10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Cepat, dan Ampuh

Selamat datang di Blog Seputar Kesehatan. Setelah beberapa hari admin tidak sempat update postingan karena kesibukan di dunia nyata kali ini admin akan sedikit memberikan informasi tentang cara menghilangkan jerawat secara alami, cepat, dan ampuh. Baiklah sebelumnya pembaca harus mengetahui terlebih dahulu seputar jerawat yang biasa muncul di wajah anda.

Apa Itu Jerawat?


Jerawat merupakan tersumbatnya pori-pori kulit sehingga dapat menimbulkan kantung nanah yang meradang. Menurut seorang peneliti, setiap orang pasti pernah memiliki jerawat di wajahnya walau hanya sekali dalam hidupnya (Wikipedia). Jerawat di tandai bintik-bintik merah diwajah, leher, ataupun bagian dada. dan kadang disertai dengan rasa gatal. Lantas, apa yang menjadi penyebabnya?

Apa Penyebab Jerawat?


Seperti yang telah dijelaskan, setiap orang pasti pernah memiliki jerawat di wajahnya, meskipun itu hanya sekali dalam seumur hidup. Ada orang yang memiliki begitu banyak jerawat, ada juga yang sedikit. Mengapa bisa begitu? Tentu saja ada beberapa penyebab yang membuat seseorang lebih mudah memiliki banyak jerawat. Apa saja itu?

  • Perubahan Hormon

Perubahan hormon menjadi faktor utama mengapa jerawat bisa tumbuh. Jerawat tak hanya tumbuh pada remaja saja, melainkan orang dewasa juga bisa mengalaminya.

Pada seorang remaja, jerawat bisa tumbuh dikarenakan meningkatnya hormon androgen dari dalam tubuh. Hormon androgen ini yang membuat kelenjar minyak memproduksi minyak di kulit lebih banyak dari biasanya. Sebenarnya adanya minyak di kulit mampu melindungi kulit dan menjaganya untuk tetap lembab, asalkan dalam jumlah yang cukup. Jika berlebihan maka akan bercampur dengan sel-sel kulit mati sehingga pori-pori tersumbat hingga akhirnya timbullah jerawat.

Sedangkan pada orang dewasa, jerawat bisa muncul karena siklus mentruasi, kehamilan, ataupun terapi hormonial.


  • Faktor Genetik

Muncullah jerawat bisa disebabkan karena faktor genetik. Jika orang tua anda memiliki jerawat, maka anda kemungkinan besar juga memiliki jerawat.

  • Obat-obatan

Ternyata obat-obatan juga bisa pemicu timbulnya jerawat. Seperti obat-obatan yang dikonsumsi untuk menyembuhkan epilepsi dan juga jenis-jenis obat depresi, kortikosteroid, lithium, atau beberapa obat barbiturat.

  • Make Up

Make up yang anda gunakan seperti lotion, krim, ataupun berminyak tentu memiliki pengaruh para kulit anda. Produk-produk tersebut mampu membuat folikel rambut menjadi tersumbat. Tersumbatnya folikel rambut membuat jerawat lebih mudah untuk tumbuh.

  • Lingkungan

Faktor lingkungan juga menjadi penyebab timbulnya jerawat.  Jika anda berada di lingkungan berminyak seperti dapur membuat jerawat lebih mudah tumbuh. Selain itu, cuaca yang lembab, dingin, dan juga panas membuat jerawat bisa tumbuh pada kulit anda.


Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Cepat, dan Ampuh

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Cepat, dan Aman
Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami
©Seputar Kesehatan

Memang, jerawat bukanlah penyakit yang berbahaya dan mematikan. Tetapi, tentu saja banyak Jerawat membuat anda tidak percaya diri bukan? Anda merasa malu tampil di depan umum jika memiliki banyak jerawat. Tak perlu khawatir, berikut admin sampaikan beberapa cara menghilangkan jerawat pada kulit anda secara alami, cepat, dan juga aman.


1. Menggunakan Masker Lemon

Kandungan asam askorbat-L pada lemon mampu mengatasi peradangan pada kulit wajah yang berjerawat dan mampu membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Wajah bisa menjadi lebih cerah dan noda jerawat bisa hilang karena menggunakan masker lemon ini. 

Bagaimana membuat masker lemon?
Caranya mudah, siapkan1 buah lemon potong menjadi 2 bagian lalu peras. Oleskan pada wajah anda, tunggu hingga 15 meni dan bilas dengan air hangat. Anda bisa menambahkan madu untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Menggunakan Masker Madu dan Alpukat

Madu dan alpukat merupakan perpaduan yang cocok untuk mengatasi jerawat pada kulit anda. Di dalam madu terkandung hidrogen peroksida yang memiliki sifat antibakteri sehingga bisa mengusir bakteri dan jamur yang ditimbulkan akibat jerawat. Sementara alpukat kaya akan vitamin E yang dapat mengurangi peradangan pada kulit. Berikut cara menghilangka jerawat menggunakan masker madu dan alpukat :

Siapkan buah alpukat dan letakkan pada wadah yang bersih. Haluskan buah alpukat tersebut (bisa menggunakan blender) dan tambahkan 1 sendok madu. Oleskan masker ini pada bagian wajah yang berjerawat, tunggu 15-20 menit. Setelah kering, bilas dengan air hangat.

3. Menggunakan Masker Lidah Buaya

Didalam lidah buaya terkandung senyawa aktif yaitu polifenol. Apa manfaatnya? Ternyata senyawa ini bersifat anti bakteri yang berguna untuk menghilangkan jerawat.

