10 Bahaya Makan Mie Instan Untuk Kesehatan yang Harus Anda Waspadai

Bahaya makan mie instan - Mie instan, siapa yang tidak mengenali makanan yang satu ini. Rasanya yang lezat membuat siapapun yang memakannya merasa ketagihan. Membuat mie instan sangatlah mudah dan simple, tak heran jika makanan yang satu ini menjadi favorit bagi kebanyakan orang.

Sebagai informasi, mie instan terbuat dari tepung, garam, serta minyak sayur dan ditambah dengan bumbu perasa, kecap, minyak sawit, dan juga saos. Mengkonsumsi mie instan dapat membuat perut menjadi kenyang sehingga makanan ini sering dijadikan makanan alternatif pengganti nasi, apalagi kandungan karbohidrat pada mie instan yang sangat tinggi.

Dibalik rasanya yang lezat, perlu anda ketahui bahwa mie instan bukanlah makanan yang sehat namun justru merupakan makanan berbahaya yang dapat mengancam kesehatan anda. Banyak kandungan berbahaya yang terkandung di dalam mie instan yang tentunya harus anda waspadai.

Daftar Isi (Sembunyikan)

Kandungan Berbahaya Pada Mie Instan


Dilansir dari situs brilio.net dan alodokter.com mie instan mengandung zat-zat berbahaya yaitu sebagai berikut :


  • Monosodium Glutamat

Monosodium Glutamat atau yang juga sering disebut sebagai MSG memang dikenal sebagai salah satu zat yang terdapat pada makanan yang dapat membahayakan tubuh jika mengkonsumsinya terlalu berlebihan. Makanan yang mempunyai kandungan MSG seperti halnya mie instan, jika dikonsumsi akan menyerang otak manusia sehingga menyebabkan  terserangnya penyakit yang sangat berbahaya seperti kanker dan tumor otak.

Selain mengkonsumsi MSG juga bisa menyebabkan penyakit jantung seperti hipertensi. Menurut rekomendasi Badan Kesehatan Dunia (WHO), seseorang disarankan tidak mengkonsumsi MSG tidak lebih dari 6 gram per harinya.

  • Zat Lilin

Kandungan lilin pada mie instan bisa anda buktikan dari tidak lengketnya mie satu sama lain pada mie tersebut telah direbus. Kandungan zat lilin ini dapat mengganggu pencernaan yang ada di dalam tubuh. Mie yang dikonsumsi baru bisa dicerna 2 hari.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr Kuo menyatakan bahwa mie yang dikonsumsi manusia tidak akan hancur di pencernaan dalam waktu 2 jam. Coba bayangkan jika kita makan mie instan secara terus menerus, pasti berdampak ke pencernaan makanan lain yang anda konsumsi.

  • Nipagin

Nipagin merupakan salah satu zat pangawet yang terdapat pada bumbu mie instan. Penggunaan nipagin ini ada beberapa negara yang melarangnya, dan ada juga yang mengizinkan. 

Untuk Indonesia sendiri, penggunaan nipagin diatur berdasarkan Permenkes RI Nomor 722/Menkes/Per/IX/88 dimana jumlah nipagin yang diizinkan yaitu maksimal 250 mg/kg  (SNI, 1999). Mengkonsumsi nipagin berlebih dapat menyebabkan alergi pada kulit dan juga mulut

  • Natrium

Mie instan tinggi akan natrium yang berbahaya bagi kesehatan. 1 kemasan mie instan setidaknya mengandung 860 mg natrium. Tentu jumlah yang sangat tinggi, belum dihitung dengan jumlah natrium pada makanan lain (contohnya pada garam).  

Batas maksimal mengkonsumsi natrium yang disarankan adalah sebanyak 2000 hingga 2400 mg per harinya. Jika dikonsumsi terlalu berlebihan maka dapat menyebabkan meningkatnya resiko penyakit seperti  serangan jantung dan tekanan darah tinggi.

10 Bahaya Makan Instan Untuk Kesehatan


10 Bahaya Mie Instan Untuk Kesehatan
10 Bahaya Makan Mie Instan Untuk Kesehatan
©Seputar Kesehatan

Mengkonsumsi mie instan apalagi dikonsumsi secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan tubuh pada manusia. Berikut bahaya makan mie instan untuk kesehatan yang harus anda waspadai :

1. Menyebabkan Kanker

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mie instan banyak mengandung MSG yang merupakan zat aditif  yang dapat meningkatkan resiko penyakit kanker. Selain itu didalam mie instan juga terdapat Kandungan lilin jika dikonsumsi secara  berlebihan dapat membuat zat tersebut tertahan di dalam tubuh lebih lama sehingga resiko terkena penyakit kanker seperti leukimia dan kanker usus tak dapat terhindarkan.

