Berikut Kandungan Nutrisi Pada Tempe dan 10 Manfaatnya Bagi Kesehatan

Selamat datang, di Blog Seputar Kesehatan. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas tentang kandungan nutrisi tempe dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Tanpa menunggu lama, berikut admin berikan penjelasannya.

Daftar Isi (Sembunyikan)

Kandungan nutrisi dan manfaat tempe - Makanan ini sangat mudah dijumpai di sekitar kita. Tempe dapat dibeli dimana saja baik dipasar maupun di tukang sayur. Harganya murah, dan selalu menjadi buruan banyak orang. Tempe merupakan makanan dimana proses pembuatannya melalui fermentasi keledai. Ciri khas rasanya yang lezat dan gurih membuat makanan ini sering dijadikan lauk untuk makanan sehari-hari orang Indonesia.

Sering dianggap hanya makanan biasa oleh sebagian orang, tetapi nyatanya tempe adalah makanan yang luar biasa. Bentuknya memang biasa, namun manfaatnya begitu luar biasa. Tempe kaya akan nutrisi sehat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Berikut kandungan nutrisi pada tempe yang menyehatkan tubuh :

Kandungan Nutrisi Pada Tempe


Dilansir dari situs Fatscret Indonesia, berikut beberapa kandungan nutrisi pada 100 gram tempe :

  • Lemak 

Pada tempe terkandung lemak sebanyak 10,8 g dengan rincian sebagai berikut : 

  1. Lemak Jenuh (2,22 g )
  2. Lemak Tak Jenuh Tunggal (3,827 g)
  3. Lemak Tak Jenuh Ganda (3 g)
  4. Kolesterol ( 0 mg). Tempe sama sekali tidak mengandung kolesterol.

  • Kalori (193 kkal)

  • Protein (18,54 g)

  • Karbohidrat (9,39 g)

  • Sodium (9 mg)

  • Kalium (412 mg)

Selain itu tempe juga kaya akan serat, isoplavon, vitamin (B1, B2, B6), fosfor, zat besi, magnesium dan juga kalsium.

10 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan


Kandungan Nutrisi dan 10 Manfaat Tempe Bagi Kesehatan
Kandungan Nutrisi dan Manfaat Tempe Bagi Kesehatan
©Seputar Kesehatan

  • Menurunkan Kolesterol

Tempe memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik yang ada di dalam tubuh manusia. Dengan kadar kolesterol yang rendah membuat resiko terserang penyakit jantung dan stroke semakin berkurang. Selain itu tempe juga berkhasiat mencegah penyakit diabetes.

  • Mencegah Kanker

Tempe kaya akan kandungan antioksidan seperti isoplavon yang berguna untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel yang diakibatkan polusi sinar matahari. Isoplavon berperan sebagai agen anti kanker yang melawan sel-sel kanker penyebab kanker prostat, kanker rahim, dan kanker payudara. Bahkan pembuktikan isoplavon mampu mencegah penyakit kanker telah dilakukan di Universitas North Carolina, Amerika Serikat.

  • Sebagai Sumber Energi

Manusia membutuhkan sumber energi supaya dapat melakukan aktivitas sehari-hari tanpa lelah. Salah satu sumber energi bisa manusia dapatkan dari riboplavon atau vitamin B2 yang terkandung di dalam tempe. Kekurangan riboplavon tentu saja dapat menurunkan energi tubuh. Riboplavon juga memiliki manfaat lain yaitu membentuk sel darah merah yang berguna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Sebagai Sumber Protein

Sudah lama tempe dikenal sebagai salah satu sumber protein terbaik untuk tubuh manusia. Seperti yang diketahui, tempe memang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Kandungan protein pada tempe berguna untuk mempertahankan jaringan otot serta membentuk enzim yang berguna bagi kebutuhan sel.

  • Menangkal Radikal Bebas

Tempe yang mengandung antioksidan isoplavon dapat menangkal radikal bebas. Selain itu antikosidan juga dikenal sebagai zat yang berguna untuk mencegah penyakit degeneratif  atau penyakit yang disebabkan karena rusaknya jaringan tubuh.

Baca Juga : Bahaya Makan Mie Instan

  • Memudahkan Pencernaan

Tempe kaya akan kandungan serat sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan. Banyak mengkonsumsi serat juga berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga menurunkan resiko penyakit jantung.

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Selain susu, sumber kalsium bisa didapatkan dari tempe. Kalsium sangat berguna untuk menjaga kesehatan tulang agar tak mudah rapuh. Penyakit tulang seperti osteoporosis dan rakhitis bisa terhindarkan dengan rajin mengkonsumsi tempe.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Tempe memiliki kandungan magnesium. Magnesium dikenal sebagai nutrisi yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu kandungan magnesium dalam tempe juga berguna untuk menurunkan tekanan darah pada manusia.

  • Dapat Mengurangi Kram Otot

Kandungan kalium dan magnesium yang terkandung di dalam tempe dapat mengurangi kram otot. Mengkonsumsi tempe juga berguna untuk memulihkan otot setelah melakukan aktivitas olahraga. Otot juga semakin sehat dan kuat jika anda rutin mengkonsumsi tempe.

  • Mencegah Gejala Menopouse Pada Wanita

Manfaat tempe bagi kesehatan yang kesepuluh yaitu mampu mencegah menopouse pada wanita. Menopouse pasti terjadi pada wanita yang telah memasuki usia 40 atau 50an. Menopouse merupakan penurunan fungsi hormon reproduksi secara alami. Namun gejala menopouse sebenarnya bisa dihindari dengan sering mengkonsumsi makanan yang mengandung isoplavon yang terdapat pada tempe. Isoplavon juga berguna untuk mengatur hormon esterogen.

Itulah kandungan nutrisi pada tempe dan 10 manfaatnya bagi kesehatan. Semoga sedikit informasi dari Seputar Kesehatan ini bermanfaat bagi siapapun yang membacanya.

~ Terima kasih telah berkunjung ke Blog Seputar Kesehatan ~ 

No comments:

Post a Comment

Komentarlah yang Positif dan Relevan
Jangan Spam
Jangan Menggunakan Link Aktif

Dilarang berkomentar negatif dan mengandung unsur SARA

Terimakasih :)