Cara membuat masker lidah buaya cukup mudah. Iris lidah buaya hingga hanya tersisa dagingnya. Haluskan daging lidah buaya dengan sendok hingga membentuk gel. Oleskan pada wajah anda, tunggu hingga setengah jam dan bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin jika ingin jerawat bisa hilang dengan cepat

4. Menggunakan Masker Mentimun

Mentimun mengandung banyak vitamin A,B, dan C serta mineral seperti kalium, mangan, magnesium, dan silika. Kandungan tersebut mampu membuat jerawat pada wajah anda menjadi hilang. Selain itu mentimun sifat diuretik, pendingin, dan juga pembersih bagi wajah anda.

Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan masker mentimun yaitu iris tipis-tipis mentimun dan taruh pada wajah anda. Selain itu anda bisa membuat jus mentimun lalu dioleskan pada wajah anda. Diamkan terlebih dahulu selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Menggunakan Masker Putih Telur

Putih telur juga dapat anda jadikan alternatif yang baik untuk menghilangkan jerawat anda. Putih telur mengandung enzim lysozim. Enzim ini berguna untuk menghancurkan dinding sel yang menyebabkan timbulnya bakteri dan mengurangi minyak berlebih penyebab jerawat.

Cara membuat masker putih telur tidaklah sulit. Cukup siapkan telur, pisahkan antara putih dan kuningnya. Kocok putih telur hingga mengembang. Jika menurut anda terlalu amis maka bisa ditambahkan 1 sendok makan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Oleskan secara merata pada wajah lalu tunggu selama 15 menit dan yang terakhir bilas dengan air hangat.

6. Menggunakan Masker Buah Pepaya

Buah pepaya juga dapat dijadikan bahan alami untuk menghilangkan jerawat. Adanya enzim papain pada buah pepaya mampu mengikis sel kulit mati. Selain itu buah pepaya mengandung antioksidan yang dapat mencerahkan kulit wajah, mengatasi kulit kemerahan karena jerawat, serta mengurangi peradangan pada kulit.

Menghilangkan jerawat dengan masker pepaya dapat anda lakukan dengan membersihkan pepaya terlebih dahulu kemudian potong berbentuk dadu. Langkah selanjutnya haluskan pepaya hingga menjadi bubur, oleskan pada wajah anda dan diamkan selama 20 menit. Terakhir bilas dengan air hangat. (Anda bisa menambahkan madu setelah proses penghalusan).

7. Menggunakan Masker Cuka Sari Apel

Buah yang kaya akan  vitamin, mineral, dan juga serat ini mampu menghilangkan jerawat pada kulit anda. Kita disini tidak menggunakan daging buahnya untuk menghilangkan jerawat, tetapi menggunakan cuka sari apel. Cuka apel memiliki kandungan asam asetat yang tinggi dan anti mikroba sehingga membuat bakteri yang ada di jerawat bisa disingkirkan dan jerawat pun bisa hilang.

Cara menghilangkan jerawat secara alami menggunakan masker cuka sari apel dapat anda oleskan pada wajah anda secara merata menggunakan kapas. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan secara rutin sebelum tidur malam dan biarkan semalaman.

8. Menggunakan Masker Yogurt

Di dalam yogurt terkandung zat asam alami yang dapat membunuh bakteri dan juga kuman yang menyebabkan jerawat. Selain itu yogurt mampu melembabkan kulit dan mencerahkan kulit anda.

Cara membuat masker yogurt tidak sulit. Campurkan satu sendok makan yogurt dengan madu secukupnya. Oleskan pada wajah anda secara merata dan tunggu hingga 10 menit. Bersihkan menggunakan kain lembab dengan cara menyekanya.

9. Menggunakan Masker Bawang Putih

Bawang putih menjadi bahan alami yang efektif untuk menghilangkan jerawat pada wajah anda. Bawang mengandung senyawa allicin yang memiliki sifat antiseptik. Senyawa ini berguna untuk menangkal bakteri penyebab jerawat. Selain itu bawang putih mengandung thiacremonon sulfur yang bisa mengeringkan jerawat anda.

Cara membuat masker bawang putih untuk menghilangkan jerawat diawali dengan menghaluskan bawang putih kemudian oles pada jerawat anda. Tunggu sekitar 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih maksimal tambahkan cuka sari apel sebelum masker dioleskan pada wajah anda.

10. Menggunakan Masker Kulit Jeruk

Cara menghilangkan jerawat secara alami, cepat, dan aman selanjutnya yaitu dengan menggunakan masker kulit jeruk. Kulit jeruk mengandung vitamin C dan juga asam alpha hidroksi. Kandungan tersebut mampu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat debu dan mengangkat sel kulit mati.

Cara membuat masker kulit jeruk tidaklah susah. Jemur terlebih dahulu kulit jeruk selama beberapa hari hingga benar-benar kering. Haluskan kulit jeruk dan tambahkan air secukupnya. Aduk hingga menjadi pasta lalu oleskan pada wajah anda. Tunggu selama beberapa menit, terakhir bilas menggunakan air hangat.

Jangan Lewatkan Artikel Dibawah Ini :

Penutup

Tak perlu merogoh kocek yang terlalu dalam untuk menghilangkan jerawat anda. Karena cukup menggunakan bahan alami, jerawat anda bisa untuk dihilangkan. Bahkan anda bisa melakukannya dari dalam rumah. Menggunakan cara alami tentu saja aman dan tidak menimbulkan efek samping apapun bagi kulit anda. Sekian artikel mengenai 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Cepat, dan Ampuh semoga bermanfaat bagi pembaca.

Terima kasih telah berkunjung ke Blog Seputar Kesehatan, blog yang membahas seputar dunia kesehatan

No comments:

Post a Comment

Komentarlah yang Positif dan Relevan
Jangan Spam
Jangan Menggunakan Link Aktif

Dilarang berkomentar negatif dan mengandung unsur SARA

Terimakasih :)