2. Merusak Jaringan Otak

Mie instan banyak sekali mengandung zat-zat kimia terutama pada bumbu-bumbunya. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat kimia dapat merusak jaringan otak. Hal ini mengakibatkan turunnya transmisi pada otak. Selain itu kerusakan otak bisa menjadi pemicu penyakit lain semisal stroke.

3. Chinese Restaurant Syndrome

Mungkin anda sudah mengenal tentang ini, Chinese Restaurant Syndrome merupakan keracunan yang biasa dialami orang-orang tertentu yang tidak tahan terhadap kandungan MSG. Mereka biasanya mengalami pusing,  dan sesak nafas.  Walaupun bukan hal fatal, tetapi CRS tetap harus anda waspadai.

4. Menurunkan Metabolisme Tubuh

Zat kimia yang terdapat pada mie instan yang mampu menurunkan metabolisme pada tubuh manusia. Mie instan tidak akan memberikan tenaga walau banyak mengandung karbohidrat. Zat kimia tersebut yang menyebabkan sulit mendapatkan tenaga walau anda sering mengkonsumsinya.

5. Mengganggu Sistem Pencernaan

Mie instan adalah makanan yang sulit sekali dicerna oleh tubuh. Sistem pencernaan manusia setidaknya membutuhkan waktu 2 hari untuk bisa mencerna mie yang ada di dalam tubuh. Tentu hal tersebut sangat mengganggu sistem pencernaan. Maka tak heran jika orang yang sering mengkonsumsi mie instan terkena penyakit sembelit atau susah buang air besar.

6. Menyebabkan Obesitas

Mie instan mengandung karbohidrat yang sangat tinggi. Contohnya saja kandungan karbohidrat yang terdapat pada Sarimi Goreng menurut data Fatsecret Indonesia yang mencapai 49 g dan ditambah kalori sebanyak 370 kkal. Walau banyak mengandung karbohidrat dan juga kalori, tetapi justru mie instan cepat membuat lapar kembali. Jika makan terus-menerus maka dapat menyebabkan terjadinya obesitas atau kegemukan.

7. Menyebabkan Kerusakan Hati dan Ginjal

Bahaya makan mie instan selanjutnya yaitu dapat menyebabkan rusaknya hati dan juga ginjal. Zat Proplene Glycol yang terkandung didalam mie instan yang menjadi penyebabkan kerusakan hati dan juga kerusakan ginjal pada tubuh manusia.

8. Meningkatkan Kadar Kolesterol Dalam Tubuh

Sering mengkonsumsi mie instan juga dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia. Penyebabnya yaitu tingginya kandungan garam pada mie instan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh manusia. Maka dari itu, mie instan menjadi pantangan bagi seseorang yang memiliki kolesterol tinggi.

9. Menyebabkan Keguguran Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil tidak disarankan untuk sering mengkonsumsi mie instan. Mengapa? Seperti yang diketahui, mie instan banyak sekali mengandung zat pengawet. Zat pengawet inilah yang dapat mennyebabkan gugurnya janin pada ibu hamil.

10. Mengganggu Hormon Pada Wanita

Kandungan sodium yang terdapat didalam mie instan dapat menyebabkan terganggunya hormon pada wanita. Apalagi, jika mengkonsumsinya secara berlebihan. Gangguan hormon dapat mengganggu jadwal menstruasi dan juga dapat menimbulkan jerawat pada wanita.

Setelah mengetahui 10 bahaya makan mie instan tersebut masihkah anda berpikir untuk sering mengkonsumsi mie instan? Admin sarankan sebaiknya kurangi saja. Masih banyak makanan enak lain yang lebih menyehatkan daripada sekedar mie instan yang bisa anda konsumsi.

Sekian artikel tentang 10 bahaya mengkonsumsi mie instan yang harus anda waspadai semoga bermanfaat bagi pembaca.

No comments:

Post a Comment

Komentarlah yang Positif dan Relevan
Jangan Spam
Jangan Menggunakan Link Aktif

Dilarang berkomentar negatif dan mengandung unsur SARA

Terimakasih :)