya yang mengancam kesehatan tubuh kita.

Manfaat dan Bahaya Kopi Bagi Kesehatan
Manfaat dan Bahaya Minum Kopi Bagi Kesehatan
©Seputar Kesehatan


Manfaat Minum Kopi


Hal pertama yang kita bahas terlebih dahulu yaitu manfaat minum kopi bagi kesehatan. Kopi dikatakan bermanfaat bagi kesehatan karena di dalam kopi terkandung nutrisi yang baik bagi tubuh diantaranya :

  • Kafein 40 mg
  • Kalium 49 mg
  • Magnesium 3 mg
  • Kalsium 2 mg
  • Natrium 2 mg
  • Protein 0,1 g

(data bersumber dari pencarian google)

Selain itu anda bisa mendapatkan manfaat lain ketika meminum kopi yaitu sebagai berikut :

1. Menghilangkan Stres

Para ilmuwan telah membuktikan jika kopi mampu untuk menghilangkan stres seseorang baik stres emosional atau fisik. Ketika seseorang meminum kopi, maka akan mempengaruhi neurotransmitter sehingga dapat membantu tubuh anda mengatasi gejala stress dan penyakit-penyakit lainnya. Tetapi manfaat ini masih menjadi perdebatan. Tetapi yang pasti para ilmuwan sepakat jika kopi dapat menghilangkan stres asalkan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

2. Mencegah Diabetes

Ternyata kopi juga bisa mencegah terjadinya diabetes, terutama untuk diabetes tipe 2. Berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh ilmuwan Denmark, di dalam kopi terkandung cafestol atau zat bioaktif yang berfungsi menunda terjadinya diabetes tipe 2 dikarenakan perbaikan fungsi sel dan juga sensitivitas urine. Tentu saja tidak hanya mengkonsumsi kopi, seseorang yang menderita diabetes tipe 2 juga harus dibarengi dengan kebiasaan lain yang menyehatkan mengatur pola makan yang baik dan juga istirahat yang cukup.


3. Mencegah Kanker

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Perancis, didapati kopi mengandung zat antioksidan yang berguna untuk mematikan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh. Selain itu hasil studi yang dipublikasikan oleh Journal of Cancer menyebutkan bahwa kopi bisa mencegah resiko penyakit kanker, utamanya kanker otak. Kopi bisa jadi minuman untuk mencegah penyakit kanker jika dikonsumsi tidak dalam jumlah yang terlalu banyak.

4. Menambah Stamina

Manfaat minum kopi selanjutnya yaitu kopi bisa menambah stamina seseorang. Di dalam kopi terkandung kafein yang tinggi. Kafein pada kopi jika masuk ke dalam tubuh akan memperlambat kerja adenosin yang berfungsi mempercepat rasa kantuk. Jika rasa kantuk sudah bisa dicegah maka stamina bisa saja meningkat.

5. Mencegah Resiko Penyakit Alzheimer 

Alzheimer merupakan suatu kelainan yang ditandai dengan turunnya daya ingat, turunnya  kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku seseorang akibat adanya gangguan di dalam otak yang bersifat progesif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan , kopi yang dikonsumsi secara rutin setiap harinya mampu mencegah resiko penyakit alzheimer hingga mencapai 20%. Hal ini dikarenakan kopi mampu mencegah pembentukan neurofibrulary dan juga plak amiloid sehingga dapat mencegah terkena resiko penyakit alzheimer.

Jangan Lupa Baca Ini : Manfaat Tempe

Bahaya Minum Kopi


Selain memiliki manfaat bagi kesehatan, disisi lain kopi juga memiliki bahaya bagi kesehatan bagi siapa saja yang meminumnya. Berikut bahaya minum kopi yang harus anda waspadai :

1. Meningkatkan Asam Lambung

Kopi yang mengandung banyak kafein jika dikomsumsi secara berlebihan justru dapat mengurangi kadar air alami di dalam lambung. Hal ini mengakibatkan kadar asam di dalam lambung semakin meningkat karena adanya ketidakseimbangan asam lambung. Selain itu terlalu banyak mengkonsumsi kopi dapat merusak sistem pencernaan.

2. Meningkatkan Hipertensi 

Hipertensi merupakan suatu kondisi dimana seseorang memiliki tekanan darah yang tinggi diatas 140/90 mmHg yang terjadi secara terus menerus. Menurut seorang ahli kesehatan, tingginya kandungan kafein pada kopi membuat tekanan darah seseorang penderita hipertensi meningkat 3 hingga 4 kali. Ketika kafein masuk ke dalam aliran darah maka hormon adrenalin yang berfungsi membuat seseorang tetap terjaga akan meningkat. Hal ini mengakibatkan meningkatnya tekanan darah seseorang.

3. Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Jika dikonsumsi tidak sesuai dengan takaran yang disarankan, kopi bisa membuat ibu hamil mengalami keguguran. Hal ini didukung dari hasil penelitian dari The Journal of Medicine yang menyatakan jika salah satu penyebab keguguran adalah terlalu banyak minum kopi. Disarankan jika ibu hamil tidak meminum kopi lebih dari  200 mg kafein atau setara dengan dua cangkir kopi.


4. Menyebabkan Kram Otot

Bahaya minum kopi selanjutnya yaitu kopi dapat menyebabkan terjadinya kram otot. Jika dikonsumsi secara berlebihan, kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi kadar kreatin serum. Menurunnya kadar kreatin serun dapat menyebabkan terjadinya kram otot. Tentu saja hal ini membuat otot merasa kaku, sakit, dan juga tidak nyaman.

5. Insomnia atau Susah Tidur

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kopi memang tinggi akan kandungan kafein dapat memperlambat kerja adenosin sehingga rasa kantuk menjadi berkurang sehingga anda benar-benar tidak mengantuk. Jika dikonsumsi secara berlebihan dapat membuat seseorang terus-menerus mengalami insomnia. Hal ini tentu bukan merupakan sesuatu yang bagus bagi kesehatan tubuh jika sering begadang.

Jangan Lupa Baca Ini : Bahaya Mie Instan

Jadi, sebenarnya kopi adalah minuman yang menyehatkan, terbukti dari adanya penelitian yang membuktikan bahwa kopi itu sehat. Namun kopi bisa menjadi berbahaya jika seseorang mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan. Kopi aman dikonsumsi sebanyak 2-3 cangkir per harinya. Berbeda dengan seseorang yang memiliki riwayat penyakit jantung yang benar-benar harus membatasi untuk minum kopi.

Sekian sedikit penjelasan tentang manfaat dan bahaya kopi bagi kesehatan, semoga bermanfaat.

Terima kasih telah berkunjung ke Blog Seputar Kesehatan 

No comments:

Post a Comment

Komentarlah yang Positif dan Relevan
Jangan Spam
Jangan Menggunakan Link Aktif

Dilarang berkomentar negatif dan mengandung unsur SARA

Terimakasih :)